Satu Gol dan Dua Asis Clint Dempsey Bawa Amerika Raih Kemenangan Pertama

Berita

by Billi Pasha

Billi Pasha

Selalu menganggap sepakbola dan musik adalah dua hal paling indah di dunia

Satu Gol dan Dua Asis Clint Dempsey Bawa Amerika Raih Kemenangan Pertama

Amerika Serikat akhirnya berhasil meraih kemenangan pertamanya saat berhadapan dengan Kosta Rika pada Selasa (8/6) di Soldier Field, Chicago. The Stars and Stripes menang dengan empat gol tanpa balas atas tim tamunya tersebut. Gol kemenangan AS dicetak oleh Clint Dempsey, Jermaine Jones, Bobby Shou Wood, dan Graham Zusi.

Dengan tempo pertandingan yang cenderung lambat, AS berhasil unggul cepat pada menit kesembilan melalui titik putih. Hadiah penalti diberikan oleh wasit Roddy Zambrano usai Wood didorong oleh Cristian Gamboa di kotak terlarang. Dempsey yang ditunjuk sebagai algojo berhasil melaksanakan tugasnya dan sukses membawa tuan rumah unggul.

Pada menit ke-37, AS berhasil menggandakan keunggulan. Berawal dari Jones yang berhasil merebut bola di sepertiga pertahanan Kosta Rika, dengan segera ia menyodorkan umpan kepada Dempsey. Dengan ketenangan serta akurasi yang dimilikinya, Dempsey mengirim umpan yang berhasil dikonversi oleh Jones melalui tendangan mendatar yang tak mampu diantisipasi oleh Patrick Pemberton.

Lima menit berselang, Dempsey kembali berkontribusi dalam terciptanya gol yang dibuat oleh Wood. Hampir mirip dengan gol sebelumnya, penyerang muda kelahiran Honolulu itu melepaskan tendangan keras yang tak terduga sehingga mengubah skor menjadi 3-0.

Usai turun minum, Kosta Rika tak tinggal diam. Mereka mendapatkan peluang emas pada menit ke-67. Namun sundulan keras Bryan Ruiz masih membentur mistar gawang. Namun, Alih-alih mencetak gol, tim besutan Oscar Ramirez itu justru kembali kebobolan. Kali ini Graham Zusi yang masuk di petengahan babak kedua berhasil memanfaatkan kesalahan Francisco Calvo dan sukses membuat Pemberton memungut bola dari gawangnya untuk keempat kalinya.

Poin penuh yang didapat AS kali ini tentu tak bisa lepas dari kontribusi Dempsey. Selain mencetak satu gol, pemain yang pernah berseragam Tottenham Hotspur itu juga turut andil dalam memprakarsai dua gol lainnya lewat sumbangan asisnya. Kini, Dempsey total telah mencetak 50 gol selama kariernya bersama Negara Paman Sam tersebut dan hanya berjarak tujuh gol dari Landon Donovan yang bertengger sebagai pencetak gol terbanyak.

Kemenangan ini sangatlah penting demi menjaga momentum untuk lolos dari fase grup. Dengan hasil tersebut, kini AS menyamai torehan poin dari Kolombia yang baru akan bermain melawan Paraguay setengah jam pasca berakhirnya laga antara AS dengan Kosta Rika.

Sementara itu posisi Kosta Rika telah di ujung tanduk. Baru mengumpulkan satu poin serta defisit empat gol dari dua pertandingan membuat mereka harus memenangi laga terakhirnya melawan Kolombia empat hari dari sekarang untuk mendapat tiket lolos ke babak perempat final.

ed: fva

Komentar