Gaet Andreas Schlumberger, Langkah Efektif Liverpool Jelang Paruh Kedua?

Analisis

by Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Dapat disenggol lewat twitter @gilangdan

Gaet Andreas Schlumberger, Langkah Efektif Liverpool Jelang Paruh Kedua?

Liverpool mengakhiri tahun 2020 di puncak klasemen Premier League 2020/21, mirip ketika akhir musim lalu. Tetapi, perayaan mereka sedikit terganggu hasil imbang tanpa gol kontra Newcastle. Untuk pertama kalinya di musim ini, The Reds tak mampu mencetak gol dan meraih hasil imbang kedua beruntun. Sebelumnya, Liverpool bermain seri kontra tim promosi, West Bromwich Albion.

Sang juara bertahan gagal menekuk 4 dari 7 tim peringkat terbawah. Durasi total enam jam pertandingan kontra Brighton & Hove Albion, Fulham, West Bromwich Albion, dan Newcastle hanya membuahkan 4 poin dan 6 gol.

Dari 16 pertandingan musim lalu, Liverpool sukses mengumpulkan 46 poin. Sedangkan saat ini, dengan jumlah laga sama, Mohamed Salah dan kolega memiliki 13 poin lebih sedikit dan hanya unggul selisih gol dari rival abadi mereka, Manchester United.

Di samping hasil-hasil kurang memuaskan, tim arahan Juergen Klopp mesti bersiap di separuh akhir musim mendatang. Jadwal padat dan banyaknya pemain cedera bisa menjadi faktor utama kegagalan mempertahankan gelar. Terlebih, kondisi pandemi membuat seorang pemain bisa absen secara mendadak.

Bek tengah adalah area yang masih menjadi masalah utama Juergen Klopp. Virgil van Dijk dan Joe Gomez belum dapat bermain dalam waktu dekat. Fabinho dipaksa menjadi tandem Joel Matip hingga bek asal Kamerun itu menyusul cedera. Mungkin, untuk sementara, gelandang bertahan asal Brasil tersebut menjalankan tugasnya dengan baik, tetapi tetap saja bukan kapasitas utamanya sebagai bek tengah.

Liverpool memiliki dua pilihan: belanja di bursa transfer — yang notabene tidak terlalu bijak di tengah pandemi, atau memulihkan para pemainnya secara cepat.

Link streaming pertandingan Premier League: Southampton vs Liverpool

The Reds memilih pilihan kedua. Mereka menambah amunisi di ruang staf kepelatihan dengan mendatangkan dr. Andreas Schlumberger. Schlumberger akan menjadi kepala pemulihan dan performa bagi The Reds, sebuah jabatan spesialis yang baru dibuat.

Sosok pria Jerman 54 tahun itu sudah tidak asing di mata Juergen Klopp. Keduanya pernah bekerja sama selama 4 musim di Borussia Dortmund (2011-2015). Saat di Dortmund, Schlumberger bertugas sebagai pelatih rehabilitasi fisik. Usai Klopp hengkang dari Signal Iduna Park, Schlumberger hijrah ke Bayern Muenchen selama dua tahun sebelum ke Borussia Moenchengladbach pada 2017 silam.

Tiga tahun lalu, Klopp sebenarnya sudah ngebet mendatangkan Schlumberger. Tetapi, Schlumberger memilih ke Schalke. Krisis Schalke musim ini membuat Klopp lebih mudah menggaetnya ke Anfield.

Nantinya, Schlumberger akan lebih sering berdialog dengan kepala pengondisian dan kebugaran, Andreas Kornmayer, serta departemen rehabilitasi fisik yang dikepalai oleh Jim Moxon dan Lee Nobes. Sebelum ke Liverpool pada 2016 silam, Kornmayer sempat bekerja sama dengan Schlumberger di Bayern Muenchen selama satu tahun.

Tugas utama Schlumberger adalah membantu para pemain yang telah merampungkan rehabilitasi fisik tetapi masih membutuhkan latihan ekstra sebelum benar-benar dapat tampil fit dan melakukan latihan penuh.

“Ini bukan respons dari kondisi cedera para pemain, melainkan lebih ke situasi Schalke yang menguntungkan kami. Lebih ke adanya kesempatan melakukan penambahan staf spesialis di tim ini. Juergen Klopp sudah lama mengaguminya. COVID masih akan terus berlanjut memberikan impak bagi tim di hadapan jadwal padat,” kata seorang narasumber dari pihak klub kepada The Athletic.

“Penunjukkan Andreas akan menjadi bantuan yang sangat hebat. Dia akan memperkuat departemen performa dan rehabilitasi. Dia memiliki sifat yang hebat dan menyatu dengan baik. Dia adalah aset besar kami.”

Schlumberger memang tidak bisa bermain sebagai bek tengah. Tetapi, kemampuannya akan sangat membantu tim dan tentunya diandalkan Klopp lima bulan ke depan. Liverpool masih berpeluang besar mempertahankan gelar. Mereka masih memiliki mentalitas yang sama. Hasil perekrutan Schlumberger baru dapat ditinjau akhir musim mendatang.

Liverpool akan bertandang ke markas Southampton pada Selasa (5/1) pukul 03.00 WIB. Tayangan langsung pertandingan tersebut, semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar