Catatan Pekan Keenam Liga 1: Diistirahatkannya Aji Santoso, Kekalahan Kedua Juku Eja, dan Arema yang Nir-kemenangan.

Nasional

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Catatan Pekan Keenam Liga 1: Diistirahatkannya Aji Santoso, Kekalahan Kedua Juku Eja, dan Arema yang Nir-kemenangan.

Pekan keenam mengukir banyak kejadian, mulai dari diistirahatkannya Aji Santoso oleh manajemen Persebaya, hingga Arema FC yang belum bisa meraih kemenangan. Berikut ini adalah rangkumannya.

Kemenangan Perdana Bhayangkara Presisi Indonesia

Setelah hanya meraih satu poin hingga pekan kelima, Bhayangkara akhirnya meraih poin penuh setelah mengalahkan Persita Tangerang dengan skor 1-0 di Indomilk Arena, Kamis (3/8/2023) malam.

Gol kemenangan The Guardian dicetak oleh Matias Mier pada menit 35` setelah menerima umpan daerah dari Dendy Sulistyawan.

Pelatih Bhayangkara Emral Abus mengatakan timnya beruntung bisa menang padahal berstatus sebagai tim tamu, dan ia menegaskan kepada anak asuhnya jangan lupa untuk menang.

"Saya juga selalu katakan jangan lupa untuk menang. Karena lima pertandingan terakhir kami tidak menang," katanya dilansir dari situs resmi LIB.

Kekalahan Kandang Kedua Juku Eja

PSM Makassar tampil kurang menjanjikan. Di pekan keenam, mereka dikalahkan oleh Persik Kediri dengan skor 1-2. PSM sebenarnya unggul terlebih dahulu lewat gol Yuran Fernandes dari titik putih pada menit 27`. Di babak kedua, Macan Putih berhasil berbalik unggul melalui gol yang dicetak Krisna Bayu Otto pada menit 52` dan Jefinho dua menit berselang.

"Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya kepada suporter atas kekalahan ini," kata pelatih PSM Bernardo Tavares pada konferensi pers setelah pertandingan, seperti dikutip dari detik.com.

"Kita berjanji untuk berusaha lebih keras untuk mengubah hal ini ke depannya."

Pelatih asal Portugal itu memang harus segera mengubah keadaan karena ini merupakan kekalahan kedua PSM di Gelora BJ Habibie. Sebelumnya, di pekan kedua, Juku Eja takluk dari Dewa United dengan skor 1-2.

Rekor ini berbanding terbalik dengan musim lalu, di mana Juku Eja hanya menelan tiga kali kekalahan di sepanjang musim, dan tiga kekalahan itu dialami ketika menjalani laga tandang. Sudah tidak angkerkah Gelora BJ Habibie?

Aji Santoso "Diistirahatkan"

Usai takluk di kandang atas Persikabo 1973, Persebaya Surabaya memutuskan untuk mengistirahatkan Aji Santoso. Dalam rilis resminya, Persebaya memang tidak menyatakan berpisah atau mengakhiri kontrak dengan Aji.

"Manajemen menggunakan dua pertandingan ke depan, melawan Bhayangkara FC dan Persita Tangerang untuk menentukan opsi-opsi selanjutnya. Dalam dua pertandingan tersebut, tim akan dipimpin oleh Coach Uston Nawawi," tulis rilis resmi klub.

Di sisi lain, Aji mengatakan lebih baik kontraknya diakhiri daripada ia diistirahatkan.

"Daripada memakai istilah mengistirahatkan, lebih baik sekalian kontrak saya di-terminate saja. Saya rasa itu jauh lebih baik. Saya akan coba bilang ke manajemen," katanya, dalam sebuah wawancara bersama Jawa Pos.

Masuknya Suporter PSS ke Lapangan

Laga antara PSS Sleman vs Persija Jakarta usai. Para pemain tampak berjabat tangan sebagaimana akhir setiap laga pada umumnya. Namun, ada pemandangan yang cukup ganjil. Beberapa suporter berlari ke arah lapangan.

Dari beberapa video yang diambil dari tribun, salah seorang suporter tampak ingin mengejar wasit. Ia kemudian ditahan oleh pemain Persija, Ondrej Kudela, sebelum diamankan oleh salah seorang petugas dan pemain PSS.

Di laga itu, Elang Jawa harus mengakui keunggulan Macan Kemayoran dengan skor 1-3. Gol Persija dicetak oleh Hanif Sjahbandi, Firza Andika, dan Ryo Matsumura, sementara PSS memperkecil ketertinggalan lewat Jonathan Bustos pada menit 72`.

Arema Tidak Pernah Menang

Arema FC jadi satu-satunya tim yang belum pernah meraih kemenangan hingga pekan keenam. Terakhir, Singo Edan dipermalukan Barito Putera dengan skor 0-4. Skor tersebut adalah skor kekalahan tertelak sejauh ini

Komentar