Pemain Paling Berbahaya Leicester City: James Maddison

Analisis

by redaksi

Pemain Paling Berbahaya Leicester City: James Maddison

Leicester City saat ini menempati peringkat tiga klasemen sementara Liga Primer Inggris 2019/20. Ya, peringkat tiga, di bawah Liverpool dan Manchester City. Dengan Liverpool terpaut empat poin, dua poin dengan Manchester City.

Dalam empat laga, The Foxes meraih dua kemenangan dan dua kali imbang. Dua laga yang berakhir imbang terjadi kala bertemu kesebelasan yang menempati posisi tiga dan tujuh musim lalu, yakni Chelsea dan Wolverhampton Wanderers (Wolves). Kemenangan diraih melawan Newcastle United dan Bournemouth.

Saksikan cuplikan pertandingan Liga Primer Inggris pada link berikut ini.

Manchester United, yang akan menjadi lawan Leicester pada pekan kelima (Sabtu, 14/09), bisa jadi akan menjadi korban Leicester berikutnya. United yang gemilang selama pra-musim dengan meraih kemenangan demi kemenangan mulai menurun. United saat ini tertahan di peringkat delapan. Setelah mengalahkan Chelsea di laga perdana, Si Setan Merah belum lagi meraih kemenangan.

Leicester, sementara itu, justru meraih dua kemenangan dalam dua laga terakhir. Itu artinya ketika permainan United tengah menurun, permainan Leicester justru tengah menanjak.

Kunci kekuatan Leicester sejauh ini adalah kekokohan lini pertahanan mereka. Saat ini skuat asuhan Brendan Rodgers tersebut tercatat "baru" mendapatkan 37 tembakan dari lawan. Jumlah itu, yang juga dicatatkan Chelsea, merupakan tersedikit ketiga di Liga Primer Inggris. Hanya Manchester City dan Everton yang lebih sedikit.

Dari empat laga, Leicester baru kebobolan tiga kali. Man City dan Liverpool juga baru kebobolan tiga kali. Walau memang Crystal Palace-lah yang paling sedikit kebobolan di Liga Primer Inggris sejauh ini karena baru bergetar dua kali.

Manchester United, sementara itu, sudah mencatatkan tujuh gol dari empat laga. Empat gol itu datang dari 63 percobaan tembakan. Leicester patut waspada karena United punya lini serang yang cukup berbahaya. Jumlah tembakan mereka terbanyak kelima dan jumlah gol mereka (7) hanya kalah dari Liverpool dan Man City.

Tapi lini serang United sempat menumpul kala Anthony Martial mengalami cedera. Hasil imbang melawan Southampton pada pekan keempat tak lepas dari absennya penyerang asal Perancis tersebut. Padahal Martial sukses menyumbang dua gol dan satu asis dari tiga laga yang dijalaninya.

Leicester City sebenarnya tidak lebih tajam dari United karena mereka baru mencetak enam gol. Tapi tetap saja mereka punya pemain-pemain seperti Jamie Vardy, Youri Tielemans, dan James Maddison. Nama terakhir menjadi pemain yang paling patut diwaspadai.

Meski Vardy sudah mencetak tiga gol, namun Maddison adalah pemain Leicester yang paling sibuk mengancam gawang lawan. Vardy mencetak tiga gol dari total enam tembakan, satu di antaranya berasal dari asis Maddison. Nyatanya jumlah tembakan Vardy kalah dari Maddison, di mana gelandang Tim Nasional Inggris itu total mencatatkan 13 tembakan dari empat laga (terbanyak ke-7 di Liga Primer Inggris). Enam di antaranya ia lepaskan di kotak penalti.

Maddison juga jadi pemain Leicester yang paling sering menciptakan umpan kunci (key passes). Total 9 umpan kunci atau 2,3 kali per laga, dicatatkan pemain berusia 22 tahun ini. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak ke-10 di Liga Primer Inggris. Sudah dua asis yang ditorehkan pemain berposisi winger kiri ini.

Tapi selain Maddison dan Vardy, Leicester juga akan mengandalkan kemampuan gelandang asal Belgia, Youri Tielemans. Satu gol dan satu asis sudah dipersembahkan eks pemain Anderlecht tersebut. Ia jadi pemain Leicester yang rajin melepaskan tembakan setelah Maddison dengan 11 tembakan.

Belum lagi masih ada Ayoze Perez yang sejak pindah dari Newcastle ke Leicester diprediksi akan membuat lini serang Leicester semakin tajam. Namun Perez masih belum menyumbang gol maupun asis dari tiga kali berlaga.

Yang jelas laga melawan Manchester United akan menjadi momentum bagi Leicester untuk membuktikan kualitas mereka. Setelah Wolves dan Chelsea, jika Leicester mampu mengalahkan atau setidaknya menahan imbang Man United di Old Trafford, maka posisi tiga mereka saat ini memang diraih bukan karena kebetulan. Boleh jadi mereka akan berada di pos enam pada akhir musim nanti, setelah musim lalu menempati peringkat kesembilan.

Pertandingan antara Manchester United vs Leicester City ini bisa disaksikan secara Live di TVRI atau juga bisa disaksikan secara gratis melalui Streaming Web dan Apps Mola TV.

Manchester United vs Leicester City (Link Free Streaming)

Komentar