Profil Filipina U-23: Mencoba Memberi Perlawanan dan Tidak Menjadi Bulan-Bulanan

Analisis

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Filipina U-23: Mencoba Memberi Perlawanan dan Tidak Menjadi Bulan-Bulanan

Filipina di level kelompok umur dengan senior sangatlah kentara perbedaannya. Jika menengok level senior, FIlipina menempati posisi 135 dunia yang menjadi tim peringkat tiga di Asia Tenggara setelah Vietnam dan Thailand. Posisi itu bisa dipahami jika melihat status kewarganegaraan ganda yang memudahkan Filipina senior mendapatkan pemain.

Namun, di sisi lain, tim berjuluk The Azkals ini cukup kesulitan untuk membina pemain-pemain muda. Kesulitan itu membuat skuad junior FIlipina tidaklah spesial. Seperti cuma mampu meraih satu poin sehingga menempati dasar klasemen Grup A Sea Games 2023. Bahkan para anak asuh Rob Gier itu cuma sanggup mencetak satu gol dan kebobolan delapan kali.

Di Piala AFF U-23, Filipina tergabung di grup C bersama Vietnam dan Laos. Vietnam masih diunggulkan untuk menjadi juara grup meski tidak membawa skuad inti ke turnamen tersebut, sedangkan Laos dan Filipina akan bersaing memperebutkan posisi runner up dan berharap akan menjadi salah satu runner up terbaik agar bisa melaju ke babak semifinal.

Tampaknya skuad SEA Games 2023 masih akan menjadi tulang punggung Filipina. Beberapa pemain yang pernah mendapat panggilan tim senior seperti Gavin Muens, Dennis Chung, dan John Lucero mungkin akan menjadi andalan Filipina untuk memberikan perlawanan dan berusaha tidak menjadi bulan-bulanan.

Skuad Filipina U-23*

Kiper:

Quincy Kammeraad, Enrico Mangaoang

Bek:

Santiago Rublico, Kamil Amirul, Saniel Christensen, Dov Carino, Noah Leddel, Pocholo Bugas, David Setters, John Lucero.

Gelandang:

Dennis Chung, Justin Frias, Yrick Gallantes, Jacob Pena, Gavin Muens, Jaime Sacopon, Lance Ocampo, Harry Nunez.

Penyerang: Andres Aldeguer, Carlo Dorin.

*Perkiraan skuad Filipina yang diambil dari skuad SEA Games 2023. Skuad resmi belum diumumkan.

Ikuti terus perkembangan dan nikmati konten eksklusif dari turnamen sepakbola terbesar di Asia Tenggara di akun resmi sosial media Piala AFF, @affmitsubishielectriccup dan @affu23championshipofficial.

Komentar