Siapa yang Rela Memenuhi Ekspektasi Setinggi Langit Adebayor?

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Siapa yang Rela Memenuhi Ekspektasi Setinggi Langit Adebayor?

Pernah memperkuat kesebelasan besar dan menjadi kapten tim nasional belum tentu menjamin karier seorang pemain lebih baik, salah satu contohnya adalah Emmanuel Adebayor. Karier mengilap pemain yang sempat terkenal karena melakukan selebrasi ke gawang mantan klubnya, Arsenal, itu kini tidak lebih menjadi catatan masa lalu yang mentereng. Kini, pemain yang identik dengan gaya hidup jetset tak memperkuat klub apapun, meskipun ia mengatakan ingin kembali bermain di Premier League.

Adebayor yang musim lalu sempat bermain untuk Tottenham Hotspur, kini dikaitkan dengan banyak kesebelasan. Di antaranya adalah Chelsea, Watford, West Ham. Tapi persoalannya adalah beberapa kesebelasan tersebut enggan memenuhi gaji Adebayor yang terlalu tinggi.

Permintaan gaji tersebut adalah imbas dari kesepakatan yang dilakukan oleh Spurs yang melepas pemain asal Togo ini di luar jendela transfer. Hal ini mengakibatkan Spurs harus membayar gaji Adebayor yang mencapai 100.000 poundsterling hingga ia mendapatkan kesebelasan baru.

Bukan tanpa alasan Adebayor dibuang Spurs. Selain termasuk dalam salah satu pemain dengan gaji tertinggi di Spurs, Adebayor hanya menjadi pilihan kedua Mauricio Pochettino. Selain itu, ia sudah memasuki usia diatas 31 tahun, yang membuat ia sulit bersaing di Premier League yang kompetisinya terkenal dengan permainan fisiknya.

Seperti dilansir The Telegraph, Watford memang tertarik dengan jasa Adebayor. Quique Sanchez Flores, pelatih Watford, berharap bisa mendapatkan pemain ini. Namun ia berharap Daniel Levy, Chairman Spurs mau memberikan presentase pembagian gaji agar Watford tidak membayar penuh.

Tak salah memang Watford ingin mendapatkan servis Adebayor. Sebab, duet striker utamanya, Odion Ighalo dan Troy Deeney, kini sedang dalam kondisi puncak untuk terus membawa Watford merangsek naik ke papan atas. Keduanya bahkan sudah menyumbang 12 gol untuk Watford saat ini. Kehadiran Adebayor diharapkan bisa mengantisipasi andai salah satu dari mereka harus ditepikan.

West Ham juga diperkirakan tertarik untuk memboyong Adebayor. Sebab, selain karena kesukaan Slaven Bilic terhadap gaya bermain pemain asal Afrika, West Ham juga butuh striker tambahan untuk melapis Andy Carroll dan Diafra Sakho yang rentan cedera.

Selain Watford, Chelsea juga diperkirakan akan ikut ke dalam perburuan striker yang dibesarkan Arsenal ini. Alasannya, Mourinho tahu gaya bermain Adebayor karena dulu Mou pernah meminjam Adebayor saat di Real Madrid. Kasus perseteruannya dengan Diego Costa memunculkan isu bahwa Chelsea tengah mengincar penyerang baru.

Chelsea yang memiliki nama besar serta keuangan di atas yang lain, tentunya berada di barisan terdepan jika benar mereka memang tertarik mendatangkan Adebayor.  Pertanyaannya, apakah Adebayor mampu meningkatkan kualitas lini depan Chelsea yang selama ini menjadi persoalan?

Sumber : The Telegraph, Whoscored

Komentar