Sepak Mula Pertama Scottish Football League

On This Day

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Sepak Mula Pertama Scottish Football League

Pada 16 Agustus 1890, peluit kick-off Scottish Football League (Liga Sepakbola Skotlandia) dibunyikan pertama kali. Momen tersebut menandakan dimulainya musim pertama dari liga tertua kedua di dunia setelah English Football League yang terpaut dua tahun lebih tua.

Kemunculan Scottish Football League ini terbilang lambat meski Federasi Sepakbola Skotlandia (Scottish Football Association) sudah lama berdiri sejak 1873. Sebelum munculnya Liga Sepakbola Skotlandia ini, klub-klub yang bernaung di bawah SFA acap kali mengadakan laga-laga yang bersifat tidak resmi dan tidak reguler di antara mereka.

Memasuki 1890-an, daya tarik sepakbola di Skotlandia semakin meningkat, seiring dengan membludaknya klub-klub sepakbola yang bertanding. Sebanyak 11 kesebelasan Skotlandia pun berinisiatif mengadakan kompetisi dengan format liga yang dikenal sebagai Scottish Football League.

Ke-11 kesebelasan yang menginisiasi kemunculan dari Scottish Football League ini adalah Abercorn, Cambuslang, Celtic, Cowlairs, Dumbarton, Heart of Midhlotian, Rangers, Renton, St. Mirren, Third Lanark, dan Vale of Leven. Salah satu tim tertua di Skotlandia, Queen`s Park, juga diundang dalam pembentukan liga ini. Namun, mereka menolak untuk hadir.

Ketika tanggal pembukaan Scottish Football League yang pertama (16 Agustus 1890), empat pertandingan diadakan: Rangers mengalahkan Hearts 2-0, Celtic kalah 1-4 dari Renton, Cambuslang membantai Vale of Leven 8-2, dan Dumbarton bermain imbang dengan Cowlairs 1-1.

Pada musim pertama ini, Renton sempat dikeluarkan dari liga karena ketahuan memakai jasa pemain profesional, namun mereka kembali lagi ke liga pada musim selanjutnya. Hukuman pengurangan empat poin juga diberlakukan kepada Celtic, Cowlairs, dan Thrid of Lanark, karena menggunakan jasa pemain profesional juga, meski hanya beberapa.

Dalam musim pertama Scottish Football League ini, Rangers dan Dumbarton menjadi juara bersama setelah mereka meraih poin yang sama di akhir kompetisi, juga meraih hasil imbang kala bertanding dalam babak play-off penentuan juara. Pada 1998, klub-klub papan atas SFL memutuskan untuk membentuk liga lain, yaitu Scottish Premier League dan memisahkan diri dari SFL.

Setelah berjalan selama 15 tahun, pada 2013 SPL dan SFL melakukan penyatuan liga dan dibentuklah liga yang baru, yaitu Scottish Professional Football League, dengan Scottish Premiership sebagai divisi tertingginya.

foto: america.pink

Komentar