Hasil Arsenal vs West Ham: Bukayo Saka Selamatkan The Gunners

Analisis

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Hasil Arsenal vs West Ham: Bukayo Saka Selamatkan The Gunners

Laga Arsenal vs West Ham United dalam lanjutan Premier League 2020/21 berkesudahan 2-1 untuk kemenangan tuan rumah. Dua gol dari Alexandre Lacazette dan Eddie Nketiah memastikan tiga poin bagi skuad besutan Mikel Arteta.

Berlaga di Stadion Emirates, Arsenal justru kesulitan meladeni permainan The Hammers. Trio bek Rob Holding, Gabriel Magalhaes, dan Sead Kolasinac harus bekerja keras menahan tekanan tim tamu.

Skuad asuhan David Moyes lebih sering mengancam gawang Bernd Leno selama 90 menit. Total West Ham membuat 14 tembakan, lebih banyak dari Dani Ceballos dan kawan-kawan yang melepaskan tujuh tembakan sepanjang pertandingan.

Highlight pertandingan Arsenal vs West Ham United

Meskipun demikian, penampilan kendur Arsenal diselamatkan oleh efektivitas konversi peluang dan kejeniusan seorang Bukayo Saka. Gelandang berusia 19 tahun itu merupakan otak di balik dua gol The Gunners.

Dalam laga ini, Arteta memasangnya sebagai wing back kiri. Saka mampu bermain optimal dengan peran tersebut. Ia seringkali melakukan pergerakan cerdas dari sisi lapangan. Saka juga dua kali menorehkan dribble sukses.

Pada gol pertama Arsenal, pemain bernomor punggung tujuh itu bergerak dari sayap dan menyadari posisi Pierre-Emerick Aubameyang. Ia pun meyodorkan bola ke jalur lari Aubameyang di sudut dalam kotak penalti. Penyerang asal Gabon itu kemudian mengirim umpan silang yang berujung gol kedua Lacazette musim ini.

Gol kemenangan The Gunners pun terjadi berkat skema serupa. Saka kembali menunjukkan kejeniusannya dalam menyadari opsi umpan terbaik. Menusuk dari sayap kiri, Saka mengecoh para pemain West Ham dengan mengirim umpan terobosan ke Dani Ceballos. Gelandang berkebangsaan Spanyol itu kemudian menyodorkan bola yang tinggal diselesaikan dengan mudah oleh Eddie Nketiah.

Penampilan Saka di Derbi London ini tentu menyenangkan Arteta. Manajer berusia 38 tahun tersebut punya opsi wing back kreatif yang dapat memecah kebuntuan lini serang The Gunners. Saka dapat menjadi pilihan Arteta jika ingin lebih prolifik dalam hal kreasi serangan.

Saka pun terus menunjukkan perkembangan di Arsenal. Di Premier League 2019/20, Saka sudah tampil menjanjikan. Musim lalu, saat berusia 18 tahun, ia lebih sering diturunkan sebagai winger atau fullback. .

Saka membuat rerata 2,31 aksi berujung tembakan per pertandingan di ajang Liga Inggris musim lalu. Ia juga membuat 31 dribel sukses di Premier League 2019/2020, hanya kalah dari Nicolas Pepe di skuad Arsenal.

Pemain kelahiran London Barat ini pun akan menjadi penantang serius bagi Ainsley Maitland-Niles untuk menempati pos wing back kiri. Dalam kontribusi serangan, Saka memang unggul. Namun, untuk kontribusi pertahanan, Maitland-Niles lebih baik dibanding Saka. Maitland-Niles membuat 29 blok, 17 intersep, dan 41 tekel di liga musim lalu. Jumlah ini lebih baik dari Saka yang memainkan enam pertandingan lebih banyak.

Di sisi lain, Arsenal harus memperbaiki performa, terutama di lini tengah. Saat Derbi London, lini tengah The Gunners kesulitan memotong alur serangan West Ham. Ketika terjadi gol penyeimbang, para pemain Arsenal mengizinkan Jarrod Bowen bebas membawa bola dan telat mengantisipasi umpan Ryan Fredericks.

Skuad asuhan Arteta akan menghadapi lawan berat di Premier League pekan depan. The Gunners dijadwalkan bertandang ke Anfield, menghadapi Liverpool yang berniat membalas kekalahan di Community Shield lalu.

Susunan Pemain Arsenal vs West Ham

Arsenal (3-4-3): Bernd Leno; Rob Holding, Gabriel Magalhaes, Sead Kolasinac; Hector Bellerin, Dani Ceballos, Granit Xhaka, Bukayo Saka (David Luiz ’89); Willian (Nicolas Pepe ’64), Alexandre Lacazette (Eddie Nketiah ’77), Pierre-Emerick Aubameyang.

West Ham (5-4-1): Lukasz Fabianski; Ryan Fredericks, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell, Arthur Masuaku (Felipe Anderson ’90); Jarrod Bowen (Andriy Yarmolenko ’83), Tomas Soucek, Declan Rice, Pablo Fornals (Sebastian Haller ’88); Michail Antonio.

Saksikan highlights pertandingan Arsenal vs West Ham United serta pertandingan-pertandingan Premier League lainnya di Mola TV (klik di sini).

Komentar