PSSI Janji Akan Segera Kembalikan Persebaya

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

PSSI Janji Akan Segera Kembalikan Persebaya

Janji Bonek – julukan pendukung Persebaya – untuk datang ke Jakarta demi menemui pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bukan hanya isapan jempol belaka. Dari data dihimpun oleh Pandit Football, sebanyak lebih dari 2000 Bonek telah berada di Stadion Tugu, Jakarta Utara.

Sejak Sabtu pekan lalu, Bonek telah memadati ibukota. Mereka diketahui akan mendatangi Kongres Luar Biasa PSSI yang sedianya bakal digelar pada Rabu (3/8) pagi WIB di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara.

Gelombang kedatangan Bonek ke Jakarta mencapai puncaknya pada Selasa (2/8) pagi hari WIB, di Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Sebelumnya, telah datang hampir 1.000 orang menggunakan jalur darat. Dari Stasiun Senen, ribuan Bonek langsung diarahkan ke Stadion Tugu lantaran di Senayan, rencana tempat Bonek menginap sebelumnya, digunakan untuk KTT Forum Ekonomi Islam Dunia.

Salah satu perwakilan Bonek Jabodetabek, Hikam, menyatakan bahwa ia dan kawan-kawan melakukan aksi ini hanya untuk meminta dikembalikannya hak-hak Persebaya.

Dalam rilis pers yang berjudul “Kembalikan Hak Persebaya, Pengakuan Keterwakilan Sah di PSSI, Serta Ikut Kompetisi Sepakbola Nasional”, mereka meminta beberapa hal, diantaranya adalah mengembalikan hak Persebaya yang selama ini dirampas oleh PT Mitra Muda Inti Berlian atau MMIB.

Selain itu, mereka juga meminta PSSI mengakui hak Persebaya dengan melibatkan Persebaya dalam kongres PSSI dan melibatkan Persebaya dalam kompetisi sepakbola nasional.

Sekitar jam 16.30 WIB, salah satu perwakilan Exco PSSI, Tony Apriliani, hadir di Stadion Tugu. Didampingi oleh Andie Peci, selaku koordinator lapangan, ia berjanji pihak PSSI bakal memikirkan nasib mereka.

Sebelum masuk ke dalam Stadion Tugu, Tony telah terlebih dulu bertemu dengan Andie di sebuah tenda, yang berada di kawasan stadion. Ia mengatakan bahwa keputusan mengenai keikutsertaan Persebaya bakal segera ditandatangani oleh Exco PSSI lainnya.

Setelah berdiskusi, Andie pun meminta Tony untuk masuk ke dalam dan menyampaikan pernyataannya di hadapan ribuan bonek yang hadir. Kedatangan Tony pun membuat langsung datang mengerumuninya. Tak lama, Bonek disuruh untuk duduk di tribun. Sementara Tony dan juga Andie berdiri di atas mobil bak terbuka yang dijadikan panggung tempat berorasi.

“12 Exco PSSI setuju untuk mengembalikan Persebaya,” ujar Tony di hadapan ribuan Bonek yang memadati tribun Stadion Tugu. Setelah itu Bonek langsung meminta hitam di atas putih agar perjanjiannya bisa dijaga. Andie pun langsung menyodorkan sebuah surat pernyataan untuk ditanda tangani.

Komentar