Old Trafford Sedang Tak Bersahabat Bagi Manchester United

Cerita

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Old Trafford Sedang Tak Bersahabat Bagi Manchester United

Musim ini Manchester United kesulitan meraih kemenangan kandang di ajang Liga Inggris. Dari empat pertandingan yang telah dilakoni di Old Trafford, tiga kekalahan dan sekali imbang menunjukkan jika tuah Theatre of Dreams seolah hilang.

Pada pertandingan pertama, melawan Crystal Palace, anak asuh Ole Gunnar Solskjaer secara mengejutkan tumbang 1-3. Kemudian pada laga-laga selanjutnya, giliran Tottenham (1-6), Chelsea (0-0), dan teranyar Arsenal (0-1) yang membikin Bruno Fernandes dan kawan-kawan tertunduk lesu.

Padahal jika melihat dari jumlah laga yang sama ketika bermain di kandang pada lima musim terakhir, setidaknya Manchester United minimal mampu meraih dua kemenangan. Di luar tidak adanya dukungan suporter secara langsung, performa United yang buruk bisa menjadi alasan. Tatkala bermain di Old Trafford dalam kompetisi Premier League, lini pertahanan telah kebobolan 10 gol, sedangkan hanya dua gol saja yang berhasil disarangkan ke gawang lawan.

Link streaming pertandingan Premier League: Manchester United vs West Bromwich Albion

Atas apa yang dialami Manchester United di kandang, Solskjaer selaku pelatih pun merasa kebingungan. Bahkan sejumlah penggawa Setan Merah juga terheran-heran. Dua pemain United, Aaron Wan-Bissaka dan Fred, mengaku merasa ada yang salah dalam penampilan United di kandang musim ini.

“Aneh rasanya, kami menang justru ketika menjalani laga tandang dan kami tidak mendapat hasil yang baik ketika tampil di Old Trafford,” kata Wan-Bissaka kepada MUTV.

Sementara itu, gelandang asal Brasil, Fred, berujar: “Sulit untuk mencoba menjelaskan mengapa performa laga kandang tidak berlangsung bagus. Tujuan kami adalah terus berkembang di kandang karena Old Trafford perlu menjadi benteng; harus menjadi tempat yang ditakuti lawan.”

Usaha United untuk meraih kemenangan perdana di kandang pun akan mendapat tantangan dari West Brom pada Minggu (22/11/2020) pukul 03.00 WIB. Namun, lagi-lagi United dirundung masalah karena tingkat kebugaran beberapa pemain tidak terlalu optimal lantaran baru saja melakoni laga bersama timnas masing-masing.

Di lini depan, Marcus Rashford yang tidak memperkuat Inggris karena cedera telah berangsur membaik. Ole pun mengatakan akan terus memantau kesiapan sang pemain. Di samping itu, bisa jadi United berharap pada Mason Greenwood untuk mencetak gol pertamanya musim ini. Penyerang muda berusia 19 tahun itu sejauh ini telah tampil lima kali di Liga Inggris.

Di lain pihak, West Brom datang ke Old Trafford dengan catatan cukup menjanjikan lantaran dari 5 pertemuan terakhir yang berlangsung di kandang Man United, The Baggies meraih tiga menang, sekali imbang, dan hanya sekali kalah.

Masalahnya, performa anak asuh Slaven Bilic musim ini pun tengah buruk. Mereka menjadi satu di antara tiga tim yang belum pernah meraih kemenangan, bersama Burnley dan Sheffield United. Bagi West Brown, situasi ini serupa edisi Liga Inggris musim 1985/86 saat mereka tak pernah menang dalam 12 laga dan di akhir musim terdegradasi.

Man United dan West Brom pun sama-sama mengincar kemenangan pertama dalam konteks yang berbeda. Man United berambisi meraih kemenangan kandang pertamanya, sedangkan tim tamu berharap dapat meraih tiga poin perdana di Liga Inggris musim ini. Kali ini, Old Trafford akan menguntungkan pihak yang mana?

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar