Komentar Mino Raiola yang Bisa Menyulut Emosi Pendukung AC Milan dan Barcelona

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng !

Komentar Mino Raiola yang Bisa Menyulut Emosi Pendukung AC Milan dan Barcelona

Komentar agen pemain bernama Mino Raiola sempat membuat geram para pendukung Barcelona pada akhir Agustus lalu. Komentarnya menyarankan agar Lionel Messi meninggalkan Barcelona untuk meningkatkan kualitasnya.

Anggapan itu karena Messi sudah berusia 30 tahun dan belum pernah meninggalkan Barcelona sejak 2001. Apalagi tersiar kabar bahwa terjadi pertentangan antara Josep Maria Bartomeu selaku Presiden Barcelona dengan wakilnya, Jordi Mestre, mengenai perpanjangan kontrak Messi. Sejak itulah terkuak bahwa Messi belum menandatangani perpanjangan kontrak yang memunculkan spekulasi kepindahannya ke Manchester City dengan klausul pembelian 300 jura euro.

"Seorang pemain seperti Messi harus mencoba pengalaman lain dengan klub yang berbeda dan membuktikan betapa hebatnya dia. Pasar seperti yang kita tahu sudah tidak ada lagi. Sekarang negara-negara yang mendatangkan pemain. Dan itu bukanlah sepakbola. Tapi transfer 200 juta euro akan menjadi normal mulai sekarang. Tidak akan tergila-gila lagi melihatnya," ujar Raiola seperti dikutip dari ESPN FC.

Pada dasarnya ia memang bukanlah agen Messi, melainkan menaungi pemain-pemain mahal lainnya seperti Blaise Matuidi, Henrikh Mkhitaryan, Marco Veratti, Paul Pogba, Romelu Lukaku, Zlatan Ibrahimovic dan lainnya. Baru-baru ini Raiola mendapatkan bakat baru dari La Masia, Akademi Sepakbola Barcelona, bernama Xavi Simons. Baru-baru ini juga Raiola mengeluarkan sesuatu tuntutan kepada para pendukung AC Milan.

Tuntutannya itu karena Gianluigi Donnarumma pernah dihujani uang palsu ketika kliennya itu sedang memperkuat Tim Nasional Italia U-21 dalam ajang Piala Eropa setelah menolak perpanjangan kontrak baru Milan. Tapi pada akhirnya Donnarumma menandatangani kontrak barunya senilai 108 ribu euro per pekan pada Juli lalu. Kontrak kiper 18 tahun itu akan berakhir di Milan pada Juni 2021. Selain itu, Milan juga harus mendatangkan kakaknya, Antonio Donnarumma, di dalam kesepakatan perpanjangan kontrak tersebut.

"Kami memuaskan keinginan Donnarumma untuk bertahan. Saya sedang menunggu permintaan maaf dari pendukung dan jurnalis. Soal moral orang lain itu mudah, kami tidak pernah menuntut ban kapten, kami pun menawarkannya. Kami berada di satu-satunya negara di mana para pendukung mengira mereka membantu klub, di luar negeri, Anda tidak pernah mendapatkan spanduk perlawanan pendukungnya dan klubnya. Kita perlu menyingkirkan budaya ketakutan kepada pendukung seperti ini," kata Raiola seperti dikutip dari Squawka.

Mendapatkan kesepakatan baru Donnarumma adalah salah satu bisnis terbaik Milan pada bursa transfer musim panas lalu. Ia adalah kiper muda terbaik di dunia sepakbola saat ini. Apalagi Donnarumma membuat awal yang baik bersama Milan di awal musim ini. Ia cuma kebobolan dua gol dari enam pertandingan profesional yang mencakupi Serie-A dan Kualifikasi Liga Eropa 2017/2018. Rata-rata penyelamatan gawangnya adalah dua kali di dalam satu pertandingan.

Sumber lain: 101 Great Goal

Komentar