Serba-Serbi Lionel Messi Usai Laga Barcelona-Betis

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Serba-Serbi Lionel Messi Usai Laga Barcelona-Betis

FC Barcelona berhasil menjaga puncak klasemen sementara La Liga Spanyol setelah menumbangkan Real Betis dengan skor 4-0. Atas kemenangan tersebut, kesebelasan berjuluk Blaugrana ini meraih 38 poin dari 16 pertandingan. Jumlah poin tersebut sama dengan yang dimiliki oleh Atletico Madrid yang berada di peringkat dua, namun Atleti telah menjalani 17 pertandingan.

Squawka mencatatkan kemenangan itu pun menutup tahun 2015 Barcelona dengan kemenangan ke-51 dari 65 pertandingan. Dari 65 pertandingan, skuat besutan Luis Enrique ini total mencetak 180 gol. Jumlah gol ini mengalahkan rekor gol sepanjang tahun di Eropa yang sebelumnya dipegang oleh Real Madrid pada 2014 (178 gol).

Dari 180 gol tersebut, 137 di antara dicetak trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar). Rinciannya, Messi dan Suarez sama-sama mencetak 48 gol. Sementara Neymar mengoleksi 41 gol. Torehan gol ketiganya semakin menegaskan Trio MSN merupakan trio terbaik sepanjang sejarah sepakbola.

Bersama rekor itu pula, Messi yang bermain sejak menit pertama pada laga ini menorehkan 500 pertandingan bersama Barcelona setelah promosi ke skuat utama Blaugrana pada 2004. Gol yang diciptakannya pada menit ke-33 pun membuat gol Messi mencapai 425 gol di segala ajang dalam 12 musim.

">December 30, 2015

Meskipun begitu, cedera yang menepikannya dalam beberapa pertandingan musim ini membuat Messi harus merelakan gelar Sepatu Emas 2015 pada penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Ronaldo berhasil mencetak 37 gol, sementara Messi mencetak 34 gol.

Squawka juga mencatatkan bahwa jumlah 34 gol Messi tersebut sama dengan torehan gol penyerang Brasil yang membela Shakthar Donetsk, Alex Teixeira. Namun jumlah gol Messi tahun ini kalah dari penyerang asal Kamboja berusia 21 tahun, Chan Vathanaka (37 gol).

Tapi 34 gol yang diciptakannya pada tahun ini hanya lebih sedikit satu gol di banding tahun lalu (35 gol). Sementara dua tahun sebelumnya, Messi "hanya" mampu mencatatkan 28 gol. Catatan jumlah gol terbaik Messi diraih pada 2012 di mana ia suskes mencetak 59 gol.

Gagal meraih Sepatu Emas 2015 rasanya bukan hal yang terlalu buruk bagi Messi. Karena pada ajang FIFA Player of the Year 2015, penyerang asal Argentina ini berada di urutan terdepan untuk mendapatkannya dibanding dua kandidat lainnya, Ronaldo dan Neymar. Ronaldo sendiri mengakui bahwa gelar pemain terbaik tahun 2015 sepertinya akan menjadi miliki rivalnya tersebut.

Dengan sederet trofi yang telah ia raih sejauh ini, Messi masih belum puas memberikan gelar bagi Barcelona. Usai laga menghadapi Real Betis malam tadi (30/12), Messi mengingatkan pada semua rivalnya bahwa Barca masih akan terus mengincar trofi demi trofi.

“Sulit meningkatkan apa yang telah kami dapatkan, tapi kami akan berusaha. Kami memiliki skuat yang ingin terus menang,” ujar Messi seperti yang dilansir Goal.

Dengan berakhirnya tahun 2015, dan juga kebugarannya kembali telah fit setelah mengalami cedera, Messi tentunya akan kembali berusaha menjadi yang terbaik pada 2016 nanti. Dengan usianya yang masih 28 tahun, usia emas seorang penyerang, gelontoran gol dan trofi tampaknya masih akan menyambutnya di masa yang akan datang.

Foto: theodysseyonline.com

Komentar