Preview Persib Bandung vs Semen Padang: Catatan Buruk Terhenti atau Berlanjut?

Analisis

by Randy Prasatya

Randy Prasatya

Everything you can imagine is real.

Preview Persib Bandung vs Semen Padang: Catatan Buruk Terhenti atau Berlanjut?

Pekan pertama Qatar National Bank League akhirnya dimulai per hari ini, 4 April 2015. Dan pada laga perdana, QNB League langsung mempertemukan tuan rumah Persib Bandung, menghadapi tamunya Semen Padang, di Stadion Si Jalak Harupat.

Persib, sang juara Indonesia Super League 2014, tentunya menghadapi tantangan berat pada laga perdana mereka ini. Pasalnya, Semen Padang merupakan salah satu kesebelasan yang sulit mereka kalahkan. Dalam lima pertemuan terakhir, Persib hanya meraih tiga hasil seri dan dua kekalahan.

Semen Padang sendiri musim ini datang dengan status sebagai kesebelasan yang berhasil lolos ke babak delapan besar musim lalu. Tak banyak berubah dengan skuat yang dimilikinya, apakah Persib akan kembali kesulitan menaklukkan Semen Padang kali ini?

Waspadai Sisi Kanan Lini Serang Semen Padang

Menghadapi Semen Padang, Persib dipastikan tanpa bek sayap andalan mereka, Supardi Natsir. Supardi dipastikan absen setelah harus menemani sang istri yang sedang terbaring sakit. Hal ini pula yang menyebabkannya mengundurkan diri dari timnas Indonesia beberapa waktu lalu.

Sebagai gantinya, pelatih Persib, Djajang Nurjaman, telah menyiapkan Dias Angga Putra untuk bermain mengisi pos yang ditinggalkan Supardi. Dias yang musim lalu bermain untuk PBR ini memang dipersiapkan untuk melapisi pos bek kanan Persib di mana musim lalu Supardi begitu tak tergantikan pada pos bek kanan, bermain di setiap pertandingan.

Dias tentunya harus waspada pada laga debutnya di QNB League bersama Persib Bandung. Pasalnya, sisi kanan Persib ini merupakan titik lemah Persib pada pertemuan terakhir Persib melawan Semen Padang. Supardi kala itu sering terlambat turun sehingga membuat legiun asing Semen Padang, Esteban Vizcarra, cukup leluasa untuk mengeksploitasi area ini dan mencetak dua gol.

Namun pada pertemuan terakhir tersebut, Persib saat itu menggunakan formasi 3-5-2, formasi yang jarang dimainkan Persib Bandung. Meskipun begitu, sisi kanan Persib tetap harus waspada dan tak mengulangi kesalahan yang sama apalagi Vizacarra masih akan kembali menjadi momok bagi sisi kanan pertahanan Persib pada laga ini.

Dias sendiri merupakan seorang bek sayap yang seringkali melakukan overlap ke jantung pertahanan lawan layaknya Supardi. Karenanya pada laga ini, Dias harus berhati-hati dan tetap disiplin menjaga areanya agar tak kembali menjadi titik lemah Persib.

Persib nantinya akan berharap penuh pada penyerang asing mereka, Ilija Spasojevic, pada laga ini. Laga ini akan menjadi laga pembuktikan bagi penyerang yang musim lalu bermain untuk Putra Samarinda tersebut. Spaso, diharapkan menjadi solusi dari buruknya penyelasaian akhir yang dialami Persib Bandung pada beberapa pertandingan terakhir.

Namun Semen Padang tak boleh terfokus mematikan pergerakan Spaso semata. Jangan lupakan pula produktivitas Atep yang dalam tiga pertandingan Piala AFC selalu mencetak gol. Pada laga kali ini pun Atep bisa jadi akan menjadi pembeda di sisi kiri lini penyerangan Persib.

Baca juga: Pledoi Untuk Lord Atep

Pada musim ini, Atep memang seringkali masuk ke area penalti ketika arah serangan Persib bermula dari sisi kanan. Atep biasanya akan berada di tiang jauh entah itu untuk memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan ataupun memanfaatkan bola rebound hasil dari percobaan tembakan Persib. Hengky Ardiles ataupun Ricky Ohorella yang menempati pos kanan Semen Padang tentunya wajib waspada akan pergerakannya.

Semen Padang Semakin Membaik di Tangan Nil Maizar

Di tiga pertandingan uji coba terakhir, Nil Maizar selalu menurunkan formasi 4-4-2. Ini merupakan formasi andalan kesebelasan berjuluk Kabau Sirah ini sejak ditukangi Nil Maizar pada tahun 2010-2012. Sejak saat itu, Nil sangat mengandalkan kekuatan di lini tengah, terutama di kedua sisi lapangan.

Ya, lini tengah Semen Padang menjadi hal yang menarik untuk disoroti. Sebab, dari jajaran nama-nama seperti Esteban Vizcarra, Vendry Mofu, dan Yu Hyun Koo telah saling mengenal dan selalu tampil bersama di tangan Nil Maizar. Mofu sendiri baru kembali didatangkan pada musim ini setelah musim lalu bermain untuk Sriwijaya FC.

Sisi kanan Semen Padang kala itu dihuni oleh pemain gaek, Ellie Aiboy. Telah hengkangnya Ellie akan membuat pos sayap kanan menjadi milik Hendra Bayauw. Meskipun ia tidak bermain di tiga uji coba terakhir Semen Padang, dikarenakan harus bergabung dengan kesebelasan U-22 Indonesia di ajang kualifikasi AFC U-23, Bayauw merupakan andalan Semen Padang pada musim lalu.

fPLtFPOQ
Sumber gambar: bioeldi.com

Kekuatan dan kekompakan lini tengah pun diprediksi akan menjadi senjata mematikan untuk menghadapi Persib Bandung. Ditambah kebugaran Vizcarra akan menambah kekuatan Semen Padang di lini tengah.

Sebelumnya, pemain berdarah Argentina ini diragukan tampil dikarenakan mengalami pembengkakan di kaki kirinya. Namun dari kabar tadi malam yang kami terima melalui salah satu rekan dari bioeldi.com, pemain yang menjadi tulang punggung Semen Padang tersebut dipastikan dapat bermain menghadapi Persib Bandung. Ini tentunya menjadi kabar baik bagi skuat Semen Padang karena mantan penggawa Persib, Eka Ramdani, pun siap bermain setelah sempat absen dibeberapa laga uji coba karena mengalami cedera.

Siap tampilnya Vizcarra dan Eka tentu saja akan memudahkan kerja Nil dalam melakukan perubahan-perubahan taktik permainan selama pertandingan berlangsung. Tapi kemungkinan besar formasi 4-4-2 akan kembali diusung oleh Nil sejak menit awal.

Di dalam pola 4-4-2, Nil akan mengandalkan duet Airlangga Sucipto dan Nur Iskandar di lini depan. Meskipun duet ini sempat dianggap kurang subur, duet tersebut sejatinya telah menunjukan kepaduan di tiga laga terakhir Semen Padang. Selama turnamen pra musim di Palembang, Airlangga menunjukan kelasnya sebagai penyerang dengan kemampuannya menempatkan posisi.  Sedangkan Nur Iskandar diprediksi akan bekerja layaknya peran second striker dengan kemampuannya sebagai penjemput bola di lini depan.

Selain lini depan yang mulai membaik, lini belakang Semen Padang juga telah menunjukan perkembangan yang positif sejak hadirnya Goran Gancev. Mantan pemain Persela Lamongan tersebut mampu bermain baik saat berduet dengan Saepuloh Maulana ataupun Seftia Hadi. Dari empat pertandingan terakhir pun kesebelasan Kabau Sirah ini hanya kemasukan dua gol.

PersibvsSPXI
Perikiraan susunan pemain Persib vs Semen Padang pada laga perdana QNB League

***


Tanda-tanda semakin membaiknya permainan Semen Padang ini tentu saja akan menjadi ancaman bagi Persib. Apa lagi Persib belum pernah meraih kemenangan dari Semen Padang di lima pertemuan terakhir mereka. Tapi, apakah ini artinya Persib akan kembali gigit jari pada pertemuan kali ini?

Kehadiran Spasojevic bisa menjadi pembeda pada pertemuan kali ini. Berbeda dengan kondisi pada pertemuan sebelumnya, Persib pada pertemuan kali ini pun lebih siap tempur, satu per satu kelemahan selama pra musim telah ditemukan solusinya. Namun jika Spaso tak bisa diturunkan pada laga ini, di mana kabarnya masih terganjal proses administrasi, Persib diprediksi akan kesulitan meraih poin penuh pada laga ini.

Namun jika penyerang asal Montenegro tersebut bisa diturunkan tanpa persoalan. Persib kemungkinan besar mengakhiri catatan buruk melawan Semen Padang dan mampu meraih tiga poin pertamanya pada QNB League 2015.

Laga ini disiarkan secara langsung oleh RCTI.

Foto: ligaindonesia.co.id

Komentar