Ronaldo dan Messi Tak Layak Meraih Ballon d'Or

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Ronaldo dan Messi Tak Layak Meraih Ballon d'Or

Louis van Gaal, memang selalu mencuri perhatian media sejak kiprahnya bersama tim nasional Belanda pada Piala Dunia 2014 lalu. Dengan formasi 3-5-2, ia berhasil mengantarkan Arjen Robben cs ke babak semi-final dan mengalahkan Brasil pada perebutan tempat ketiga.

Piala Dunia 2014 usai, pelatih bernama lengkap Aloysius Paulus Maria van Gaal ini langsung melakukan manuver dengan menggelontorkan ratusan juta pounds untuk mendatangkan pemain seperti Angel Di Maria, Radamel Falcao, Daley Blind, Luke Shaw, hingga Ander Herrera ketika menangani Manchester United. Namun sial baginya, United masih juga belum menampilkan performa yang memuaskan. Dirinya pun terus di-highlight media atas apa yag terjadi dengan United saat ini.

Tak pernah luput dari perhatian dengan media, Van Gaal pun cukup sibuk meski United tengah menjalani masa rehat karena break international. Diwawancarai oleh MUTV beberapa waktu lalu, Van Gaal mengeluarkan pernyataan yang cukup mengejutkan. Bukan tentang Manchester United, melainkan tentang siapa peraih Ballon d’Or 2014.

“Anda harus memenangi sesuatu [untuk mendapatkan Ballon d’Or]. Dan hal terbaik yang bisa didapatkan untuk meraih gelar tersebut adalah dengan menjadi juara pada kejuaraan dunia,” ujar Van Gaal seperti yang dilansir ESPN FC.

Komentar tersebut jelas secara tidak langsung mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tak layak mendapatkan Ballon d’Or. Karena keduanya, tak berhasil membawa negaranya masing-masing menjadi juara dunia pada Piala Dunia 2014. Portugal kalah sejak fase grup, sementara Messi dikalahkan oleh Jerman pada babak final.

“Saya berharap penghargaan tersebut akan didapatkan pemain Jerman karena mereka layak mendapatkannya. Lagipula di Jerman, level pertandingan Bundesliga sangatlah tinggi,” tambah mantan pelatih Bayern Munich ini.

Jika merujuk pada komentar Van Gaal di atas, maka salah satu dari Thomas Mueller, Toni Kroos, Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger, Mario Goetze dan Manuel Neuer, yang masuk dalam rilisan 23 nama kandidat peraih FIFA Ballon d’Or, harus meraih gelar pemain terbaik dunia. Keenam pemain ini pun merupakan pemain yang berhasil mengantarkan Bayern Munich menjuarai Bundesliga pada musim lalu. Itulah yang membuat Van Gaal menilai peraih gelar pemain terbaik dunia harus didapatkan pemain Jerman.

Dengan komentar ini, Van Gaal menjadi orang berikutnya yang menentang jika salah satu dari Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi kembali meraih gelar Ballon d’Or. Sebelumnya, Manuel Neuer pun menyindir Ronaldo dengan pernyataan bahwa untuk mendapatkan Ballon d’Or harus berpose menggunakan celana dalam di depan kamera. Begitu juga dengan Arsene Wenger yang merasa Messi tak layak lagi mendapatkan gelar pemain terbaik.

Meskipun begitu, tak sedikit pula yang tetap mendukung Ronaldo dan Messi meraih kembali gelar pemain terbaik dunia. Gareth Bale dan James Rodriguez, rekan setim Ronaldo di Madrid, merasa Ronaldo layak mendapatkannya meski mereka berdua pun masuk dalam kandidat peraih gelar tahunan ini. Pun demikian dengan Jose Mourinho.

Sementara itu, kapten Barcelona, Xavi Hernandez dan mantan pelatih Barcelona musim lalu, Gerardo Martino, menyatakan dukungannya pada Messi. Meski pada tahun 2014 Barca nir gelar, performa Messi sejauh ini dinilai masih layak diganjar gelar pemain terbaik dunia.

Apakah gelar terbaik akan jatuh ke tangan Ronaldo atau Messi? Atau kah pemain jerman yang akan mendapatkannya seperti yang dikatakan Van Gaal?

foto: flickr.com

Komentar