Prediksi La Liga: Siapa Paling Berpeluang Juara?

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi 152546

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Prediksi La Liga: Siapa Paling Berpeluang Juara?

Sambungan dari halaman sebelumnya...

Meski saat ini Real Madrid secara klasemen berada di bawah Barcelona, justru kesebelasan yang akan lebih tertekan di sisa kompetisi musim ini adalah Real Madrid. Apalagi jika melihat rekam jejak Real Madrid dalam memuncaki klasemen musim ini. Barcelona pun sempat tercecer hingga peringkat empat sebelum bangkit dan mampu memepet Real Madrid pada pekan ke-25 dan 26 serta pada pekan ke-35 ini.

Real Madrid mulai merasakan puncak klasemen sejak pekan ketiga hingga keenam. Sempat disalip Atletico Madrid selama dua pekan, Real Madrid kemudian bertahan lama di posisi pucuk dari pekan ke-9 hingga pekan ke-24. Di situlah Barcelona menyalip Real Madrid. Namun kekalahan Barca dari Deportivo La Coruna dengan skor 2-1 pada pekan ke-27 membuat Barca kembali harus memosisikan diri sebagai pihak yang mengejar.

Real Madrid Krisis Bek Tengah

Di saat situasi Real Madrid tengah genting, Real Madrid akan menjalani beberapa laga ke depan dengan skuat pincang. Sang pelatih, Zinedine Zidane, dipastikan akan dibingungkan dengan penentuan skuat utama. Apalagi setelah Sergio Ramos mendapatkan kartu merah pada El Clasico semalam.

Ramos setidaknya akan absen pada laga melawan berikutnya yakni menghadapi Deportivo La Coruna. Akan tetap di saat bersamaan, Real Madrid juga masih harus bermain tanpa dua bek tengah lainnya, yakni Raphael Varane dan Pepe. Keduanya sudah mengalami cedera sejak awal April.

Untuk Varane, diperkirakan bek timnas Prancis ini baru bisa pulih pada awal Mei nanti. Kemungkinan besar ia baru bisa bermain penuh saat menghadapi Atletico Madrid di leg kedua semifinal Liga Champions. Ini artinya, ia masih harus absen untuk laga melawan Deportivo, Valencia dan Atletico pada leg pertama Liga Champions. Menghadapi Granada, kondisi Varane memungkinkan untuk diturunkan, walau Zidane juga perlu berhati-hati agar cederanya tak kembali kambuh seperti pada laga melawan Alaves awal bulan April.

Sementara itu Pepe mendapatkan cedera yang lebih serius. Dua tulang rusuknya patah saat Real Madrid bermain imbang 1-1 menghadapi Atletico. Masih belum bisa ditentukan kapan bek asal Portugal ini bisa kembali merumput. Jika melihat cedera yang sama yang pernah ia alami dua tahun lalu, ia harus menepi lebih dari satu bulan, yang artinya ia tampaknya akan absen di dua laga semifinal Liga Champions.

Sejak keduanya cedera, Real Madrid sendiri mengandalkan duet Nacho Fernandez dan Sergio Ramos. Dengan penampilan Nacho yang sejauh ini tak terlalu istimewa, terlihat dengan Real Madrid yang kebobolan 11 gol dari lima laga terakhir, keberadaan Ramos tentu sangat penting bagi lini pertahanan Real Madrid.


Baca juga:

Real Madrid Boleh Berencana, Messi yang Menentukan

Konflik Ramos-Pique Terus Berlanjut Usai El Clasico

El Clasico, Laga 1,24 Miliar Euro dan Dampaknya untuk Spanyol


Di skuat Real Madrid saat ini, memang tak ada lagi pemain bek tengah yang bisa mengisi kekosongan Pep dan Varane. Saat Ramos mendapatkan kartu merah pun Zidane memilih untuk memasang Mateo Kovacic sebagai bek tengah, yang hasilnya Real Madrid kebobolan di menit akhir. Kemungkinan besar Danilo-lah yang akan dicoba menempati pos bek tengah.

Sementara itu Barcelona masih akan tidak diperkuat oleh Neymar pada satu pertandingan ke depan karena masalah tindakannya pada wasit di pertandingan melawan Malaga. Melawan Espanyol serta Villarreal yang menjadi laga terberat Barca di sisa kompetisi, Neymar sudah bisa kembali diturunkan.

Selain itu, Aleix Vidal dan Rafinha masih akan menepi hingga akhir musim. Karenanya untuk posisi bek kanan, Barcelona perlu menjaga kondisi Sergi Roberto. Luis Enrique sendiri sempat mencoba Javier Mascherano bermain di posisi bek kanan, namun strategi tersebut tak berhasil karena Barca kebobolan dua gol dari area bermain Mascherano di sisi kanan.

***

Dengan situasi di atas, kami prediksi perburuan gelar La Liga akan seru hingga pekan terakhir. Real Madrid memiliki jadwal yang lebih padat, sementara Barcelona meski memiliki jadwal yang relatif lebih ringan, masih memiliki masalah di lini pertahanan, khususnya di sayap kanan.

Kami sendiri memprediksi Real Madrid akan mampu meraih gelar La Liga musim ini. Selain karena masih memiliki satu laga tunda, yang bisa membuat mereka unggul tiga poin, lawan-lawan di La Liga yang masih harus mereka hadapi tampaknya masih akan bisa mereka kalahkan. Karena meski memiliki masalah di lini pertahanan, Real Madrid punya kualitas lini serang yang bisa memberikan teror bagi lawan-lawan sisanya di La Liga.

prediksi klasemen akhir La Liga versi panditfootball.com.

Bagaimana dengan prediksi kalian? Apakah Real Madrid tetap bisa meraih juara atau akan disusul Barcelona di pekan-pekan terakhir La Liga?

foto: twitter @LaLigaEn

Komentar