Mencari Pengganti Sergio Agüero di FPL

Fantasy Premier League

by lvan Hadyan

lvan Hadyan

Menyukai otak-atik susunan formasi sepakbola dan mengkhayalkan pergerakan keseluruhan pemain di dalamnya. Penggiat Fantasy Premier League dan statistik.

Mencari Pengganti Sergio Agüero di FPL

Jumat, 2 September lalu, FA melayangkan hukuman larangan bertanding kepada Sergio Agüero sebanyak tiga pertandingan. Hukuman tersebut tidak hanya menyulitkan bagi Manchester City dalam persiapan menghadapi derby Manchester pada akhir pekan ini (10 September), tetapi juga untuk para manajer FPL yang memilikinya.

Agüero telah mengemas 24 poin dari tiga pertandingan, berkat tiga gol yang dicetak dan enam bonus poin yang didapatnya, menjadikan dia sebagai pemain dengan poin terbanyak kedua sejauh ini, di bawah Eden Hazard (Chelsea) dengan satu poin lebih banyak. Tidak heran, 1.943.851 manajer FPL (jumlah pemilik Agüero sampai pekan ketiga) rela memilikinya meski menjadi pemain termahal.

Lantas, karena Agüero harus absen, para manajer FPL perlu mempertimbangkan untuk menyiapkan daya gedor alternatif di sektor penyerang – setidaknya, sampai dua Gameweek (pekan pertandingan) ke depan, karena satu dari pertandingan yang harus dia lewatkan adalah melawan Swansea di ajang Piala EFL (Piala Liga Inggris).

Menyaring 74 penyerang terdaftar di FPL, berikut beberapa nama yang dapat dipertimbangkan sebagai pengganti Agüero:

Zlatan Ibrahimovic (Manchester United) - £11.8
Pertandingan tiga pekan ke depan: Man City (K), Watford (T), Leicester (K)

Sebenarnya, sudah banyak manajer yang memiliki kombinasi Ibrahimovic dan Agüero. Namun, jika ternyata Anda belum memiliki Ibrahimovic, mendapatkan penyerang termahal kedua di FPL ini tentu menjadi hal yang mudah tanpa harus men-downgrade pemain lain terlebih dahulu.

Menjadi pendatang baru di Liga Primer Inggris musim ini dengan usianya yang sudah menua, Ibrahimovic menjadi pesaing serius bagi Agüero sejauh ini, dengan mengemas jumlah poin yang sama (24). Ibrahimovic tidak mencetak gol saat melawan Hull pada Gameweek 3, namun sulit rasanya meragukan kualitas pemain asal Swedia ini, dapat mencetak gol dengan sundulan maupun tembakan, juga bertugas sebagai penendang penalti utama, dan sesekali mengambil tendangan bebas langsung. Jika dilihat dari statistik, Ibrahimovic telah melepaskan 12 tembakan, atau merupakan angka terbanyak kedua di antara para penyerang.

Sebagai alternatif dari alternatif yang satu ini, Wayne Rooney (£9.0) juga bisa dipertimbangkan. Meski lebih bermain ke dalam sebagai gelandang serang, Rooney telah mengemas 16 poin dan menjadi salah satu dari sedikit pemain yang selalu memberikan poin fantasi selama tiga pekan berturut-turut. Enam tembakan tepat yang telah dibuatnya adalah angka terbanyak yang dibuat oleh penyerang sampai pekan ketiga.

Diego Costa (Chelsea) - £9.7
Pertandingan tiga pekan ke depan: Swansea (T), Liverpool (K), Arsenal (T)

Sejak Chelsea melakukan pergantian manajer pada musim lalu, Costa seperti terlahir kembali dan mencetak 13 gol. Kedatangan pemain sekelas Batshuayi pada musim ini juga tidak melengserkan posisi Costa sebagai pemain utama, dan diprediksi tetap akan menjadi pilihan utama Chelsea. Jika berbicara mengenai angka, Costa adalah pemain yang berhasil melepaskan tembakan akurat sebanyak lima kali (kedua terbaik). Selain itu, Costa juga merupakan pemain yang konsisten memberikan poin fantasi dalam tiga pekan berturut-turut pada musim ini.

Meski demikian, memilih pemain ini juga memiliki risiko karena sifatnya yang suka meledak-ledak kepada pemain lawan atau memprotes wasit di lapangan – sesuatu yang bisa terjerat aturan di Liga Primer Inggris musim ini. Costa mendapat dua kartu kuning dalam dua pertandingan pertama Chelsea, dan sebenarnya, dua kali pula dia nyaris diusir dari lapangan karena dua insiden berbeda.

Jika Anda cukup yakin bahwa Costa dapat menjaga emosinya selama, paling tidak, dua pekan ke depan, mungkin pilihan ini cocok untuk Anda.

Salomón Rondón (West Bromwich Albion) - £6.5
Pertandingan tiga pekan ke depan: Bournemouth (T), West Ham (K), Stoke (T)

West Brom dikenal sebagai tim yang memiliki pertahanan kuat dan jarang mencetak gol. Hal itu terlihat dari dua gol yang baru dicetak mereka musim ini. Meski pada pertandingan terakhir mereka hanya bermain imbang 0-0 saat melawan Middlesbrough, sebenarnya, penyerangan mereka mulai terlihat menjanjikan. Kedatangan Brendan Galloway di posisi bek kiri dan keputusan Tony Pulis menaruh pemain berusia 18 tahun, Sam Field, di lini tengah berhasil membawa perubahan.

Perubahan ini akan semakin didukung dengan kedatangan pemain-pemain lini serang yang berkualitas di tenggat waktu transfer seperti Nacer Chadli dan Hal Robson-Kanu. Dengan disokong pemain-pemain tersebut, Rondón memiliki peluang yang cukup baik untuk mencetak gol dalam tiga pertandingan ke depan, melihat tiga lawan yang akan dihadapi West Brom juga masih tampak belum padu di lini pertahanan. Catatan impresif Rondón sebagai pemain yang mencatatkan 11 tembakan di kotak penalti (kedua terbanyak di antara para penyerang) dapat menarik perhatian para manajer FPL untuk membelinya.

Harry Kane (Tottenham) - £10.9
Pertandingan tiga pekan ke depan: Stoke (T), Sunderland (K), Middlesbrough (T)

Kane adalah salah satu penyerang di FPL yang saat ini menjadi sorotan karena belum juga mencetak gol. Jika melihat performa tim, Tottenham juga tidak segarang musim lalu. Dari sini, terlihat bahwa Tottenham masih kehilangan Mousa Dembélé – yang terkena hukuman larangan bertanding sejak musim lalu. Pembelian Victor Wanyama untuk mengisi posisi tersebut belum membantu banyak bagi Tottenham. Ditambah dengan performa Christian Eriksen yang saat ini sedang menurun, tim asuhan Mauricio Pochettino ini belum memiliki kedalaman skuat yang cukup.

Menjawab kondisi tim, Tottenham mendaratkan Moussa Sissoko dan Georges-Kévin N’Koudou. Diiringi dengan jadwal tim yang relatif ringan selama tiga pekan ke depan, diharapkan Tottenham (dan Kane) dapat menemukan kembali performa terbaiknya. Puncak harapan tersebut akan terlihat saat melawan Sunderland, karena Dembélé sudah bisa kembali bermain.

Nama-Nama Lainnya

Jika Anda belum puas dengan pilihan yang kami berikan di atas. Masih ada nama-nama lain yang dapat dipertimbangkan. Pilihan pemain di bawah ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan tim, baik dari sisi jadwal atau harga.

Melihat jadwal yang dimiliki sampai tiga pekan ke depan, Christian Benteke (Crystal Palace, £7.4) memiliki prospek yang baik. Meski begitu, hal yang mengurangi prospek dari pilihan ini adalah performa Crystal Palace itu sendiri. Mereka hanya memenangkan dua pertandingan Liga Primer Inggris sejak Januari dan baru berhasil mencetak satu gol pada musim ini, itu pun dibuat oleh bek mereka, Scott Dann. Selain itu, kedatangan Loïc Rémy (£6.4) juga membuat susunan pemain Crystal Palace di lini depan masih abu-abu.

Nama kedua yang diuntungkan dari sisi jadwal adalah Romelu Lukaku (Everton, £9.0). Menghadapi Sunderland, Middlesbrough, Bournemouth, dan Crystal Palace dalam empat pekan ke depan bisa menjadi prospek cerah bagi para manajer yang ingin mendaratkan pemain ini. Tapi para manajer perlu berhati-hati karena Lukaku terang-terangan menyatakan bahwa dia belum fit 100%, dalam wawancaranya pada tanggal 4 September lalu kepada SkySports.

Ada dua tim lain yang diuntungkan dari segi jadwal, yaitu Arsenal dan West Ham. Hanya saja, memilih pemain berposisi penyerang dari dua klub ini masih terlihat sulit karena belum jelasnya siapa pemain yang akan diturunkan, atau berpotensi terkena rotasi. Dari Arsenal, memilih Olivier Giroud (£9.0) belum tentu adalah pilihan yang aman karena bisa saja Arsene Wenger langsung menurunkan Lucas Pérez (£8.5), bahkan belum tentu keduanya dimainkan jika Wenger kembali memasang Alexis Sánchez untuk memimpin lini depan. Sedangkan dari West Ham, belum jelas apakah Simone Zaza (£7.0), Jonathan Calleri (£7.0), atau Ashley Fletcher (£5.0) yang akan dimainkan sejak menit pertama.

Jika Anda tipe manajer yang tidak terlalu memerhatikan jadwal dan lebih melihat performa, nama Jermain Defoe (Sunderland, £7.1) bisa menjadi pilihan yang menarik. Defoe telah mencetak dua gol, menghadapi Man City dan Southampton. Di usianya yang sudah 33 tahun, Defoe masih terus menunjukkan ketajamannya. Sebagai catatan, ciri khas yang cukup unik dari performa Defoe adalah ketajamannya dalam pertandingan tandang. Musim lalu dia mencetak 4 gol di pertandingan kandang dan 11 di pertandingan tandang. Musim ini pun, dua gol yang dicetaknya terjadi saat Sunderland bertamu ke luar. Statusnya sebagai penendang penalti utama Sunderland juga dapat membantu Defoe untuk meraih poin kapan saja.

Jika Anda merasa tidak membutuhkan penyerang mahal karena lebih memilih untuk meng-upgrade barisan gelandang, maka Anda bisa mencoba melirik barisan penyerang Hull. Untuk saat ini, Adama Diomandé (£4.6) menjadi penyerang termurah yang telah bermain dalam tiga pertandingan berturut-turut. Namun, keamanan posisinya tidak lagi terjamin mulai pekan depan, karena Hull berhasil mendaratkan para pemain baru, sehingga berpotensi mengubah formasi utama, seperti Dieumerci Mbokani (£5.5) dan William Keane (£4.5), atau Markus Henriksen dan Lee Mason di lini tengah. Dari susunan penyerang Hull, diprediksi Abel Hernández (£6.0) masih menjadi pilihan paling aman.

Selain barisan pemain depan Hull, penyerang yang bisa dicoba untuk menghemat biaya adalah Modou Barrow (Swansea, £5.0). Pemain yang sebenarnya dipasang sebagai pemain sayap ini telah bermain sejak menit pertama selama tiga pekan berturut-turut.

Ada satu nama yang juga sedang ramai diperbincangkan para manajer FPL meski belum bermain, yaitu Wilfried Bony (Stoke, £7.3). Dilihat dari segi performa terakhirnya, Bony jelas tidak terlalu menonjol. Tampaknya, Bony memang tidak cocok dengan Man City sejak dibeli. Akan tetapi, perlu diingat bahwa Bony merupakan penyerang yang tajam saat masih membela Swansea. Kepergiannya ke Stoke diharapkan dapat membangkitkan kembali reputasinya sebagai penyerang haus gol. Tapi Bony masih harus bersaing dengan Mame Biram Diouf (£5.9) dan Peter Crouch (£4.9).

Alternatif lainnya adalah mengambil pengganti Agüero di dunia nyata, yaitu Kelechi Iheanacho (Man City, £6.9). Penyerang berusia 19 tahun ini memang menjadi satu-satunya penyerang yang tersisa di skuat, setelah Stoke meminjam Bony. Penyerang asal Nigeria ini sudah memainkan cukup banyak pertandingan pada musim lalu dan berhasil membuktikan ketajamannya, ditambah dengan gol indahnya yang dibuat saat membela timnas Nigeria pada jeda internasional ini. Hanya saja, melihat penampilannya saat dipercaya menjadi penyerang utama menghadapi Steaua BucureÈ™ti pada leg kedua play-off Liga Champions, Iheanacho belum terlihat menyatu betul dengan skema Pep Guardiola (dengan catatan, saat itu Man City juga memainkan hampir seluruh lapis keduanya). Sehingga belum dapat dipastikan apakah dia akan bermain sejak menit pertama, karena juga ada kemungkinan Guardiola memasang Raheem Sterling atau Nolito di posisi tersebut.

Sebagai catatan, Liverpool dan Southampton adalah dua tim yang saat ini memimpin dalam jumlah tembakan (Masing-masing 55 dan 53), menunjukkan daya serang mereka pada musim ini. Namun, memilih penyerang dari dua tim ini adalah hal yang sulit. Selain tidak diuntungkan dari segi jadwal, opsi penyerang dari kedua tim ini masih belum ada yang terlihat menonjol, bahkan masih berpotensi dirotasi.

Sergio Agüero

Opsi terakhir. Dengan kata lain, Anda tidak perlu melakukan transfer dan menyimpan Agüero di bangku cadangan, mengingat – seperti yang telah disebutkan di atas, Agüero hanya absen dalam dua pertandingan Liga Primer Inggris saja (satu lagi di Piala Liga). Sisi baik dari opsi ini adalah Anda menghemat kurang lebih dua transfer dalam musim ini (satu untuk menjual Agüero dan satu lagi untuk membelinya kembali). Opsi ini pun bukan tanpa pertimbangan, karena di tengah-tengah masa hukuman, Agüero masih dapat bertanding di Liga Champions melawan Borussia Mönchengladbach pada tanggal 14 September, sehingga mengurangi kekhawatiran bahwa Agüero perlu beradaptasi kembali dengan tim utama.

Hanya saja, opsi ini berisiko dalam tiga hal: Secara efektif, Anda hanya memiliki anggaran sekitar £87.0 untuk 14 pemain. Kedua, pemain yang kehilangan popularitasnya berpotensi mengalami penurunan harga, dalam hal ini, harga Agüero bisa menurun menjadi £12.9 atau bahkan £12.8. Ketiga, untuk manajer yang mau mencoba rute ini, sebaiknya berharap Agüero bebas dari cedera saat bertanding di Liga Champions.

Opsi manapun yang akhirnya Anda pilih, semoga Anda mendapatkan panah hijau di samping angka ranking Anda di akhir pekan.

Komentar