Legenda West Ham Optimis Boys of '16 Jungkalkan Man Utd

Berita

by redaksi

Legenda West Ham Optimis Boys of '16 Jungkalkan Man Utd

Sementara Manchester United memiliki Class of '92, West Ham United memiliki Boys of '86. Salah satu bintangnya saat itu adalah Frank McAvennie yang, di tengah masa pensiun yang sedang ia nikmati saat ini, masih saja sempat membicarakan bekas klubnya. McAvennie optimis Boys of '16, generasi terbaru West Ham yang akan bertanding melawan Manchester United di perempat final Piala FA 2015/16 hari Minggu (13/3) ini, akan keluar sebagai pemenang.

Boys of '16 diingat hingga saat in, selain karena keberhasilan mengakhiri liga musim 1985/86 di peringkat ketiga, juga karena kemenangan tandang melawan Manchester United pada putaran kelima Piala FA musim tersebut, 15 Februari 1986.

Dua pekan sebelumnya, West Ham dan Manchester United bertanding di Upton Park. Manchester United unggul lebih dulu namun gol McAvennie membuat pertandingan berakhir imbang 1-1. Dalam pertandingan replay di Old Trafford, McAvennie dkk. berhasil menumbangkan Manchester United dengan kedudukan 2-0. Gol-gol West Ham kala itu dicetak oleh sundulan Geoff Pike dan tendangan penalti Ray Stewart.

McAvennie bersama Tony Cottee saat itu menjadi duet maut di sepakbola Inggris era 80-an
McAvennie bersama Tony Cottee saat itu menjadi duet maut di sepakbola Inggris era 80-an

Meskipun tidak meraih gelar, Boys of '16 tetap dikenang sebagai salah satu generasi terbaik West Ham United karena mampu membuat 84 poin di liga yang membuat West Ham kala itu berada di tempat ketiga di klasemen. Di Piala FA, perjalanan mereka baru terhenti pada putaran keenam setelah dikandaskan Sheffield Wednesday 2-1 di stadion Hillsborough.

Setelah era tersebut, kurang lebih selama 30 tahun The Hammers tidak mampu berbicara banyak. Hanya enam kali mengakhiri musim di posisi top half dan empat kali degradasi. Raihan paling mencolok adalah final piala FA 2006 namun kali itu mereka kalah dari Liverpool.

Tapi kali ini, West Ham di bawah arahan Slaven Bilic menjelma menjadi salah satu kekuatan alternatif Liga Premier Inggris. Tak hanya di liga, ajang Piala FA siap mereka tatap lebih jauh, seandainya mampu mengalahkan Manchester United.

McAvennie yang semasa bermain terkenal dengan gaya rambut mullet ini, tentunya menjagokan West Ham pada laga Piala FA nanti. “Saya lebih suka (mendukung) West Ham. Man United (era) ini adalah kesalahan. Mereka perlu menyingkirkan Louis van Gaal. Saya yakin ini akan terjadi, dan Jose Mourinho akan datang. Saya percaya ia akan muncul untuk mendobrak,” ujarnya kepada Mailsport.

Ia melihat optimisme yang besar walaupun West Ham saat ini mengalami masalah di lini pertahanan akibat banyak pemain inti yang menagalami cedera. McAvennie sendiri yakin kubu tuan rumah sedang mengalami masalah yang buruk.

"Oke kita memiliki beberapa masalah di belakang tapi Slav (Bilic) telah menunjukkan dia lebih dari mampu mengatasi situasi ini dan saya benar-benar berpikir United adalah sampah dan kita akan mendapatkan kemenangan," ungkapnya kepada ClaretandHugh.

Begitu optimis McAvennie terhadap kualitas Boys of '16 hingga ia berandai-andai bisa bermain dengan mereka. “Dimitri Payet dan Diafra Sakho, saya ingin sekali bermain dengan mereka. Mereka pemain yang bagus,” pungkasnya.

Foto: skysport, twitter

[tr]

(pik)

Komentar