Klaas-Jan Huntelaar Buka Peluang Kembali ke Ajax Amsterdam

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Klaas-Jan Huntelaar Buka Peluang Kembali ke Ajax Amsterdam

Datang dari Heerenven dengan usia yang masih belia, Klaas-Jan Huntelaar tidak gentar ketika ia didatangkan ke Ajax Amsterdam dan harus bersaing dengan penyerang-penyerang yang lebih senior seperti Angelos Charisteas, Mauro Rosales, dan Ryan Babel. Musim perdananya Huntelaar mencetak 16 gol dari 16 penampilannya di Liga Belanda.

Empat musim membela Ajax, Huntelaar kemudian hijrah ke raksasa Spanyol, Real Madrid. Di sana Huntelaar gagal mencapai ekspektasi yang dibebankan kepadanya. Semusim berselang penyerang berjuluk "Der Hunter" ini akhirnya berlabuh ke AC Milan dengan biaya transfer sebesar 7,75 juta euro. Sempat bermain gemilang di awal-awal kariernya bersama tim Italia tersebut, Huntelaar gagal menemukan kembali peforma terbaiknya.

Hingga akhirnya pada penghujung transfer musim panas tahun 2010, Klaas-Jan Huntelaar berlabuh ke Bundesliga untuk memperkuat Schalke 04. Di klub berjuluk "Die Königsblauen" ini Huntelaar seakan menemukan kembali gairah bertanding dan ketajamannya membobol gawang lawan. Selama enam musim membela Schalke, Huntelaar sudah mencetak 114 gol. Pencapaian terbaiknya adalah ketika membawa Schalke menjadi kampiun DFB Pokal pada 2011.

Setelah hampir satu dekade meninggalkan Belanda. Huntelaar yang kini berusia 32 tahun membuka kemungkinan untuk pulang kampung, dan tujuan selanjutnya adalah bekas klub yang pernah dibelanya, Ajax Amsterdam. Kabar ini ditanggapi positif oleh pelatih Ajax, Frank De Boer.

"Huntelaar jelas akan menjadi tambahan yang sangat bagus bagi tim, ia adalah penyerang yang sangat bagus. tetapi kami juga perlu melihat keadaan keuangan kami, apakah kami saat ini bisa mendatangkan pemain atau tidak. Karena ada kalanya kita tidak bisa melakukan sesuatu yang sudah direncanakan," ujar Frank De Boer seperti yang dilansir ESPN FC.

Berbicara kepada FUNKE Sports, sang pemain sendiri terbuka untuk semua opsi. Ia lebih suka tidak terlalu kaku dalam menentukan masa depan kariernya sebagai pesepakbola. "Saya selalu bisa memutuskan segala sesuatu bahkan hingga di menit terakhir. Saya akan mendengarkan semua tawaran yang datang. Yang pasti saya masih memiliki kontrak bersama Schalke, dan saya tidak tahu apa yang terjadi ke depannya. Saya tidak terlalu suka berencana, apalagi dalam urusan sepakbola."

Bagi Ajax, kedatangan Huntelaar jelas menjadi tambahan bagus bagi tim yang saat ini masih terus bersaing untuk memperebutkan gelar juara Liga Belanda. Karena saat ini skuat asuhan Frank De Boer hanya memiliki satu penyerang senior yaitu Arkadiusz Milik. Apabila penyerang Polandia tersebut absen, De Boer tentunya tidak punya banyak pilihan lain, meskipun terkadang ia memasang gelandang Davy Klaasen sebagai ujung tombak.

Sumber : ESPN FC, FUNKE Sports

Foto : GettyImages

Komentar