Menanti Kejutan Lain Astra Giurgiu

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Menanti Kejutan Lain Astra Giurgiu

Nama Astra Giurgiu memang tidak seberapa berkibar di Eropa. Di Rumania, daerah asal klub ini, pamor mereka pun kalah dari Steaua Bucharest yang sudah menjuarai kompetisi ini 26 kali. Bahkan dari CFR Cluj, klub yang berhasil menembus babak grup Liga Champions musim 2012/13, nama Astra bahkan kalah tenar.

Tapi, di balik ketidaktenaran Astra, klub ini menorehkan prestasi baik musim ini. Klub yang baru bernama Astra Giurgiu ini berhasil menjadi juara Liga I Rumania, level kompetisi kelas satu di Rumania.

Kepastian mereka menjuarai kompetisi tersebut terjadi pada Minggu (17/4) malam WIB di Marin Anastasovici. Dalam laga tersebut, Astra berhasil mengalahkan Steaua 2-0 lewat dua gol penalti, Marius Valerica Gaman pada menit 45 dan eks pemain Inter, Denis Alibec, menit 77.

Tertinggal tiga poin dari Astra membuat Steaua tampil menyerang di laga ini. Mereka pun memiliki tiga peluang emas di babak pertama. Tapi penampilan apik dari anak kiper legendaris Rumania, Silviu Lung Jr., membuat tiga peluang Steaua gagal menjadi gol.

Menjelang berakhirnya babak pertama, eks striker Inter Milan, Denis Alibec, melakukan penetrasi ke kotak penalti Steaua. Sial bagi kiper Steaua, Florin Niță, malah melanggar Alibec. Pelanggaran Niță pun berbuah penalti bagi Steaua dan berhasil dieksekusi dengan baik oleh Valerica Gaman.

Masuknya Ciprian Marica di babak kedua tidak membuat Steaua mampu mengejar ketertinggalan. Astra malah menambah gol di menit 77 lewat eksekusi penalti. Skor 2-0 pun menjadi hasil akhir pertandingan ini.

Keberhasilan ini pun disyukuri oleh pelatih Astra, Marius Åžumudică. Ia pun mengaku bangga atas perjuangan anak asuhannya di musim ini. “Saya menjadi salah satu orang yang paling bangga atas perjuangan mereka. Mereka pantas atas gelar juara ini,” ujar Åžumudică kepada evz.ro.

“Penampilan apik mereka tunjukkan sepanjang musim ini. Gelar ini pantas dengan kerja keras mereka. Kini mereka mengincar petualangan baru di Liga Champions,” tambah Åžumudică.

Keberhasilan dinobatkan sebagai juara baru Liga I memang cukup membanggakan bagi tim berjuluk The Black Devils ini. Pasalnya mereka telah berdiri sejak 1921 dan belum pernah mendapatkan gelar di kompetisi kelas satu Rumania.

Segalanya berubah bagi Astra pada musim 2005/06 ketika Ioan Niculae membeli Astra. Saat itu, mereka sendiri masih berada di Liga II. Kedatangan Niculae pun memperbaiki Astra secara perlahan dan mulai menancapkan dominasi di papan atas.

Musim 2014/15, gaung Astra mulai dikenal. Alasannya karena mereka berhasil mengawinkan gelar juara Cupa României dengan Supercupa României. Dua gelar ini pun menjadi gelar pertama Astra selama keikutsertaannya di Rumania.

Keberhasilan meraih Cupa României musim lalu membuat mereka berlaga di Liga Europa musim ini. Tidak hanya sekadar tampil. Mereka pun menjadi kuda hitam kompetisi ini dengan mengalahkan beberapa tim seperti West Ham United dan Inverness CT.

Komentar