Lawan Colo-Colo, Jorge Wilstermann Bawa Misi Akhiri Kutukan Chile

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Lawan Colo-Colo, Jorge Wilstermann Bawa Misi Akhiri Kutukan Chile

Fase grup Copa Libertadores 2020 bakal memasuki pertandingan pemungkas. Di Grup C, Athletico Paranaense dipastikan lolos ke 16 besar sementara tiga tim lainnya, yakni Penarol, Colo-Colo, dan Jorge Wilstermann memiliki peluang sama besar dan akan saling sikut guna mengamankan satu tiket tersisa.

Duel Colo-Colo vs Jorge Wilstermann yang digelar di Stadion David Arellano pada Rabu (21/10/2020) pukul 07.30 WIB bakal sangat menentukan. Di tabel klasemen Grup C Copa Libertadores 2020, Jorge Wilstermann berada di posisi dua dengan koleksi 7 poin. Hasil seri sudah cukup bagi Carlos Melgar dan kawan-kawan untuk lolos ke fase gugur, dengan catatan laga Penarol vs Athletico Paranaense berakhir imbang atau dimenangkan tim tamu.

Penarol dan Colo-Colo saat ini sama-sama memiliki enam poin. Penarol setingkat di atas Colo Colo berkat keunggulan selisih gol, 0 berbanding -5. Wakil Uruguay dan Chile ini mutlak butuh kemenangan untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Link streaming Colo-Colo vs Jorge Wilstermann

Prediksi Colo-Colo vs Jorge Wilstermann

Jika menilik klasemen Grup C, Jorge Wilstermann memiliki peluang lebih besar. Namun, anak asuh Christian Leonel Diaz dihadapkan pada rekor buruk ketika melawat ke Chile. Dari tiga lawatan ke Chile, Jorge Wilstermann selalu menderita kekalahan.

Jorge Wilstermann pertama melawat ke Chile pada 1 April 1975 kala bersua Union Espanola. Wakil Bolivia tersebut mesti mengakui keunggulan Union Espanola dengan skor 4-1. Tiga hari berselang, Jorge Wilstermann berjumpa Huachipato. Lagi, mereka kandas dengan skor telak (4-0).

Selanjutnya, 26 tahun berselang, tepatnya pada 3 Mei 2001, Jorge Wilstermann juga belum bisa melepaskan kutukan tandang ke Chile. Kala itu, melawan Deportes Concepcion, Jorge Wilstermann takluk 3-0.

Rekor buruk tersebut tentu bakal coba diputus oleh Patricio Rodriguez dan kawan-kawan. Tuan rumah pun harus waspada. Pasalnya, Jorge Wilstermann merupakan tim dengan jumlah gol terbanyak di Grup C. Klub Bolivia ini mencetak tujuh gol dengan lima pemain berbeda.

Di lain pihak, Colo-Colo meraup dua kemenangan dan tiga kekalahan dalam lima pertandingan Grup C Copa Libertadores musim ini. Pada pertemuan pertama melawan Jorge Wilstermann, Colo-Colo kandas 2-0. Saat itu, gol tuan rumah dicetak Ricardo Pedriel dan gol bunuh diri Brayan Cortes.

Meski demikian, peluang Colo-Colo untuk menang juga cukup besar. Pasalnya, kala bermain di kandang sendiri, performa mereka cukup perkasa. Athletico Paranaense dan Penarol menjadi korban keangkeran Stadion David Arellano. Andai mampu tampil trengginas di kandang, Colo-Colo tinggal berharap Athletico Paranense bisa menahan imbang atau mengalahkan Penarol.

Performa buruk di Primera Division Chile justru bisa jadi pelecut semangat. Saat ini, Colo-Colo bercokol di urutan 17, setingkat di atas juru kunci dan baru menang dua kali dari 14 pertandingan.

Salah satu faktor yang mesti diperbaiki oleh skuad arahan Gustavo Quinteros adalah soal produktivitas gol. Di kompetisi domestik, mereka hanya menorehkan 17 gol, cukup rendah dibanding klub lain. Begitu pula di Copa Libertadores musim ini; Javier Parraguez dan kolega hanya memasukkan tiga gol dari lima laga.

Melihat catatan tersebut, tiga tim Grup C memiliki peluang yang sama untuk menemani Athletico Paranaense. Meski demikian, Jorge Wilstermann tetap berada dalam daftar teratas untuk lolos. Berbeda dengan dua tim lainnya, Gilbert Alvares dan kawan-kawan tak perlu memikirkan hasil pertandingan lain, kuncinya berada pada penampilan mereka sendiri.

Tayangan langsung semua pertandingan Copa Libertadores serta highlights pertandingannya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar