Selangkah Lagi Menuju Liga Champions...

Berita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Selangkah Lagi Menuju Liga Champions...

Tidak terasa liga sepakbola di Eropa sudah kembali dimulai. Malam ini Liga Primer Inggris memang akan menjalani kick-off perdananya lewat sebuah pertandingan antara Manchester United melawan Tottenham Hotspur di Old Trafford, Manchester.

Namun, bahkan jauh sebelum pra-musim berlangsung, ada sebuah liga terbesar di eropa yang sudah memulai petualangannya terlebih dahulu. tak tanggung-tanggung, liga tersebut adalah Liga Champions UEFA.

Seperti yang pernah kami bahas sebelumnya, kualifikasi babak pertama Liga Champions sudah berlangsung sejak akhir Juni kemarin.

Beberapa kesebelasan juara dari masing-masing liga domestik dengan koefisien rendah sudah memulai petualangan mereka terlebih dahulu, seperti misalnya FC Pyunik (juara liga domestik Armenia), B36 Tórshavn (Kepulauan faroe), Stjarnan (Islandia), Dundalk FC (Republik Irlandia), HJK Helsinki (Finlandia), dan para kesebelasan lainnya yang merupakan juara domestik. Ini lah kenapa liga ini dinamakan Liga Champions, liganya para juara.

Dari total 41 kesebelasan yang bersatus juara liga domestik (Champions route) yang sudah melakukan kualifikasi babak pertama, babak ke dua, sampai babak ke tiga, akhirnya tinggal 10 kesebelasan saja yang tersisa di babak play-off ini.

Hasil undian babak play-off Liga Champions

Beberapa kesebelasan yang mengejutkan berhasil lolos sampai ke play-off seperti KF Skënderbeu Korçë (juara Albania) dan FC Astana (juara Kazakhstan), akan saling beradu untuk memperebutkan 5 jatah ke babak grup 32 besar Liga Champions.

Sementara 5 jatah sisanya diperebutkan oleh 10 kesebelasan yang bukan berstatus sebagai juara liga domestik, tapi sebagai kesebelasan wakil dari negara yang memiliki koefisien lebih tinggi, sehingga negara tersebut bisa mengirimkan lebih dari satu wakilnya ke Liga Champions. Rute khusus ini dinamakan dengan "League route". Manchester United adalah salah satunya.

Jumat kemarin (7 Agustus 2015) sudah dilakukan pengundian babak play-off di Nyon, Swis. Hasil undiannya adalah seperti di bawah ini:

play_off_ucl_wiki
Hasil undian babak play-off Liga Champions 2015/15 (sumber: wikipedia.org)

20 kesebelasan di atas akan memperebutkan 10 jatah yang tersisa untuk lolos ke babak grup (32 besar) di mana 22 kesebelasan sudah terlebih dahulu lolos dan menunggu mereka.

Hasil dari pengundiannya ada yang mengejutkan, ada pula yang biasa-biasa saja. Sorotan utama tentunya ada pada Manchester United yang musim lalu finis di peringkat ke empat Liga Primer, sehingga mereka harus bermain dari babak play-off ini untuk lolos ke Liga Champions.

United yang masuk ke dalam kesebelasan unggulan (seeded) memiliki 5 calon lawan dari pot non-unggulan (unseeded), yaitu PFC CSKA Moscow (Rusia), SS Lazio (Italia), Club Brugge KV (Belgia), AS Monaco FC (Perancis), dan SK Rapid Wien (Austria).

Manchester United bisa lebih lega karena menghadapi Club Brugge

Pada akhirnya, United harus berhadapan dengan Club Brugge yang musim lalu finis di peringkat dua di Liga Pro Belgia. Melihat lima calon lawan sebelum pengundian, rasanya Louis van Gaal patut bersyukur karena mereka bisa menghindari lawan berat seperti Lazio dan Monaco.

Para pendukung Setan Merah juga bisa berbesar hati lantaran sebelum pengundian, selain Lazio dan Monaco, mereka juga berdoa agar United terhindar dari CSKA Moscow. Mereka, para pendukung United asli asal Manchester, berpendapat bahwa perjalanan ke Moscow, ibukota Rusia, akan memakan waktu dan biaya perjalanan yang tinggi.

Sedangkan Club Brugge yang bermarkas di Kota Bruges bisa menjadi kota yang menarik untuk mereka. Bruges adalah tujuan yang paling mudah dicapai dari semua calon lawan United, mereka hanya tinggal menyeberang Selat Channel dengan penerbangan pesawat ke Brussels (ibukota Belgia), Antwerp, Charleroi, Amsterdam, Rotterdam, atau Eindhoven. Mereka juga bisa menempuh jalur darat yang hanya memakan waktu 10 jam perjalanan.

Stadion Jay Breydel di Bruges, salah satu stadion tuan rumah Euro 2000, juga dapat menampung 29.500 penonton yang dikabarkan menyediakan antara 2000 sampai 5000-an tiket untuk para penonton kesebelasan tamu.

Kesebelasan asuhan Michel Preud'homme yang merupakan mantan kiper legendaris Belgia ini lolos ke babak play-off setelah sebelumnya mereka mengalahkan Panathinaikos FC (Yunani) dengan agregat 4-2 di kualifikasi babak ke tiga.

Bukan maksudnya meremehkan, tapi beberapa pemain Brugge memang tidak terlalu terkenal, ini lah kenapa mungkin Setan Merah bisa agak bersyukur akibat dari hasil unidian di atas, asal jangan takabur saja.

Jika mau disebutkan, beberapa pemain Brugge yang sudah dikenali di Eropa antara lain kapten Toimmy Simons, bek Óscar Duarte dari Kostarika, penyerang jangkung Tom De Sutter, wonderkid Hans Vanaken, Stefano Denswil, dan pemain yang memiliki nama kocak yang satu ini: Boli Bolingoli.

Hasil mengejutkan lainnya sampai play-off

Di samping hasil yang mengejutkan dari Brugge yang berhasil mengalahkan Panathinaikos, beberapa kesebelasan yang kalah dan tersingkir dari kualifikasi Liga Champions secara mengekjutkan antara lain adalah Ajax (kalah 5-4 dari Rapid Wien), Fenerbahçe SK (kalah 3-0 dari Donetsk), dan Red Bull Salzburg (kalah 3-2 dari Malmö).

Selain United, hasil pengundian play-off dari League route juga tidak kalah serunya, yaitu pertandingan antara Lazio melawan Bayer 04 Leverkusen (Jerman), Sporting Clube de Portugal (Portugal) melawan CSKA Moscow, dan Valencia CF (Spanyol) melawan Monaco, serta Rapid Wien melawan FC Shakhtar Donetsk (Ukraina).

Sementara dari Champions route, beberapa kesebelasan bersiap untuk melakukan kejutan untuk lolos ke Liga Champions, mereka yang merupakan kuda hitam antara lain adalah Astana, Skënderbeu Korçë, Malmö FF (Swedia), FK Partizan (Serbia), dan Maccabi Tel Aviv FC (Israel).

Sesuai pada gambar di atas, leg pertama akan dimainkan 18 dan 19 Agustus, sementara leg ke dua akan dimainkan 25 dan 26 Agustus.

Babak grup 32 besar sudah menanti di depan

Setelah pertandingan play-off ini selesai, 10 kesebelasan yang kalah akan terlempar ke Liga Europa UEFA, sementara 10 kesebelasan yang menang langsung menuju pengundian babak grup (32 besar) yang akan dilangsungkan di Monaco pada 27 Agustus 2015.

Ke-32 kesebelasan ini sebelumnya akan dibagi ke dalam 4 pot, kemudian akan dibagi ke dalam 8 grup (A sampai H) dengan dua kesebelasan dari satu asosiasi negara tidak diperkenankan untuk diundi ke dalam grup yang sama. (Baca juga: Cara UEFA Menghitung Nilai Koefisien)

Untuk sementara ini, pembagian potnya adalah sebagai berikut:

seeding_pot_wiki
Seeding pot Liga Champions 2015/16 (sumber: wikipedia.org)

Banyak yang melaporkan bahwa jika Manchester United lolos, maka mereka akan tergabung ke dalam pot 2 (seeding pot 2) bersama Real Madrid CF, Atlético Madrid, FC Porto, Arsenal, dan Manchester City, serta dua calon kesebelasan lainnya (kemungkinannya adalah Valencia dan Leverkusen).

Liga Champions sudah sangat menggiurkan bagi banyak kesebelasan karena bisa mengundang banyak uang dan juga prestise.

Hari ini sampai 2 September nanti, jendela transfer masih dibuka, pemain bisa datang dan pergi. Selagi kita mulai menonton liga-liga sepakbola Eropa yang baru kembali dimulai dan menyaksikan berita serta gosip transfer pemain, beberapa kesebelasan besar sudah bersiap kembali ke Liga Champions, termasuk Manchester United.

Komentar