CST Shrewsbury: Klub Sepakbola untuk Tuna Netra

Berita

by redaksi

CST Shrewsbury: Klub Sepakbola untuk Tuna Netra

Community Sports Trust (CST) Shrewsbury, bekerja sama dengan Royal National College, kemarin (7/7), resmi mendirikan sebuah klub untuk tuna netra yang pertama ada di dunia. Klub itu, nantinya, akan berkompetisi di National Blind Football League dan BBS Visually Impaired National Football League.

Ini merupakan tindak lanjut dari pengembangan permainan sepakbola untuk tuna netra yang belakangan ini dilakukan olh Royal National College. Setelah mendirikan klub sepakbola, ke depannya, kampus tersebut, juga akan memberikan pelatihan ataupun kursus untuk seluruh staff dan juga pelatih untuk klub-klub sepakbola tuna netra. Agar klub-klub tersebut dapat bermain di dua liga tersebut.

“Sebelumnya, kami sangat bangga memiliki perguruan tinggi sekelas Royal National College yang mau menerima mahasiswa tuna netra. Dan kali ini, kami kembali dibuat bangga dengan kemitraan ini,” ujar Jamie Edwards, manajer CST.

Rencananya, seluruh pemain dan juga staff CST baru dikenalkan pada 21 Juli mendatang. Setelah pelatih dan juga staffnya menyelesaikan sertifikasi kepelatihan mereka.

Kemitraan ini memang dimaksudkan untuk menimbulkan kesadaran pada masyarakat, bahwasanya sepakbola bisa dimainkan oleh siapa saja. Termasuk mereka yang tuna netra.

“Kemitraan ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran sepakbola untuk tuna netra di Shropshire dan pada akhirnya meningkatkan jumlah pemain bermain sepak bola buta di seluruh negeri,” tambah Jonathan Pugh, Head of Sport Royal National College.

400

Inggris memang sudah memfokuskan diri untuk mengurus berbagai cabang olahraga untuk tuna netra. Mereka juga sudah menyelenggarakan kompetisi beberapa cabang olahraga seperti, tenis, kriket, atletik, ataupun panahan.  FA sendiri, sebagai federasi sepakbola tertinggi tanah Inggris, sebelum mendirikan  National Blind Football League, mereka sudah mengadakan kompetisi futsal untuk penyandang tuna netra.

Ya, semoga saja, menteri olahraga kita yang baru, kelak, juga peduli dengan hal ini. Ya, semoga saja.

[foto: fcbussines.co.uk]

(mul)

Komentar