Catatan Pekan Keempat Liga 1 : Aksi Andritany, Dewa Belum Terkalahkan, dan Kepergian Aidil Sharin

Cerita

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Catatan Pekan Keempat Liga 1 : Aksi Andritany, Dewa Belum Terkalahkan, dan Kepergian Aidil Sharin

Derbi Papadaan Milik Si Pesut

Edisi pertama Derbi Papadaan musim ini dihelat di Stadion Segiri, Samarinda (21/7). Tampil sebagai tuan rumah, Borneo FC tampil dengan kekuatan penuh, termasuk Matheus Pato yang sudah dipastikan hengkang. Laga ini juga menjadi laga perpisahan nya dengan Pesut Etam setelah berseragam oranye sejak tahun 2022. Perpisahan tersebut berkesan manis bagi Pato karena ia berhasil membawa Borneo memenangkan Derbi Papadaan dengan skor 2-1. Dua gol dicetak oleh Leo Lelis pada menit ke-7 dan Stefano Lilipaly pada menit ke-57.

Pada laga ini Borneo FC tampil sangat mendominasi, terutama lini tengah. Adam Alis, Siswanto, dan Hirose berhasil mengendalikan permainan dan memaksa Barito bermain tidak dengan ritme permainan nya sendiri. Stefano Lilipaly menjadi pemain paling berbahaya pada laga ini. Meski beroperasi di area sayap, Lilipaly sangat aktif bertukar posisi dengan pemain lain secara teratur. Sebaliknya Laskar Antasari jarang sekali mampu mempertahankan penguasaan bola lebih dari 10 detik. Alhasil tidak banyak peluang yang mereka ciptakan.

Hasil ini menjadi kekalahan pertama Barito Putera musim ini. Tim besutan Rahmad Darmawan tersebut harus rela turun dari puncak klasemen dengan koleksi tujuh poin dari empat laga.

Dewa Belum Terkalahkan

Satu-satunya tim yang belum menelan pahitnya kekalahan adalah Dewa United. Hingga pekan keempat, mereka berhasil mengemas 10 poin dari tiga kemenangan dan satu kali seri. Tidak hanya itu, Dewa juga menjadi tim dengan selisih gol terbaik yaitu lima gol. Pekan berikutnya, tim besutan Jan Olde Riekerink tersebut akan bertandang ke markas Bali United. Laga tersebut akan menjadi ujian berat bagi Tangsel Warrior mengingat Bali United diisi oleh pemain-pemain berkualitas dan berpengalaman.

Penampilan cemerlang di awal musim tidak lepas dari kontribusi pemain-pemain baru, salah satunya Ricky Kambuaya. Mantan pemain Persebaya Surabaya tersebut berperan sebagai motor serangan Dewa United. Kambuaya seperti "terlahirkan kembali" setelah penampilannya meredup bersama Persib Bandung. Jika berkaca pada penampilanya dalam dua hingga tiga pertandingan terakhir, Kambuaya diperkirakan akan menjadi pemain penting Dewa United hingga akhir musim.

Stop That, Andritany!

Sepakbola Indonesia kembali menjadi buah bibir di skena sepakbola internasional. Tentu bukan soal prestasi, tapi atraksi. Kali ini Andritany Ardiansyah yang menjadi aktor utamanya.

Aksi tersebut terjadi pada pertandingan Persita Tangerang melawan Persija Jakarta tepat pada menit ke-48. Berawal dari backpass Kudela, Andritany dihadapkan dengan situasi satu lawan satu dengan pemain Persita Tangerang, Fergonzi. Bola backpass dari Kudela sedikit sulit dikontrol karena tidak sejajar dada. Menghadapi situasi tertekan, Andritany sangat tenang dan berhasil keluar dari situasi tersebut hanya dengan dua sentuhan. Pertama kontrol dada, dilanjutkan dengan teknik umpan backheel di udara yang akurasinya tepat ke arah Kudela.

Aksi ini terekam jelas sehingga cuplikan aksi Andritany dengan mudah tersebar luas. Tidak hanya media-media tanah air yang memberitakan aksi ini, beberapa media sepakbola internasional tidak ketinggalan mengunggah aksi mantan kiper tim nasional Indonesia tersebut.

Pelatih Persikabo Dipecat

Pekan lalu, kebersamaan Luis Milla dan Persib berakhir tepat sehari setelah Maung Bandung melakoni pertandingan ketiga musim 2023/2024. Pekan ini, giliran Aidil Sharin yang resmi berpisah dengan Persikabo 1973. Kabar ini disampaikan langsung melalui media sosial resmi klub.

"Terima kasih sudah memberikan warna dalam perjalanan Persikabo 1973. Terima kasih juga sudah menjadi motivator, ayah, dan juga sahabat baik kami. Sampai jumpa lagi Coach, sehat dan sukses selalu" tulis akon sosial media resmi Persikabo 1973 @officialpersikabo

Keputusan ini cukup mengejutkan mengingat Persikabo 1973 baru saja meraih kemenangan perdana musim ini setelah mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor 3-1. Berkat kemenangan tersebut, Laskar Padjajaran telah mengemas empat poin dari satu kemenangan, dua kali kalah, dan satu hasil seri.

Berdasarkan laporan Bola Sport, Aidil Sharin mengundurkan diri dengan alasan personal. Namun tidak dijelaskan lebih lanjut detail dari alasan personal yang dimaksud.

Tiga Gol Cepat Sekaligus Terlambat Persis Solo

Pekan keempat Liga 1 musim 2023/2024 ditutup dengan laga antara Madura United menjamu Persis Solo di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Minggu (23/7).

Madura United tampil sangat perkasa di hadapan pendukung sendiri. Empat gol yang mereka cetak diperoleh dari berbagai situasi dan berbagai skema. Gol pertama dari Francisco Rivera hadir melalui sepakan kaki kiri yang menaklukan Gianluca Pandeynuwu. Gol kedua yang dicetak Jacob Mahler datang dari situasi bola mati. Dua gol dari Junior Brandao menggenapkan keunggulan empat gol tuan rumah meski salah satu golnya berawal dari kesalahan individu Pandeynuwu.

Hingga waktu normal berakhir, gawang Madura United masih bersih. Tapi, laga seperti hidup kembali ketika tiga gol dari David Gonzalez dan brace dari Fernando Rodriguez memperkecil kedudukan pada tambahan waktu.

Meski demikian, tiga gol cepat dari Laskar Sambernyawa tersebut justru terlalu terlambat sehingga gagal menghindarkan mereka dari kekalahan.

Komentar