Chelsea vs Tottenham Hotspur: Sama-sama Impresif, Disisipi Gengsi

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Chelsea vs Tottenham Hotspur: Sama-sama Impresif, Disisipi Gengsi

Stadion Stamford Bridge akan menjadi panggung panas yang mempertemukan rumah Chelsea dengan Tottenham Hotspur pada lanjutan pekan 10 Liga Inggris 2020/21, Minggu (29/11/2020) pukul 23.30 WIB. Tak hanya adu strategi, gengsi pertandingan juga bakal mewarnai Derbi London kali ini lantaran kedua tim sama-sama berada dalam performa impresif.

Sempat diragukan di awal musim, perkembangan The Blues maupun Spurs sangat menjanjikan hingga sembilan pertandingan yang telah dilewati. Di tabel klasemen, keduanya hanya dibedakan dua angka dengan produktivitas gol yang nyaris sama.

Menilik rekor head to head lima pertemuan terakhir di ajang Premier League, Chelsea sedikit unggul. Mereka menorehkan tiga kemenangan secara beruntun sedangkan Tottenham meraih hasil maksimal dua kali pada 2018.

Begitu pula jika dipantau dari tujuh laga terkini. Usai dikalahkan Liverpool 0-2, Hakim Ziyech dan kawan-kawan meraup empat kemenangan dan tiga kali imbang. Sementara itu, agresivitas Chelsea juga makin ciamik dengan menorehkan total 118 usaha sepakan dan 48 di antaranya mengarah ke gawang, yang menjadikannya terbaik keempat dari 20 tim.

Link streaming pertandingan Premier League: Chelsea vs Tottenham Hotspur

Jelang laga, sejumlah pemain yang sempat diragukan tampil menunjukkan perkembangan positif dari sisi kebugaran. Thiago Silva, misalnya, diperkirakan turun sejak sepak mula. Proses adaptasi serta pengalaman yang dimilikinya mulai menunjukkan hasil. Ia ikut berkontribusi dalam catatan enam kali nirbobol yang ditorehkan Chelsea.

Di sisi lain, Kai Havertz yang sebelumnya menjalani isolasi mandiri karena terinfeksi COVID-19 telah pulih dan siap apabila dibutuhkan Frank Lampard. Satu yang masih dikhawatirkan untuk bisa terlibat dalam pertandingan yakni gelandang Christian Pulisic.

“Saya belum tahu apakah Christian Pulisic akan bermain sejak menit awal atau tidak. Soal Kai Havertz, dia mendapatkan beberapa menit bermain melawan Rennes di Liga Champions. Dia hanya perlu kembali ke kondisi fisik terbaiknya,” papar Frank Lampard.

Di lain pihak, Pelatih Kepala Tottenham, Jose Mourinho, tidak begitu peduli dengan siapa pun yang akan turun dari kubu tuan rumah. Menurutnya, kedalaman skuad mumpuni yang ditunjang kualitas hampir setara merupakan keunggulan yang dimiliki Chelsea.

“Chelsea punya skuad yang luar biasa. Siapa pun yang akan bermain, entah Reece James, Cesar Azpilicueta, Ben Chilwell, Emerson, Edouard Mendy, atau kiper termahal dunia seperti Kepa tidak akan ada bedanya. Mereka adalah para pemain bagus,” terang Mourinho.

Di lain pihak, Mourinho juga percaya pada skuad Spurs yang ada. Sorotan utama tentu saja tertuju pada duet Harry Kane dan Son Heung-min yang telah menorehkan total 16 gol di Liga Inggris musim ini.

Bahkan, peran Kane lebih jauh dari sekadar pencetak gol. Ia kini mengalami transformasi. Tak hanya ditugaskan untuk membobol gawang lawan, kontribusinya di lapangan terlihat dari sisi lain, entah lewat asis, atau pergerakannya yang kerap memancing bek lawan, seperti yang diperlihatkannya saat melawan Manchester City pekan lalu.

Ancaman Tottenham juga bisa datang dari mana saja. The Lilywhites sejauh ini dapat mengombinasikan tiap lini dengan apik, mulai dari belakang, tengah, hingga lini depan. Hasilnya, mereka menjadi tim dengan tingkat kebobolan paling sedikit (9 gol) sekaligus salah satu tim pendulang gol terbanyak (21 gol).

Apabila menilik rekor pertemuan di Stamford Bridge, Chelsea bisa jadi diunggulkan lantaran Tottenham hanya memperoleh satu kemenangan dari 34 pertandingan di berbagai ajang sejak 1990. Namun, rekor tersebut mungkin saja tak terlalu dihiraukan tim tamu. Yang jelas, Tottenham datang dengan catatan apik, percaya diri, dan gengsi.

Chelsea akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur pada Minggu (30/11) pukul 23:30 WIB. Pertandingan tersebut, juga seluruh pertandingan Premier League 2020/21 serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar