Mencari Pelapis Sepadan Untuk Manuel Neuer

Analisis

by Billi Pasha

Billi Pasha

Selalu menganggap sepakbola dan musik adalah dua hal paling indah di dunia

Mencari Pelapis Sepadan Untuk Manuel Neuer

Melihat kekalahan Jerman atas Slovakia pada laga uji coba terakhir, ada beberapa aspek yang memang perlu dibenahi oleh Joachim Löw. Terlihat dari eksperimen yang dituangkan nya pada pertandingan tersebut belum begitu padu. Akan tetapi dari beberapa aspek yang perlu diperbaiki, sorotan telah tertuju pada posisi penjaga gawang.

Di laga tersebut penampilan Bernd Leno dan Marc-André ter Stegen bisa dibilang buruk. Nama yang disebut terakhir melakukan blunder yang fatal saat gagal menangkap tendangan datar yang dilesakkan oleh Juraj Kucka sehingga berbuah gol bagi Slovakia.

Memang mereka masih memiliki Manuel Neuer yang kualitasnya tak dapat diragukan lagi. Namun tentu ia tak akan sendirian mengisi slot penjaga gawang, ada dua tempat tersisa yang akan diisi. Siapa yang akan tahu situasi dan kondisi yang akan terjadi di EURO esok, ketika tiba-tiba mereka harus memasang kiper kedua di laga penting. Melihat penampilan kedua kiper cadangan mereka menunjukkan performa yang di bawah ekspektasi, siapakah yang layak menjadi pelapis Neuer?

Jerman sendiri memang dikenal memiliki kiper-kiper yang kuat di dunia. Sebut saja Bodo Illgner, Oliver Kahn, Jens Lehmann, Hans-Jörg Butt serta Timo Hildebrand merupakan beberapa nama kiper top di awal milenium ketiga. Kini mereka kembali dibanjiri oleh banyak kiper yang berbakat, selain ketiga penjaga gawang yang telah disebutkan. Loris Karius, Ralf Fährmann, Ron-Robert Zieler, Kevin Trapp, Felix Wiedwald, Oliver Baumann serta. Christian Mathenia, Timo Horn serta René Adler.

Tentu banyaknya opsi tersebut akan memudahkan Löw untuk memilih sektor penjaga gawang. Namun ia juga harus jeli, meski berbakat mereka juga harus memiliki jam terbang serta mental yang kuat. Selain itu mereka juga harus meminimalisir kesalahan yang dapat berbuah gol.

Berdasarkan waktu bermain, nama Ter Stegen akan disingkirkan, pasalnya ia hanya tampil sebanyak tujuh pertandingan di La Liga dan 10 kali di ajang Liga Champions. Sementara itu Leno dinilai masih layak untuk memperebutkan tempat sebagai pelapis Neuer. Untuk mengerucutkan empat nama akan diambil sebagai perbandingan, yakni Trapp, Karius, Zieler dan Fährmann.

Kevin Trapp

Bisa dikatakan Kevin Trapp merupakan salah satu kiper Jerman yang sukses dalam perantauannya. Bersama PSG ia berhasil mencatat double winners dengan merengkuh Ligue 1 dan Trophée des Champions di musim ini. Ia juga telah berhasil menggeser posisi Salvatore Sirigu yang sebelumnya merupakan kiper utama PSG. Ia juga telah tampil untuk membela PSG di ajang Liga Champions.

Loris Karius

Loris Karius baru saja menandatangani kontraknya bersama Liverpool minggu lalu. Penampilan apiknya di musim ini berhasil membuat Juergen Klopp kepincut untuk meminangnya. Ia sukses membawa Mainz 05 mendapatkan tiket ke Eropa usai finis di urutan keenam di musim lalu. Pemilihan Karius, bisa jadi merupakan kisi-kisi Klopp kepada Loew bahwa Karius merupakan figur yang tepat untuk menduduki posisi sebagai kiper kedua di Jerman.

Ron-Robert Zieler

Hannover 96 bisa dikatakan merupakan tim terburuk di musim ini setelah menduduki posisi paling buncit dan dipastikan terlempar dari Bundesliga. Hal tersebut tak membuat Ron-Robert Zieler redup sebagai penjaga gawang kesebelasan yang bermarkas di HDI-Arena tersebut. Dengan kualitas pertahanan yang buruk ia masih mampu menunjukkan performa apik dan membukukan banyak penyelamatan. Maka tak dapat dipungkiri dengan penampilan impresifnya membuat Leicester City berniat untuk memboyongnya.

Ralf Fährmann

Dari segi usia Ralf Fährmann merupakan yang paling tua dalam keempat daftar kiper di atas. Meski begitu ia tak dapat ditinggalkan begitu saja sebagai salah satu kandidat yang cukup diperhitungkan. Ia merupakan sosok pengganti Neuer ketika hijrah ke Bayern Munchen. Meski bukan hal yang mudah, perlahan ia mampu menunjukan kapasitas nya. Hal itu dibuktikan dengan eksistensi nya yang selalu turut serta dalam seluruh laga yang dilakoni oleh Schalke di Bundesliga.

***

Dengan beberapa pertimbangan di atas, nama Trapp dan Zieler layak untuk dibawa ke Prancis oleh Löw. Trapp mendapatkan nilai plus dengan jumlah kebobolan paling sedikit dan jumlah cleansheet yang telah ia torehkan. Meski begitu ia juga memiliki kelemahan dengan telah empat kali membuat kesalahan yang mengakibatkan gol ke gawangnya sendiri.

Sementara itu walau Zieler menjadi kiper yang paling banyak kebobolan dibanding lainnya, jumlah penyelamatan dan total tangkapan yang ia lakukan juga berbanding lurus, dan menjadi torehan yang paling banyak. Selain itu ia juga berhasil meminimalisir jumlah bola yang masuk ke gawang nya tanpa sekalipun membuat kesalahan yang berujung gol.

Dengan beberapa pertimbangan di atas, nama Trapp dan Zieler layak untuk dibawa ke Prancis oleh Löw. Mereka juga akan menjadi jawaban dari evaluasi kekalahan Jerman atas Slovakia, sekaligus calon pengganti terkuat bagi Neuer di masa depan.

Foto: ndr.de, squawka

Komentar