Setelah Salah, Giliran Aubameyang yang Dibidik Liverpool

Berita

by Septian Nugraha 34486

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Setelah Salah, Giliran Aubameyang yang Dibidik Liverpool

Liverpool dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan AS Roma terkait transfer Mohamed Salah. Dilaporkan salah satu media kenamaan Mesir, KingFut, AS Roma mau melepas Salah dengan harga 39 juta paun.

Dalam laporannya itu KingFut menyebutkan bahwa Salah akan segera terbang ke Inggris untuk menjalani tes medis di Liverpool pada Selasa (20/6). Bahkan kabarnya tiket pesawat untuk Salah menuju Inggris sudah di pesan, dan sang pemain hanya tinggal mengemas barang-barangnya dari Roma dan berangkat menuju Liverpool.

Niat The Reds untuk mendatangkan pemain asal Mesir itu memang tidak main-main, mereka sudah melakukan pembicaraan dengan Roma sejak awal Juni lalu. Mereka juga sudah melayangkan penawaran sebesar 28 juta paun untuk Salah pada saat itu. Sayang, Roma menolak mentah-mentah tawaran tersebut karena mereka menilai nominal yang dilayangkan terlalu kecil.

Sebenarnya melepas Salah menjadi pilihan terbaik bagi Roma yang harus melepas salah satu pemain bintangnya untuk memenuhi peraturan Financial Fair Play. Meski begitu, Roma tidak mau begitu saja melepas pemain andalannya itu. Tim Serigala ibu kota itu bersikeras bahwa pemain sayap itu bisa pergi bila ada klub yang bisa menebus Salah dengan harga 40 juta paun.

Saat tawaran pertama gagal, Liverpool terus berusaha agar Salah bisa mereka rekrut pada jendela transfer musim panas ini. Selain dengan pihak Roma, mereka juga terus melobi Ramy Abbas untuk membantu memuluskan proses transfer tersebut. Bahkan dalam beberapa hari ini Abbas dikabarkan berada di London untuk memuluskan proses transfer tersebut.

Satu hal yang membuat Liverpool bersikeras mendatangkan pemain berusia 25 tahun itu karena mereka butuh ke dalaman skuat di setiap lini karena musim depan Liverpool akan menjalani musim yang super padat karena harus tampil di Liga Primer beserta turnamen pendukungnya, dan babak kualifikasi Liga Champions.

Selain itu Liverpool juga butuh sosok winger yang memiliki kemampuan setara dengan Sadio Mane. Sosok Salah dianggap tepat oleh Juergen Klopp sebagai manajer Liverpool. Salah diproyeksikan menjadi pelapis Mane, andai sang pemain tidak bisa bermain karena berbagai alasan.

Namun bila semua penggawa fit, Klopp juga memiliki opsi untuk memainkan Salah dan Mane secara bersamaan, dengan memindahkan Philippe Coutinho yang biasa beroperasi di sektor sayap kiri ke pos gelandang serang.

Dianggap Terlalu Mahal Oleh Sang Legenda

Meski Salah merupakan pembelian yang diprediksi produktif, namun Legenda Liverpool Steve Nicol menilai bahwa mantan klubnya itu terlalu boros. Penggawa The Reds era 1980-an itu memprediksi kalau Salah akan lebih banyak duduk di bangku cadangan. Ia menilai, peran Coutinho dan Mane di sektor sayap Liverpool sangat penting dan sulit tergantikan.

“Itu memang uang yang banyak. Uang yang banyak bagi Liverpool untuk membeli pemain, yang, jika semua fit, saya kira takkan turun sebagai starter. Anda memainkan Coutinho di kiri, Mane di kanan. Saya kira Salah tak bisa main di tengah dan itu artinya dia takkan turun sebagai starter,”

Nicol mengerti bahwa Liverpool memang membutuhkan pemain baru untuk memperkuat tim di tengah jadwal padat bermain di kompetisi Eropa dan domestik. Hal tersebut memang membuat mereka berusaha mendatangkan pemain berkualitas, namun usaha mendapatkan Mohamed Salah dengan 40 juta pounds bukan jawaban untuk memperkuat tim pada musim depan.

“Jika ditilik dari sisi skuat, Liverpool memang akan bermain di Liga Champions, namun untuk 40 juta pounds? Saya rasa tidak,” tegasnya.

Semua boleh menilai dan berpendapat, namun soal kebutuhan tim yang paling tahu jelas hanya Juergen Klopp sebagai pelatih Liverpool.

Aubameyang Juga Merapat?

Terlepas dari itu semua, pergerakan Liverpool di bursa transfer musim panas ini tampaknya tidak akan berhenti pada sosok Salah. Sebab, dikabarkan oleh Le Parisiens bahwa penyerang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang tertarik juga merapat ke Anfield. Sosok Juergen Klopp dipercaya menjadi magnet yang membuat pemain Internasional Gabon itu sangat berminat bergabung bersama Liverpool pada bursa transfer musim panas ini.

Dalam beberapa waktu terakhir, Aubameyang memang sudah menyatakan keinginannya untuk pergi dari Borussia Dortmund pada musim depan. Beberapa kesebelasan berminat untuk mendatangkannya, yang salah satunya adalah Liverpool.

Kubu Dortmund juga tidak masalah kalau Aubameyang mau pergi dari Westfalenstadion.Namun tetap harus ada harga yang harus dibayarkan karena Aubameyang memiliki kontrak jangka panjang bersama Dortmund. "Kami tidak dalam tekanan apa pun untuk menjual Aubameyang.

"Dia punya kontrak yang panjang, jadi jika ada penawaran maka kami tidak akan menjual dengan harga murah," kata Direktur Dortmund, Hans-Joachim Watzke beberapa waktu lalu.

Wajar kalau Aubameyang di banderol mahal oleh Dortmund, karena selain kontrak jangka panjang, ia juga merupakan andalan Dortmund dalam upaya menjebol gawang lawan. Total, pemain berusia 28 tahun itu mencetak 120 gol dari 189 penampilan. Liverpool pasti sangat paham dengan hal tersebut, Le Parisiens mengabarkan bahwa The Reds bersedia menyiapkan dana hingga 61 juta paun untuk mendapatkan Aubameyang.

Foto: goal.com

Komentar