Messi dan Ingatannya Tentang Hat-Trick

Berita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Messi dan Ingatannya Tentang Hat-Trick

Bagi pesepakbola manapun, gol adalah sebuah momen yang emosional. Karena gol adalah salah satu cara meraih tujuan (goal) utama dalam sepakbola, yakni kemenangan. Saking pentingnya mencetak gol, para pemain menyiapkan perayaannya sendiri usai mencetak gol. Momen tersebut pun tidak akan pernah terlupakan bagi pemain.

Hal serupa juga berlaku bagi Lionel Messi. Saking seringnya mencetak gol, ia hanya memperlakukan secara spesial saat ia mencetak hattrick atau tiga gol. Usai pertandingan, ia mengambil bola, lalu meminta rekan-rekannya menandatangani bola tersebut. Bola itu nantinya ia koleksi dan disimpan di rumahnya.

Saat ini, Messi telah mencetak 32 hattrick. Namun, ia kesulitan untuk mengingat satu persatu momen hattrick tersebut saking banyaknya. Ini yang membuat Messi lebih memilih untuk mengoleksi bola pertandingan tersebut.

Di rumahnya, bola hasil hattrick messi selalu mendapatkan tempat spesial. Soal tanda tangan yang menempel di kulit bola, Messi mengungkapkan bahwa itu dilakukan untuk mengingatkan pada kerja keras rekan-rekannya di Barcelona.

â??Tanpa rekan-rekan, aku tidak mungkin menggapai semua yang aku dapat dalam level individu. Karena aku bergantung pada mereka untuk mencetak gol, jadi ini adalah souvenir yang bagus bagi mereka untuk menandatanganinya,â? kata Messi seperti dikutip Dailymail.

Bola-bola hattrick tersebut ditempatkan sejajar dengan semua piala yang pernah ia raih. Namun, bola tersebut terasa begitu spesial bagi dirinya karena mengingatkannya pada sepakbola itu sendiri. Messi saat ini telah mencetak 277 gol di La Liga untuk Barcelona dalam kurun waktu 10 setengah tahun. Uniknya, Messi lupa momen 96 gol yang ia dapatkan dari 32 kali hattrick.

â??Saat ini, tidak (untuk mengingat momen hattrick). Aku perlu melihat gol-gol itu lagi, atau seseorang menceritakan padaku tentang momen tersebut agar aku bisa mengingatnya,â? kata Messi.

Meskipun demikian, Messi punya momen hattrick paling spesial. Ya, momen tersebut terjadi pada pertandingan yang spesial pula yakni pada laga El Clasico, di mana saat itu Barcelona menahan imbang Real Madrid 3-3 di Camp Nou. Baginya, selain itu adalah pertandingan penting, juga merupakan hattrick pertamanya untuk Barcelona.

â??Walaupun kami tak menjuarai liga, tapi momen tersebut sangat penting dan juga karena itu pertandingan menghadapi Real Madrid,â? ujar Messi.

Hattrick terakhir Messi dicetak pada Maret lalu. Dengan segala hal yang sudah ia capai, barangkali gol dan hattrcik bukan lagi sebuah pencapaian bagi Messi, tapi menjadi sekadar sesuatu untuk â??koleksiâ?, saking mudahnya.

Terbantu Kehadiran Neymar dan Luis Suarez

Musim lalu, Messi dianggap terpuruk karena raihan gol serta pencapaiannya secara keseluruhan berhasil disalip Cristiano Ronaldo. Ini pun diakui oleh Messi. Inkonsistensinya di atas lapangan tak lain karena ia belum sembuh benar dari cedera yang menimpanya.

â??Saat aku kembali bermain, aku merasa tidak begitu bagik. Itu adalah musim yang ingin segera aku lupakan,â? kata Messi saat diwawancara situs resmi Barcelona.

Baginya, musim lalu adalah pelajaran penting di mana ia tengah tumbuh dan berkembang. Musim ini, Messi merasa lebih tenang karena kehadiran Luis Suarez dan Neymar di lini depan Barcelona.

â??Aku tidak pernah merasa terpaksa untuk mencetak gol, karena jika aku tidak melakukannya, tim tidak akan menang. Kenyataannya, Barca selalu memiliki penyerang hebat, bukan hanya Neymar dan Luis, karena mereka berdua adalah figur kelas dunia. Mereka bukan cuma memberikan gol, tapi banyak hal lain. Itulah alasan mengapa aku lebih tenang,â? kata Messi.

Komentar