LigaFantasia 2019/20 Siap Bergulir, Ini Panduannya

PanditSharing

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

LigaFantasia 2019/20 Siap Bergulir, Ini Panduannya

Permainan sepakbola fantasi Liga Italia, LigaFantasia memasuki musim keempat dan siap dimainkan oleh kalian para penggemar sepakbola, khususnya pecinta Liga Italia Serie A. Fans diajak untuk berpikir dan menerapkan strategi membentuk tim untuk meraup poin sebanyak-banyaknya.

Musim 2019/20 kali ini, LigaFantasia menambahkan fitur opsi ganti pemain. Fitur ini memberi kesempatan kepada para manajer untuk memilih salah satu opsi dari dua pilihan, yaitu Ganti Otomatis dan Ganti Manual.

LigaFantasia dimainkan di satu platform saja, yakni di situs LigaFantasia.id dan Anda bisa menemukan Launcher-nya di Google Playstore dengan nama Liga Fantasia ID. Anda bisa langsung mendaftarkan diri di halaman Home.

Setelah itu, Anda melakukan Login dengan mengklik menu di bagian paling kanan pada halaman Home. Masukan nomor ponsel login dan password yang Anda sudah daftarkan.

Beli Pemain

Anda memperoleh bujet sebesar 100 juta euro untuk membeli 15 pemain. Tentu, ini uang khayalan semata. Ya, wajib 15 pemain yang terdiri dari 2 kiper, 5 bek, 5 gelandang dan 3 penyerang.

Di sinilah Anda melakukan strategi dalam membeli pemain. Apakah semua 15 pemain akan dipakai untuk mendapatkan poin, atau cukup fokus ke 11 pemain. Sebab, hanya 11 pemain yang bisa memberi poin kepada tim bentukanmu di setiap giornata.

Kok bisa semua 15 pemain akan mendapatkan poin? Iya bisa saja, tapi kembali ke aturan main cuma 11 pemain. Soalnya, Anda bisa mengganti pemain starter yang nilainya rendah dengan pemain cadangan. Ini namanya opsi Ganti Manual di tengah giornata.

Kalau sedari awal, Anda tidak mau ganti pemain di tengah giornata, Anda bisa menggunakan opsi Ganti Otomatis sehingga cukup fokus dengan 11 pemain andalan yang dimiliki dan ‘pasrah’ pemain cadangan tak punya harapan memberi poin.

Yang perlu dicermati adalah posisi pemain. Di barisan bek ada 5 pemain yang harus dibeli. Posisi tengah pada barisan bek, tak harus seorang bek tengah. Jadi, bisa saja manajer membeli 5 bek sayap sekaligus. Atau sebaliknya, 5 bek tengah sekaligus. Itu tergantung strategi.

Begitupun di barisan gelandang, manajer boleh beli kombinasi gelandang bertahan, gelandang serang dan gelandang sayap, atau semuanya gelandang sayap. Tergantung strategi manajer.

Skoring Pemain dan Gol Spesial

Para pemain di LigaFantasia akan memperoleh poin atau skor sesuai penampilan mereka di liga aslinya. Mulai dari aksi gol, assist, tidak kebobolan, penyelamatan penalti sampai gol spesial.

Apa itu gol spesial? Musim lalu, gol spesial adalah gol yang memberi seorang pemain bonus +2 karena sukses mencetak gol tendangan bebas langsung. Musim ini, ada dua bonus tambahan bagi pemain yang menorehkan gol pada momen tertentu.

Setiap pencetak gol terakhir yang menentukan kemenangan dari skor semula imbang, dapat tambahan poin +3. Contoh, kedudukan semula 1-1, pemain X mencetak gol dan skor menjadi 2-1, kemudian skor itu bertahan sampai akhir, maka pemain X memperoleh bonus +3

Setiap pencetak gol terakhir yang menyamakan kedudukan, dapat tambahan poin +1. Misalkan, skor semula 2-1, pemain Y mencetak gol dan skor menjadi 2-2, lalu skor itu bertahan sampai akhir, maka pemain Y memperoleh bonus +1

Apabila skor semula 1-0, dan pemain Z mencetak gol sehingga skor menjadi 2-0 dan itu bertahan sampai akhir pertandingan, maka tidak ada bonus. Begitupun dalam keadaan skor 3-1, dan pemain W membuat gol yang memperkecil kedudukan jadi 3-2, dan itu bertahan sampai akhir, maka tak ada bonus.

Cara Mengganti Pemain

Untuk mengganti pemain, seperti disebutkan di atas, ada dua pilihan. Bagi yang memakai opsi Ganti Manual, maka manajer berhak mengganti pemain di saat giornata lagi berlangsung. Caranya, mengklik pemain starter yang mau diganti, lalu pilih pemain yang mau dimasukkan ke tim inti. Pemain cadangan yang masuk ke inti boleh beda posisi.

Setiap pemain yang diganti di tengah giornata, maka poin pemain tersebut menjadi hangus dan yang diakumulasi di akhir giornata adalah pemain pengganti atau pemain cadangan yang masuk ke tim inti. Jangan sampai Anda mengganti pemain starter yang poinnya lumayan bagus dengan pemain cadangan, kan sayang poin besarnya jadi nol.

Jadi, tipsnya adalah pastikan manajer memasang pemain yang timnya main lebih dulu sesuai jadwal kompetisi. Manajer tidak bisa mengganti pemain starter dengan pemain cadangan yang timnya sudah main di kompetisi aslinya.

Hadiah

LigaFantasia 2019/20 akan menyediakan hadiah bagi tim-tim yang memperoleh poin paling banyak di setiap periode tertentu. Untuk saat ini, informasi hadiah belum ada dan nantinya akan diungkapkan dalam waktu dekat.

Musim lalu, LigaFantasia membagikan hadiah jersey bagi tim peringkat pertama di klasemen akhir paruh musim pertama (pekan ke-1 sampai ke-19) dan paruh musim kedua (pekan ke-20 sampai ke-38), serta di klasemen akhir satu musim.

Yuk langsung saja daftarkan diri Anda di website LigaFantasia.id dan ajak kawan-kawanmu gabung. Ada fitur liga privat juga lho, jadi kamu bisa berkompetisi khusus bagi teman-teman sendiri, atau lainnya.

Komentar