Sadio Mane Gemilang, Thiago Brilian di Chelsea vs Liverpool

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Sadio Mane Gemilang, Thiago Brilian di Chelsea vs Liverpool

Pertandingan Chelsea vs Liverpool pada pekan kedua Premier League 2020/21 yang dihelat di Stadion Stamford Bridge berakhir dengan skor 0-2. The Reds menang berkat brace yang dicetak Sadio Mane.

Turun dengan formasi 4-3-3, Jurgen Klopp memasang Fabinho untuk berduet dengan Virgil van Dijk di lini pertahanan. Di lain pihak, tuan rumah juga mengusung skema serupa. Trio lini serang The Blues ditempati oleh Timo Werner yang disokong Mason Mount dan Kai Havertz.

Tim tamu tampil dominan sepanjang 45 menit babak pertama. The Reds menciptakan tujuh peluang berbanding satu milik Chelsea.

Statistik mencatat bahwa Liverpool mengancam dari tiap lini. Tujuh peluang yang didapat berasal dari lima pemain berbeda yakni Roberto Firmino, Mohamed Salah, Georginio Wijnaldum, Andrew Robertson, dan Trent Alexander-Arnold.

Sebaliknya, Chelsea justru kesulitan mengembangkan permainan. Timo Werner tidak mendapatkan pasokan bola yang baik dari pemain lainnya. Ia seolah bermain nyaris sendirian di lini depan. Satu-satunya peluang Chelsea di paruh pertama didapat lewat eks striker RB Leipzig tersebut.

Highlight pertandingan Chelsea vs Liverpool

Efek Kartu Merah Andreas Christensen

Kartu Andreas Christensen di penghujung paruh pertama membuat Jurgen Klopp bereaksi di awal babak kedua. Pergantian dilakukan, Jordan Henderson ditarik keluar untuk memberikan debut pada Thiago Alcantara.

Pergantian ini berefek pada distribusi bola Liverpool. Gol pertama hadir pada menit 50, disusul gol kedua empat menit kemudian. Di sisi lain, Chelsea sesekali membahayakan pertahanan tim tamu lewat serangan balik. Jorginho nyaris memperkecil keunggulan andai tendangan penaltinya tidak diblok Alisson.

Perubahan yang dilakukan Klopp dengan menurunkan Thiago Alcantara merupakan salah satu kunci kemenangan The Reds. Opta mencatat, Thiago melakukan 70 operan sukses dalam 45 menit bermain. Catatan itu lebih baik dari seluruh pemain Chelsea yang bermain 90 menit.

Secara permainan, kerja sama Liverpool juga lebih baik. Mereka unggul hampir di setiap aspek, mulai dari tendangan ke arah gawang, penguasaan bola, hingga operan sukses. Sementara itu, The Blues hanya unggul dari sisi dribel dan tekel. Hal ini menunjukkan jika Chelsea belum padu sebagai sebuah tim.

Usai laga, Mane menilai timnya memang layak meraih tiga poin. Kehadiran Thiago pun dianggap pemain asal Senegal itu memberikan efek positif.

“Tidak hanya saya, seluruh dunia tahu apa yang mampu dia [Thiago] lakukan. Dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Jadi, kami beruntung memilikinya di tim kami. Saya pikir hari ini dia menunjukkan bahwa dia adalah pemain hebat,” puji Mane.

Susunan Pemain Chelsea vs Liverpool

Chelsea: Kepa Arizzabalaga; Reece James, Andreas Christensen, Kurt Zouma, Marcos Alonso; N’Golo Kante, Jorginho (Rose Barkley), Mateo Kovacic (Tammy Abraham); Mason Mount, Kai Havertz (Fikayo Tomori), Timo Werner.

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Fabinho, Virgil van Dijk, Robertson; Naby Keita (James Milner), Jordan Henderson (Thiago), Georginio Wijnaldum, Mohamed Salah, Roberto Firmino (Takumi Minamino), Sadio Mane.

Highlight pertadingan Chelsea vs Liverpool dan pertandingan-pertandingan Premier League lainnya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar