Balas Dendam Arsenal di St. Mary's Stadium

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Balas Dendam Arsenal di St. Mary's Stadium

Pada Boxing Day tahun ini, Arsenal akan bertandang ke kandang Southampton untuk melakoni pekan ke-18 dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Berbekal tiga kemenangan beruntun, Arsenal sepertinya akan melanjutkan tren baik di St. Mary’s Stadium.

Namun tampaknya, pertandingan tak akan berjalan semudah itu. Pasalnya pelatih Southampton, Ronald Koeman yakin Arsenal tak akan memetik kemenangan di kandangnya. Meskipun begitu, ia tetap mewaspadai Mesut Oezil yang tampil luar biasa dalam beberapa pertandingan terakhir.

“Dia (Ozil) merupakan jenis pemain yang sulit dijaga. Kadang-kadang dia berada di posisi yang bukan posisi aslinya, namun dia merupakan pemain utama yang diandalkan untuk menyerang,” jelas Ronald Koeman seperti dilansir Daily Mail.

Sementara itu, Arsene Wenger mengatakan bahwa kekalahan pada laga melawan Southampton pada tahun lalu jelas menjadi titik balik untuk bangkit. Namun, ia mengatakan bahwa pada laga kali ini skuatnya tidak akan menjadikan kekalahan sebagai titik balik untuk tampil bagus di sisa kompetisi. “Saya tentu tak akan melupakan kekalahan di St. Mary’s tahun lalu. Kekalahan tersebut menjadi pelajaran bagi kami, yang tak akan kami ulangi pada tahun ini,” ucap Wenger kepada Metro.

Bek Kiri Southampton Lemah

Pada laga ini, duet sayap Arsenal sepertinya masih akan diisi oleh Joel Campbell dan Theo Walcott. Kelebihan kedua pemain ini dalam melakukan akselerasi tentu akan menyulitkan kedua bek sayap Southampton, Cedric Soares dan Ryan Bertrand.

Namun, Koeman harus lebih waspada kepada bek kiri Southampton yang diisi oleh Bertrand. Pasalnya pemain lulusan akademi Chelsea kerap bermain buruk di laga-laga penting. Tak heran, posisinya kerap dieksploitasi lawan.

Statistik Bertrand pun tak terlalu bagus. Dalam aspek bertahan, 57% tekel yang dilepaskannya dalam pertandingan kerap tak berhasil, apalagi dalam perebutan bola udara, ia hanya unggul 30% di setiap laga.

Ozil akan Disulitkan Wanyama

Mesin assist Arsenal, Mesut Ozil tampaknya akan lebih diam pada laga kali ini. Pasalnya, Ozil akan menghadapi Victor Wanyama yang memiliki kemampuan bertahan bagus.

Kemampuan Ozil dalam memberikan assist memang tak ada yang bisa menghentikan. Bahkan, nama-nama seperti Fernandinho dan Michael Carrick pun tak sanggup. Wanayama sendiri memiliki kekuatan dalam bertahan. Rataan potongan (intercept) dan tekelnya juga terhitung tinggi. Potongannya per pertandingan mencapai 2,6 kali dan tekelnya mencapai 2,9 per pertandingan.

Selain itu, laga ini sepertinya akan membuka jalan bagi Wanyama untuk berseragam The Gunners. Pasalnya, ia dikabarkan The Sun sebagai target utama Arsene Wenger pada transfer paruh musim 2015/2016.

Bermain maksimal dan berharap agar Leicester kalah melawan Liverpool sepertinya akan menjadi kegiatan Arsene Wenger hari ini. Jika hal tersebut terjadi, rasanya kemenangan atas Southampton akan menjadi pembalasan manis bagi Arsenal. Selain itu kemenangan juga akan menjadikan mereka calon kuat juara Premier League 2015/2016.

Sumber : bleacherreport, The Sun, Daily Mail, Metro, Whoscored, Squawka

Komentar