Menanti Kombinasi Apik Persik Kediri

Analisis

by redaksi

Menanti Kombinasi Apik Persik Kediri

Persik Kediri jadi salah satu tim yang cukup aktif di bursa transfer untuk memulai musim baru 2023/24. Setelah menutup musim lalu dengan performa yang cukup bagus, kini Persik jadi lebih percaya diri. Meski mengakhiri musim dengan catatan apik - sembilan laga tak terkalahkan, Persik tetap tak memperpanjang kontrak pelatih mereka, Divaldo Alves.

Sebagai gantinya, sebelum aktif memulai pergerakan di bursa transfer, tim berjuluk Macan Putih lebih dulu memperkenalkan pelatih anyar mereka, Marcelo Rospide. Klub terakhir yang ditangani pelatih 52 tahun itu ialah Meizhou Hakka yang bermain di kasta teratas China Super League.

Setelah menunjuk pelatih dan memagari pemain-pemain pentingnya, Persik menambah kekuatan dengan mendatangkan tujuh pemain anyar yakni Ahmad Agung, Supriadi, Eko Saputro, Hary Nasution, Muhammad Ghiffari, serta melengkapi kuota asing Pedro Paulo (Brasil) dan Simen Lyngbo (Filipina).

Pada bursa transfer ini, meski aktif di bursa transfer, Persik tidak membeli pemain lokal dengan label bintang atau Timnas. Coach Marcelo diharap mampu meracik dan memadukan pemain muda dengan pemain senior yang ada. Di awal kedatangannya, Marcelo mengapresiasi kombinasi pemain senior dan junior yang dimiliki Persik.

"Pemain muda bisa belajar dari pemain senior dengan pengalaman, bukan di lapangan saja tapi bagaimana menjadi pesepakbola profesional. Tentunya saya berharap pemain muda bisa lebih baik lagi. Mereka masih banyak peluang untuk berkembang dan lebih baik lagi." kata Marcelo via Antara.

Persik bisa dibilang punya pemain muda dengan kualitas cukup baik di susunan line-up mereka jika melihat beberapa pertandingan terakhir di liga dan uji coba yang mereka lakukan. Di posisi penjaga gawang, Persik tampaknya akan kembali mengandalkan Kurniawan Kartika Ajie, kiper yang sebelumnya pernah bermain di Arema FC.

Sedangkan di posisi bek, bek muda AlHamra Hehanussa akan mendapatkan dampingan dari bek asing Anderson Nascimento yang musim lalu tampil cukup baik. Sejak dipinjam dari Persija Jakarta, Hamra kerap mencuri perhatian tatkala berhasil membantu Persik dalam sembilan laga tak terkalahkan. Ia juga mencetak dua gol masing-masing melawan Persib dan Persija.

Di posisi bek kanan ada pemain asing asal Filipina yang baru didatangkan, Lyongbo. Ia adalah bek kanan andalan Timnas Filipina beberapa tahun terakhir. Sedangkan di posisi bek kiri, ada nama Agil Munawar yang punya determinasi tinggi.

Di lini tengah dua tempat tampaknya sudah pasti milik Rohit Chand dan Renan Silva yang sudah sepaket sejak di Persija. Renan tampil cukup baik musim lalu dengan torehan delapan gol dan sembilan assist dari 34 penampilannya. Sedangkan Rohit, adalah gelandang bertahan yang akan memfilter serangan lawan sebelum masuk ke lini pertahanan Harimau Putih.

Satu nama akan jadi rebutan gelandang lokal macam Bayu Otto, Fitra Ridwan, sampai Rendy Juliansyah mungkin akan bergantian mendapatkan tempat di skuad utama atau masuk dari bangku cadangan. Persik juga punya gelandang potensial baru dalam diri Ahmad Agung.

Kemudian di posisi penyerang sayap atau winger yang jadi kekuatan utama Persik musim lalu karena diisi sayap-sayap muda yang cepat, gesit, dan punya kemampuan 1 vs 1 yang sangat baik. Riyatno Abiyoso jadi andalan di sayap kanan dan Miftahul Hamdi di sisi kiri.

Selain itu ada nama Yusuf Meilana yang dua musim terakhir sudah menjadi perhatian tim-tim lain dengan kemampuannya. Yusuf juga bisa dimainkan di posisi full back kanan atau kiri. Persik juga mendatangkan Muhammad Supriadi dari Persebaya. Setelah cedera, Supriadi tak kunjung menemukan performa terbaiknya, alhasil ia kalah saing dengan pemain-pemain baru Bajul Ijo.

Di posisi penyerang, Persik punya dua nama yang bisa jadi andalan, Flavio Silva dan striker anyar mereka Paulo Pedro. Flavio sudah membuktikan kemampuannya lewat tujuh gol yang dicetaknya musim lalu. Sedangkan Pedro mungkin bisa jadi rekan duet Flavio atau jadi penggantinya di formasi 4-3-3.

***

Sangat menarik menantikan kombinasi pemain muda-senior yang dimiliki Persik. Mungkin pemain muda mereka tidak semuanya masuk ke susunan 11 pertama selain nama beken seperti Abiyoso dan Yusuf, namun para pemain muda mereka tampak siap meledak musim ini. Ditambah legiun asing dan pemain berpengalaman yang mereka miliki, Persik seharusnya tidak berjuang di zona degradasi musim ini.

Komentar