Laporan Keuangan Manchester United di Awal Musim Ini Merugi

Berita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Laporan Keuangan Manchester United di Awal Musim Ini Merugi

Laporan keuangan terbaru pada Hari Selasa (18/11) kemarin menunjukkan bahwa pendapatan Manchester United turun hampir sebanyak 10 juta poundsterling pada kuartal pertama tahun ini. Hal ini kebanyakan berakar kepada United yang gagal lolos ke Liga Champions musim ini. Angka 10 juta pounds tersebut adalah harga mahal yang harus mereka bayar.

Baik pendapatan dari komersial, matchday, dan pendapatan penyiaran (broadcast), semuanya turun dibandingkan musim-musim sebelumnya yang memiliki tren yang selalu naik. Ini semua terjadi setelah sang juara Liga Primer 20 kali ini mengakhiri musim lalu yang penuh perjuangan (dan juga bencana) di bawah David Moyes.

Sebagai perbandingan, Setan Merah memperoleh pendapatan 98,5 juta pounds dalam tiga bulan atau kuartal pertama tahun lalu (Juli hingga September 2013). Angka di atas adalah jumlah yang cukup besar, tetapi jumlah tersebut telah berkurang sebanyak 9,8 juta poundsterling pada periode yang sama tahun ini, yaitu “hanya” 88,7 juta pounds.

Rincian Pendapatan Manchester United di Kuartal Awal Musim ini

Pendapatan matchday sementara mereka pada musim ini adalah 15,1 juta pounds (turun 4,2 juta pounds) sedangkan pendapatan penyiaran mereka turun dari 19,3 juta poundsterling ke 16,8 juta pounds. Namun, pembenaran bagi kedua angka di atas adalah karena United memainkan pertandingan kandang yang lebih sedikit pada awal musim ini.

Kemudian pendapatan komersial klub juga berkurang, angka ini jatuh dari 59,9 juta pounds menjadi 56,6 juta pounds. Sementara utang mereka naik 0,3% dari 361 juta menjadi 362,2 juta pounds.

Manchester_United_Q1_13_&_14_Finance
Rincian dan perbandingan pendapatan Manchester United pada kuartal pertama tahun 2013 dan 2014

Alasan Kenapa United Merugi

Kepala eksekutif Ed Woodward mengatakan: “Angka ini menunjukkan bahwa hasil keuangan yang mencerminkan ketidakikutsertaannya kami di Liga Champions. Tapi kami telah menandatangani kesepakatan sponsor terbesar (dengan Chevrolet) dalam sejarah olahraga di kuartal pertama ini. Jadi itu menyimpulkan bahwa kami sangat gembira untuk memfokuskan upaya kami pada peluang pertumbuhan yang berarti dalam sponsorship, media digital, ritel, dan merchandising.”

Musim ini manajer Louis van Gaal mendatangkan Angel Di Maria dengan harga 59,7 juta pounds yang memecahkan rekor Britania Raya. Angka ini adalah hampir sepertiga dari total 152 juta pounds yang United habiskan untuk mendatangkan Radamel Falcao, Daley Blind, dan Marcos Rojo juga, serta Luke Shaw dan Ander Herrera yang sudah terlebih dahulu didatangkan pada kuartal akhir pada musim sebelumnya.

Proyeksi Pendapatan ke Depan dan Hal Positif

Selain menunjukkan laporan keuangan mereka, United juga melakukan proyeksi yang memperkirakan bahwa pendapatan mereka pada akhir musim ini akan berada di antara angka 385 dan 395 juta pounds, atau turun hingga 48 juta pounds dari rekor pendapatan mereka di musim lalu (2013-14), yaitu sebanyak 443 juta pounds.

Masih untung angka 88,7 juta pounds di atas adalah tergolong sangat besar untuk sebuah tim peringkat tujuh musim lalu. Hal ini United dapatkan tak ayal karena persetujuan mereka terhadap kesepakatan sponsor yang mewajibkan mereka bermain pada lima pertandingan di Amerika Serikat di kuartal awal musim ini.

Salah satu dari pertandingan di atas adalah ketika mereka mengalahkan Real Madrid di depan catatan penonton sebanyak 109.318 di Ann Arbor.

2015-manchester-united-revenues-projected
Perbandingan total pendapatan Manchester United dari tahun ke tahun serta proyeksi di tahun 2015

Efek Kerugian ini di Masa Depan

Ed Woodward mengatakan bahwa United tidak mungkin untuk memasuki pasar transfer pada Januari (musim dingin) 2015. Ia mengatakan bahwa ia akan mengesampingkan niat untuk sebuah “perbaikan jangka pendek”.

Klub Manchester merah ini memang telah menghabiskan 152 juta pounds untuk enam pemain baru di musim panas ini namun mereka hanya meraih peringkat ke tujuh untuk sementara di liga. Ini adalah refleksi yang tepat dari kalimat “besar pasak daripada tiang”.

Sementara kita semua berandai-andai apakah United memiliki dana segar yang tersedia untuk menandatangkan pemain lagi, Woodward mengatakan adanya “probabilitas yang rendah” bahwa mereka akan membeli pemain. Ia mengatakan juga bahwa mereka hanya akan bergerak di pasar transfer jika target transfer musim panas mereka yang akan datang (Juni-Agustus 2015) bisa dibeli lebih awal di jendela transfer musim dingin.

Woodward mengatakan kepada Wall Street: “Kami tidak ingin memasuki pasar untuk perbaikan jangka pendek. Kami memiliki target (pemain incaran) untuk musim panas mendatang. Jika mereka bisa didatangkan pada Bulan Januari, kami akan mempertimbangkannya. Tapi kita semua harus menyadari bahwa ini merupakan probabilitas yang rendah.”

Disamping itu semua, Van Gaal sempat mengatakan bahwa ia tertarik mendatangkan bek tengah, posisi di mana United telah menderita banyaknya rangkaian cedera. Tapi Woodward menunjukkan bahwa pembelian di tengah musim adalah hampir mustahil.

Hal tersebut terjadi karena mereka tidak bermain di Eropa, baik Liga Champions maupun Liga Europa. Padahal partisipasi di Eropa adalah sumber pembawa bonus untuk skuat.

Namun jika berandai-andai, menurut Anda, United butuh berapa pemain lagi di bursa transfer musim dingin di Bulan Januari tahun depan?

Harapan

Lalu kenapa Woodward masih percaya diri pada bursa transfer musim panas di musim depan? Apakah United sudah mengincar beberapa pemain? Siapa saja mereka?

Pertanyaan di atas masih menjadi misteri. Namun, satu hal yang jelas adalah musim depan United akan memiliki uang yang lebih banyak. Woodward menyoroti angka 750 juta dalam kesepakatan seragam klub selama 10 tahun dengan adidas.

Angka di atas adalah angka tertinggi sepanjang sejarah kesepakatan seragam sebuah klub olahraga. Namun, Woodward memang harus bersabar, karena uang ini baru bisa mereka nikmati musim depan.

Musim depan bisa dibilang “aman” dari sisi finansial, sementara musim ini ketika United terseok-seok di dalam maupun di luar lapangan, Woodward tetap optimis dengan mengatakan “Ada perasaan yang nyata di klub ini tentang sesuatu yang istimewa. Fans memahami tim sedang menuju ke arah yang benar.”

Woodward menyoroti bahwa fanbase United masih terus berkembang luas. Ia mengatakan klub memiliki rata-rata angka 82,1 juta penonton di seluruh dunia. Angka ini lebih banyak daripada peringkat berikutnya, yaitu serial televisi Modern Family (26,2 juta penonton) serta  American Idol (14,7 juta).

United juga memiliki 87 juta pendukung di seluruh media sosial, termasuk 63 juta di Facebook. Di Maria dan Falcao mengalami peningkatan 12 dan 10 kali lipat dalam pencarian Google ketika mereka bergabung dengan United, sementara akun Twitter Blind dilaporkan naik sebesar 72% setelah ia berseragam United.

Woodward juga menunjukkan adanya lebih dari 24.000 artikel yang ditulis tentang klub Manchester United setiap bulannya, termasuk artikel yang sedang Anda baca ini.

2015_kit_deals
Kesepakatan apparel seragam klub olahraga di tahun 2015

Sumber data dan gambar: Mirror.co.uk, Quartz, FactSet, dan Red Cafe

Komentar