Nasib Son Bersama Tottenham Ditentukan di Indonesia

Berita

by Redaksi 24 31178

Redaksi 24

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Nasib Son Bersama Tottenham Ditentukan di Indonesia

Son Heung-Min adalah pemain penting di lini depan Tottenham Hotspur. Di musim 2017/18, Son tampil dalam 44 pertandingan di semua ajang, mencetak 18 gol dan sembilan asis. Torehan tersebut menjadikan Son sebagai pemain terproduktif kedua Tottenham setelah Harry Kane (35 gol dari 39 pertandingan di semua ajang).

Son, yang berposisi alami sebagai winger kerap menjadi poros serangan Tottenham dari sisi lapangan. Maklum, pemain asal Korea Selatan itu punya kemampuan dribel yang bagus. Dilansir dari Whoscored, per pertandingan Son mampu mencatatkan 1,8 dribel sukses. Terhitung sebagai yang tertinggi bila dibandingkan dengan pemain depan Tottenham lainnya.

Selain itu, Son juga mampu melepaskan 2,1 tembakan per pertandingan. Jumlah tersebut menempatkannya di posisi tiga pemain Tottenham dengan rataan tembakan terbanyak di setiap laga. Son hanya kalah dari Kane (5,6) dan Christian Eriksen (2,7).

Performa impresif Son membuat Tottenham berniat memperpanjang kontraknya. Sejatinya, kontrak Son bersama The Lilywhites berakhir pada Juni 2020. Dilansir dari Sky Sports, Tottenham saat ini tengah menjalin pembicaraan dengan Son mengenai perpanjangan kontrak tersebut.

Son antusias menyambut rencana perpanjangan kontraknya bersama Tottenham. Son mengaku sangat menikmati bermain untuk tim asuhan Mauricio Pochetino itu. Baginya, rencana perpanjangan kontrak yang akan diberikan Tottenham merupakan buah dari hasil kerja kerasnya.

"Saya membuktikan banyak hal saat bermain untuk Tottenham dalam dua setengah tahun terakhir ini. Saya sangat menikmati dan bahagia. inilah yang saya inginkan. Saya bermain di Tottenham hampir tiga tahun. Saya membuktikan banyak hal dan saya menikmatinya dari hari ke hari," katanya.

Meski begitu, Son dan Tottenham saat ini berada dalam posisi sulit. Son terancam meninggalkan Tottenham selama dua tahun karena harus mengikuti wajib militer.

Sejak 1957, Pemerintah Korea Selatan mewajibkan pemuda berusia 18 sampai 35 tahun di sana ikut wajib militer selama dua tahun. Tidak ada yang bisa mengelak dari kewajiban tersebut, karena ancaman tiga tahun penjara membayangi mereka yang mangkir dari wajib militer.

Son saat ini berusia 25 tahun. Dalam waktu dekat ia harus pulang ke Korea Selatan untuk menjalani wajib militer. Tidak ada alasan bagi Son mengelak, karena dispensasi tidak mengikuti wajib militer hanya diberikan kepada mereka yang mengalami kecacatan fisik dan keterbelakangan mental.

Tapi Pemerintah Korea Selatan bersedia memberikan dispensasi khusus kepada Son, agar terhindar dari wajib militer. Dengan catatan, ia mampu membawa timnas Korea Selatan meraih medali emas di Asian Games 2018. Tidak hanya Son, Atlet Korea Selatan mana saja yang meraih medali emas di ajang tersebut pun akan diberi dispensasi tak ikut wajib militer, sebagai penghargaan karena berjasa besar kepada negara.

Dalam bidang sepakbola, dispensasi khusus tak ikut wajib militer pernah diberikan Pemerintah Korea Selatan di tahun 2002 lalu. Saat itu, Korea Selatan yang menjadi tuan rumah Piala Dunia bersama Jepang, bersedia memberi dispensasi kepada pemain timnas Korea Selatan tidak ikut wajib militer. Namun dengan syarat, Korea Selatan minimal bisa menembus babak 16 besar.

Seakan tersengat dengan dispensasi tersebut, Korea Selatan tampil impresif di Piala Dunia 2002. Mereka tidak hanya menembus babak 16 besar, namun mengakhiri turnamen di posisi empat. Melalui kesuksesan tersebut, Pemerintah Korea Selatan membebaskan para pemain Korea Selatan dari wajib militer.

Beberapa pemain merasakan dampak dispensasi tersebut, salah satunya Park Ji-Sung. Dispensasi tak ikut wajib militer membuat karier Park Ji Sung bersinar di Eropa. Setahun setelah Piala Dunia 2002, Park Ji Sung merumput di PSV Eindhoven. Dua tahun kemudian, ia pindah ke Manchester United dan menjadi sosok sentral di lini tengah Setan Merah dari 2005 sampai 2012. Setelah itu ia hijrah ke Queens Park Rangers (QPR) dan mengakhiri karier di PSV pada 2014 lalu.

Son berpeluang mengikuti jejak Park Ji Sung, dengan catatan berprestasi di Asian games 2018. Pesta olahraga itu akan berlangsung di Indonesia dari Agustus hingga September 2018. Merunut waktu penyelenggaraannya, Tottenham tetap akan kehilangan Son di pekan-pekan awal kompetisi musim depan. Tapi, itu adalah pilihan paling realistis yang bisa diterima Tottenham, daripada mereka harus kehilangan Son selama dua tahun karena sang pemain ikut wajib militer.

Walau begitu, Tottenham pun tidak bisa langsung tenang. Sebab, bila Korea Selatan gagal meraih medali emas di Asian Games, bukan tidak mungkin mereka tetap kehilangan Son yang ikut wajib militer.

Komentar