Prediksi Pertandingan Real Madrid vs Basel

Analisis

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Prediksi Pertandingan Real Madrid vs Basel

Empat bulan berlalu setelah Real Madrid meraih 'La Decima' di Lisbon. Madrid akan memulai perjalanan panjang mereka untuk mempertahankan gelar Liga Champions melawan Basel di Bernabeu dini hari nanti. Sebelumnya belum ada klub yang mampu mempertahankan gelar Liga Champions sejak tahun 1992, saat format Piala Champions berganti menjadi Liga Champions.

El Real berhasil memenangkan seluruh pertandingan grup pada musim lalu dan memiliki rekor kemenangan 100% melawan klub-klub asal Swiss. Mereka berhasil mencetak 42 gol dan kebobolan dua kali saja pada total 10 pertandingan.

Namun, sang raksasa Spanyol ini bisa dibilang sedang dalam performa yang buruk terutama setelah mereka ditinggalkan Angel Di Maria dan Xabi Alonso. Meskipun berhasil mendatangkan pemain-pemain mahal seperti Toni Kroos dan James Rodriguez, mereka dikalahkan dua kali oleh rival sekota mereka, Atletico de Madrid di Piala Super Spanyol dan pertandingan La Liga akhir pekan yang lalu.

Apapun yang terjadi sebelum ini, Real sekarang harus fokus pada pertandingan Grup B ini ketika juara Liga Swiss datang ke ibu kota Spanyol.

Carlo Ancelotti sudah bisa mengandalkan Cristiano Ronaldo yang mencetak gol di derby Madrid kemarin sambil mempertegas bahwa ia sudah pulih dari masalah cedera lutut.

Namun, ada beberapa masalah cedera dengan absennya Sami Khedira yang mengalami masalah hamstring. Selain Khedira, Dani Carvajal (paha) dan Jese Rodriguez (lutut) juga diragukan untuk tampil.

Di lain pihak, sang pemimpin klasemen sementara di Swiss Super League, Basel, dilatih oleh mantan gelandang Borussia Dortmund dan Juventus, Paulo Sousa. Tetapi senasib dengan Madrid, Basel juga mengalami kekalahan pada pertandingan terakhir mereka di liga. Basel dikalahkan oleh Grasshopper 3-1.

Pada pertandingan nanti, Sousa bisa mengandalkan Walter Samuel sebagai starter. Bek veteran asal Argentina ini pernah menghabiskan satu musim di Real Madrid. Ia berhasil mencetak dua gol dalam 40 pertandingan di musim 2004-05 ketika Real tidak meraih satu trofi pun.

Tetapi sayang, Sousa tidak bisa mengandalkan Marcelo Diaz, karena gelandang Chili ini mendapatkan larangan bermain setelah kartu merah yang ia dapatkan saat pertandingan terakhirnya di Liga Europa musim lalu.

Kami memprediksi bahwa lini tengah Real Madrid masih akan kepusingan dalam menghadapi serangan balik Basel. Ronaldo yang kemungkinan besar masih akan diistirahatkan, bisa masuk pada babak ke dua untuk memecah kebuntuan.

Basel bukan lah tim yang bisa terlalu merepotkan Real Madrid. Kiper Keylor Navas kemungkinan besar juga akan dipasang mengingat performa Iker Casillas yang mengecewakan. Dengan Basel yang juga kesulitan, Real Madrid akan memenangkan pertandingan kandang mereka dengan skor 2-0.

Komentar