Membaca Persaingan Akhir Fase Grup Liga Champions

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Membaca Persaingan Akhir Fase Grup Liga Champions

Setiap grup di Champions League musim ini, setelah matchday lima, memiliki keunikan tersendiri. Ada yang sudah memiliki juara grup namun belum memiliki runner-up,ada yang sudah memiliki kandidat pengisi dua peringkat teratas namun belum jelas siapa juaranya, ada yang berpeluang memiliki tiga kesebelasan dengan jumlah poin yang sama, dari peringkat pertama hingga ketiga, ada yang akan menggelar partai hidup-mati antara dua kesebelasan yang memiliki kepentingan sama, dan ada juga yang penghuni peringkat keduanya bisa terlempar ke peringkat ke-4 setelah matchday enam. Grup-grup yang sudah memiliki dua kesebelasan teratas pun masih tetap seru karena peringkat ketiga juga masih menjadi rebutan. Mari kita lihat apa yang masih mungkin dan apa yang sudah tidak mungkin diraih oleh para peserta.

Grup A

Real Madrid dan Paris Saint-Germain masing-masing sudah pasti lolos sebagai juara dan runner-up sehingga hanya ada satu hal yang bisa diperebutkan dua kesebelasan lain, Shakhtar Donetsk dan Malmö Fotbollförening: peringkat ketiga.

Pertandingan tersisa: PSG v Shakhtar (8/12), Madrid v Malmö (8/12)
Pertandingan tersisa: PSG v Shakhtar (8/12), Madrid v Malmö (8/12)

Demi lolos ke Europa League, Malmö harus menang dan Shakhtar harus kalah atau imbang. Karena jika Malmö dan Shakhtar mengakhiri pertandingan dengan sama-sama menang atau sama-sama imbang atau sama-sama kalah, yang akan lolos ke Europa League Shakhtar lolos ke Europa League karena unggul head-to-head atas Malmo. 4-1.

Grup B

VfL Wolfsburg, Manchester United, dan PSV sama-sama masih berpeluang menduduki dua peringkat teratas Grup B. Satu kesebelasan lain, CSKA sudah pasti tidak lolos ke 16 besar namun masih berpeluang lolos ke Europa League.

Pertandingan tersisa: Wolfsburg v United (8/12), PSV v CSKA (8/12)
Pertandingan tersisa: Wolfsburg v United (8/12), PSV v CSKA (8/12)

Menang dengan skor berapa pun pada pertandingan terakhir melawan PSV, CSKA akan lolos ke Europa League karena menang head-to-head melawan PSV. Jika keduanya bermain imbang, maka yang lolos ke Europa League adalah PSV, kesebelasan yang peluang skenario lolos/gagalnya – termasuk di mana posisi akhir mereka nantinya – cukup rumit.

Jika PSV menang dan Wolfsburg menang (United kalah), maka yang lolos ke 16 besar adalah Wolfsburg (juara) dan PSV (runner-up). Jika PSV menang dan Wolfsburg kalah (United menang), maka yang lolos ke 16 besar adalah United dan PSV. Jika United dan PSV sama-sama kalah, maka yang lolos ke 16 besar adalah Wolfsburg dan United. Jika semua kesebelasan bermain imbang, Wolfsburg dan United yang akan lolos. Jika PSV bermain imbang dan United kalah, Wolfsburg dan PSV yang lolos.

Grup C

Atlético Madrid dan Benfica suda pasti lolos ke 16 besar walau belum pasti siapa di antara keduanya yang akan menjadi juara grup. Saat ini Atlético berada di peringkat pertama. Jika kedua tim yang akan saling berhadapan pada pertandingan terakhir bermain imbang, Benfica yang akan naik ke peringkat pertama karena unggul head-to-head.

Pertandingan tersisa: Galatasaray v Astana (8/12), Benfica v Atletico (8/12)
Pertandingan tersisa: Galatasaray v Astana (8/12), Benfica v Atletico (8/12)

Galatasaray menduduki peringkat ketiga sementara, namun Astana, yang merupakan debutan UCL, bisa mengirim mereka ke peringkat terbawah jika menang di matchday enam.

Grup D

Sama seperti Grup C, Grup D sudah memiliki kandidat dua teratas namun belum memiliki juara grup. Juventus sementara ini menduduki peringkat pertama karena unggul dua poin dari Manchester City. Untuk menjadi juara grup, City harus memenangi pertandingan matchday enam, dan Juve kalah.

Pertandingan tersisa: City v Mönchengladbach (8/12), Sevilla v Juventus (8/12)
Pertandingan tersisa: City v Mönchengladbach (8/12), Sevilla v Juventus (8/12)

Sevilla tidak akan lolos ke Europa League (bahkan jika mereka menang melawan Juventus) jika Mönchengladbach menang melawan City. Yang bisa Sevilla lakukan adalah berusaha sebaik mungkin dan berharap Mönchengladbach kalah atau setidaknya bermain imbang. Jika Mönchengladbach kalah dan Sevilla menang, Sevilla lolos dengan keunggulan poin. Sedangkan jika Mönchengladbach bermain imbang dan Sevilla menang, Sevilla lolos ke Europa League lewat keunggulan agregat 5-4.

Grup E

Ketimpangan terjadi pada Grup E. Barcelona sudah dipastikan lolos sebagai juara grup. Sementara AS Roma, Bayer Leverkusen, dan BATE masih harus saling sikut untuk lolos ke 16 besar.

Pertandingan tersisa: Leverkusen v Barcelona (9/12), Roma v BATE (9/12)
Pertandingan tersisa: Leverkusen v Barcelona (9/12), Roma v BATE (9/12)

Jika Roma dan Leverkusen sama-sama menang, Roma lolos ke 16 besar dan Leverkusen ke Europa League. Jika Roma dan Leverkusen sama-sama bermain imbang, Roma lolos ke 16 besar dan Leverkusen ke Europa League. Jika Roma dan Leverkusen sama-sama kalah, BATE ke 16 besar dan Roma ke Europa League.

Jika Roma kalah dan Leverkusen menang, Leverkusen ke 16 besar dan BATE ke Europa League. Jika Roma menang dan Leverkusen kalah, Roma ke 16 besar dan Leverkusen ke Europa League. Jika Roma menang dan Leverkusen imbang, Roma ke 16 besar dan Leverkusen ke Europa League.

Jika Roma imbang dan Leverkusen menang, Leverkusen ke 16 besar dan Roma ke Europa League. Jika Roma imbang dan Leverkusen imbang, Roma ke 16 besar dan Leverkusen ke Europa League. Jika Roma Imbang dan Leverkusen kalah, Roma ke 16 besar dan Leverkusen ke Europa League (unggul head-to-head 5-2 melawan BATE).

Grup F

Bayern München sudah pasti menjadi juara grup sementara Dinamo Zagreb tidak akan beranjak dari peringkat empat. Arsenal dan Olympiakos akan berhadapan dengan satu sama lain di matchday enam untuk memperebutkan peringkat kedua. Tekanan Arsenal lebih besar karena jika mereka hanya menang dengan skor 1-0 atau 2-1, Olympiakos yang akan lolos berkat keunggulan gol tandang dalam head-to-head antara keduanya (Olympiakos memiliki tiga gol tandang dari kemenangan 3-2 di Emirates Stadium).

Pertandingan tersisa: Dinamo v Bayern (9/12), Olympiakos v Arsenal (9/12)
Pertandingan tersisa: Dinamo v Bayern (9/12), Olympiakos v Arsenal (9/12)

Menang dengan selisih dua gol adalah pilihan teraman Arsenal walau, menang dengan selisih satu gol pun tetap akan membawa mereka lolos ke 16 besar jika skornya adalah 3-2; jika menang 3-2, Arsenal dan Olympiakos akan memiliki head-to-head yang sama kuat sehingga kriteria penentu peringkat tertingginya adalah selisih gol secara keseluruhan (dari semua pertandingan fase grup).

Grup G

Chelsea, FC Porto, dan Dynamo Kyiv masih mungkin menempati posisi mana pun di tiga besar. Sementara Maccabi sudah pasti terjebak di peringkat terakhir.

Pertandingan tersisa: Dynamo Kyiv v Maccabi (9/12), Chelsea v Porto (9/12)
Pertandingan tersisa: Dynamo Kyiv v Maccabi (9/12), Chelsea v Porto (9/12)

Jika Dinamo menang dan Chelsea melawan Porto berakhir imbang, semua kesebelasan akan memiliki jumlah poin yang sama. Penentuan peringkat, karenanya, akan berdasar selisih gol keseluruhan, bukan head-to-head.

Jika Porto menang dan Kyiv menang, Porto dan Kyiv ke 16 besar. Jika Chelsea menang dan Kyiv menang, Chelsea dan Kyiv ke 16 besar.

Grup H

Zenit St. Petersburg sudah tidak akan tergeser dari peringkat pertama sementara Olympique Lyonnais tidak akan naik dari peringkat empat. KAA Gent dan Valencia masih mungkin lolos ke 16 besar selama mereka berhasil memperjuangkan ketentuan.

Pertandingan tersisa: Valencia v Lyon (9/12), Gent v Zenit (9/12)
Pertandingan tersisa: Valencia v Lyon (9/12), Gent v Zenit (9/12)

Jika Valencia dan Gent sama-sama menang, Gent ke 16 besar dan Valencia ke Europa League. Jika Valencia menang dan Gent kalah, Valencia ke 16 besar dan Gent ke Europa League. Jika Valencia menang dan Gent imbang, Valencia ke 16 besar dan Gent ke Europa League.

Komentar