Santos: Ronaldo Hanya Sedang Sulit Mencetak Gol

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Santos: Ronaldo Hanya Sedang Sulit Mencetak Gol

Piala Eropa 2016 memasuki babak perempatfinal. Duel Polandia melawan Portugal, Jum’at (1/7) dini hari WIB, di Stade Velodrome, Marseille, bakal membuka babak perempatfinal turnamen empat tahunan tersebut.

Meski performa secara keseluruhan tidak terlalu baik, Portugal lebih difavoritkan di laga ini. Keberadaan Nani, Ricardo Quaresma, dan Cristiano Ronaldo menjadi alasan. Kesebelasan kuda hitam, Kroasia, bahkan harus terlempar dari kompetisi ini akibat kombinasi ketiganya di babak kedua perpanjangan waktu.

Difavoritkan menang bukan berarti Portugal bersih dari persoalan. Banyak yang menyebut bahwa problem mereka saat ini adalah kurang moncernya sang skipper, Cristiano Ronaldo. Meski telah mencetak dua gol dan dua asis, namun banyak yang menilai bahwa kontribusi Ronaldo tidak terlalu besar bagi Portugal.

Pelatih Portugal, Fernando Santos, juga mengakui bahwa Ronaldo tengah seret dalam urusan mencetak gol. Meski demikian, Santos mengatakan bahwa persoalan tersebut terjadi bukan karena Ronaldo, tapi juga harus dilihat dari pendekatan yang dilakukan bek lawan.

“Kami ingin penyerang kami tajam dan Cristiano (Ronaldo) melakukan 15 tembakan dan mencetak 10 gol,” ujar Santos. “Tapi, bisa Anda lihat lawan tidak menginginkan hal tersebut dan inilah yang terjadi.”

“Semua orang selalu membicarakan tentang Ronaldo dan tentu ada alasan dibaliknya,” imbuh Santos. “Mengapa? Karena dia adalah pemain yang luar biasa. Dan semua orang hanya membicarakan pemain yang luar biasa.”

“Ada ratusan pemain yang bermain di turnamen ini dan tidak semuanya dibicarakan setiap hari. Jadi pembicaraan mengenai (buruknya penampilan) Ronaldo adalah hal yang normal,” imbuhnya. “Kami tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut.”

“Di kompetisi ini, talenta hanya menjadi sebuah nilai tambah bagi kesebelasan. Karena saya pikir hal yang tentu dapat membuat kita menang adalah bermain sebagai sebuah kesebelasan,” pungkasnya.

Tidak hanya Santos, gelandang Portugal, Adrien Silva, juga enggan menilai bahwa penampilan Ronaldo tengah buruk. Gelandang kesebelasan Sporting Lisbon ini mengakui bahwa Ronaldo lebih difungsikan untuk berperan besar dalam permainan tim.

“Kami tahu bahwa Ronaldo tengah banyak dibicarakan orang. Namun Anda harus tahu bahwa ia disini bersama kami,” ucapnya.

“Penampilannya tidaklah buruk. Justru ia tengah dalam puncaknya. Buktinya, ia mencetak gol dan ia berperan besar bagi kesebelasan ini. Hal tersebut rasanya sudah cukup menjelaskan bahwa ia berada di sini untuk bermain sebagai satu kesatuan dengan kami,” imbuhnya.

Penampilan kurang memuaskan Ronaldo memang tengah banyak dibicarakan orang. Meski begitu, Polandia harus tetap waspada atas apa yang mungkin terjadi. Pasalnya, kejutan bisa terjadi jika melihat dari apa yang diungkapkan oleh Santos.

Komentar