Maine Road yang Diruntuhkan, Maine Road yang Menjadi Kenangan

Backpass

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Maine Road yang Diruntuhkan, Maine Road yang Menjadi Kenangan

Pada 13 Juli 2003, Manchester City memutuskan melelang semua perlengkapan stadion lama mereka, Maine Road. City melakukannya karena mereka berencana merobohkan stadion yang sempat menjadi kebangaan mereka tersebut.

Maine Road didirikan pada 1923. Kapasitasnya mencapai 84 ribu orang. Namun stadion ini pernah menampung lebih banyak dari itu, tepatnya 84.569 orang. Pertandingan saat itu? Laga babak keenam Piala FA, melawan Stoke City, pada 3 Maret 1934.

Maine Road juga pernah menorehkan rekor penonton terbanyak di ajang Football League. Ketika itu, 17 Januari 1948, Manchester United menjamu Arsenal di Maine Road. Jumlah penonton dalam laga yang berkesudahan 1-1 tersebut mencapai 83.260 orang.

Kala itu United menggunakan Maine Road sebagai kandang karena Old Trafford sedang dalam masa perbaikan setelah menderita kerusakan akibat Perang Dunia II. Old Trafford rusak dalam sebuah kejadian Perang Dunia II yang disebut dengan Manchester Blitz.

Maine Road pernah mengalami penurunan kapasitas yang cukup signifikan, menjadi 35.150. Itu terjadi pada 1994, saat stadion ini direnovasi dan seluruh tribunnya menggunakan kursi duduk.

foto Noel Gallagher di tengah panggung di Maine Road, 1996. (foto: Wikipedia)

Selain untuk pertandingan sepakbola, stadion ini juga pernah digunakan menggelar konser musik. Salah satu konser akbar yang pernah diadakan di sini adalah konser "pulang kampung" Oasis pada 1996.

Kisah Manchester City di Maine Road akhirnya selesai menjelang akhir musim 2002/03. Saat itu manajemen City yang awalnya berniat merenovasi dan memperluas Maine Road akhirnya mengurungkan niatnya dan memilih membangun stadion baru bernama City of Manchester Stadium (sekarang bernama Etihad Stadium). Hal ini akhirnya mendorong pihak City untuk merobohkan Maine Road.

Namun sebelum merobohkan stadion lama mereka, pihak City lebih dulu melelang semua kelengkapan stadion: gawang, kursi tribun, pintu masuk, dan perlengkapan ruang ganti. Bahkan tanah lapangannya pun mereka lelang dengan harga 10 paun per meter persegi.

Akhirnya, semua bagian dari Maine Road itu pun berhasil dilelang dan City mencatatkan pendapatan sebesar 400 ribu paun dari hasil pelelangan tersebut. Uang hasil lelang tersebut digunakan oleh pihak City untuk kegiatan amal.

Stadion ini sendiri resmi dirubuhkan pada 2004, bersamaan dengan segala kenangan Manchester City di dalamnya. Sampai sekarang, City masih berkandang di City of Manchester Stadium (Etihad), dan lokasi bekas Maine Road ini menjadi lokasi kantor perumahan.

Komentar