Rangkuman Liga 1 Pekan 6: Persegres Menang, Sissoko Cetak Gol Perdana

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Rangkuman Liga 1 Pekan 6: Persegres Menang, Sissoko Cetak Gol Perdana

Pertandingan PS TNI dan PSM Makassar pada Senin (15/5/2017) malam di Stadion Pakansari, Bogor menandai berakhirnya Liga 1 2017 pekan ke-6. Pertandingan pada Senin malam itu pun berakhir untuk kemenangan PS TNI, dan pada akhirnya membuat PS TNI mampu menyodok ke papan atas klasemen sementara Liga 1.

Selain cerita kemenangan PS TNI atas PSM di Pakansari, ada beberapa kisah menarik lain yang juga terjadi di Liga 1 2017 pekan ke-6 ini. Cerita tersebut ada yang berakhir pilu, tapi ada juga yang berakhir bahagia bagi beberapa kesebelasan. Berikut adalah rangkuman Liga 1 2017 pekan ke-6.

Kemenangan Perdana Persegres Gresik United

Pada pekan ke-6, ada sebuah pertandingan menarik terjadi. Pertandingan yang mempertemukan Persegres Gresik United melawan Persiba Balikpapan di Stadion Petrokimia, Gresik pada Jumat (12/5/2017) malam merupakan pertandingan yang mempertemukan dua kesebelasan yang sama sekali belum meraih kemenangan dalam ajang Liga 1 2017.

Sampai pekan ke-5, tercatat kedua kesebelasan baru mencatatkan hasil sekali imbang dan empat kali kalah. Kedua kesebelasan pun harus rela berada di papan bawah klasemen Liga 1 2017 dengan hanya mengantongi satu poin dari lima pertandingan. Oleh karena itu, pertandingan pada Jumat (12/5/2017) malam di Stadion Petrokimia tersebut menjadi pertandingan yang penting bagi kedua kesebelasan. Peluang meraih kemenangan perdana terbuka lebar.

Setelah melalui pertandingan yang ketat, akhirnya Persegres keluar sebagai pemenang dalam pertandingan tersebut lewat gol dari Patrick da Silva dan Komarudin, yang hanya mampu dibalas satu oleh Persiba lewat Marlon da Silva. Persegres pun sukses meraih kemenangan perdana mereka dalam ajang Liga 1 2017, walau sekarang mereka pun masih berada di papan bawah klasemen.

Gol Perdana Mohamed Sissoko

Selain kemenangan perdana Persegres, ada juga hal yang menjadi perdana dalam pertandingan antara Persija Jakarta melawan Mitra Kukar yang dilangsungkan di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (14/5/2017). Dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 1-1 tersebut, marquee player Mitra Kukar, Mohamed Sissoko mencetak gol perdananya untuk kesebelasan yang bermarkas di Tenggarong ini.

Semakin spesial karena gol perdana tersebut membuat tim berjuluk "Naga Mekes" tersebut berhasil menahan imbang Persija yang sudah unggul sejak awal pertandingan lewat gol Bruno Lopes. Sissoko pun langsung merayakan golnya dengan cara melakukan sujud syukur.

Mitra Kukar pun pulang ke Tenggarong dengan membawa satu poin, sementara Persija harus mulai berbenah karena dengan hasil imbang ini mereka berada tidak jauh dari papan bawah klasemen Liga 1 2017. Ancaman pemecatan pun mulai menghantui Stefano Teco, pelatih Persija.

Tuah Widodo C Putro di Bali United

Setelah memutuskan memecat Hans-Peter Schaller, Bali United pun segera berburu pelatih baru untuk mengisi kekosongan di kursi pelatih. Nama pelatih yang pernah membesut Sriwijaya FC, Widodo C Putro, menjadi pilihan manajemen "Serdadu Tridatu". Widodo pun langsung memberikan tuahnya pada pertandingan pekan ke-6 melawan Borneo FC.

Menjamu Borneo FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali United sukses merengkuh kemenangan dengan skor yang cukup telak, yaitu 3-0. Tiga gol Bali United disarangkan oleh Ahn Byung-keon dan dua gol dari Yabes Roni. Kemenangan ini menjadi kemenangan spesial bagi Widodo yang menjalani debutnya sebagai pelatih untuk Bali United pada laga melawan Borneo FC.

Persib dan PS TNI, Dua Kesebelasan yang Belum Terkalahkan

Dalam ajang Liga 1 2017 ini, sampai pekan ke-6 ada dua kesebelasan yang masih memegang status tidak terkalahkan. Mereka adalah PS TNI dan Persib Bandung. Dua-duanya memegang rekor sebagai kesebelasan yang belum terkalahkan sampai pekan ke-6 Liga 1 2017.

Keduanya pun mengantongi jumlah kemenangan dan seri yang sama, yaitu tiga kali kemenangan dan tiga kali seri, Yang membedakan keduanya adalah masalah selisih gol. Persib punya selisih gol empat setelah memasukkan enam kali dan hanya kemasukan dua kali, sedangkan PS TNI punya selisih gol tiga setelah memasukkan 10 kali dan kemasukan tujuh kali.

Yang menjadi menarik, PS TNI mempertahankan status belum terkalahkan setelah mengalahkan kesebelasan lain yang juga berstatus belum terkalahkan, PSM Makassar di pekan ke-6. PS TNI sukses mengalahkan "Juku Eja" dengan skor 2-1 pada pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Pakansari, Senin (15/5/2017) malam lewat gol dari Elio Bruno Martins dan Leonel Nunez, yang hanya mampu dibalas satu oleh PSM lewat Reinaldo da Costa.

Soal Wasit yang Mulai Didengar oleh PSSI

Masalah wasit menjadi problematika tersendiri dalam gelaran Liga 1 2017. Selain di Liga 1, masalah wasit pun kerap kali muncul dalam beberapa pertandingan Liga 2. Mendengar keluhan dari beberapa pelatih kesebelasan, PSSI pun langsung bergerak.

Pada Senin (15/5/2017) siang, dalam rapat evaluasi kompetisi yang melibatkan empat komitem yaitu Komite Kompetisi, Komite Wasit, Komite Media, dan Komite Legal, Wakil Ketua Umum PSSI yang merangkap Plt. Sekjen PSSI, Joko Driyono mengungkapkan bahwa ada 18 orang perangkat pertandingan, dengan rincian delapan wasit dan 10 asisten wasit yang dijatuhi sanksi berupa pemberhentian sementara dari PSSI. Ini adalah buntut dari protes yang diterima PSSI dari kesebelasan-kesebelasan yang berkompetisi di Liga 1 dan Liga 2.

"Keputusan yang sangat cepat diambil, bahwa kami sepakat untuk memberhentikan delapan wasit dan 10 asisten wasit untuk sementara sampai dilakukan evaluasi final, apakah waktu (pemberhentiannya) untuk satu musim atau setengah musim. PSSI ingin melindungi integritas PSSI dan wasit," ujar Jokdri seperti dilansir CNN Indonesia.

"Dari 18 itu, Liga 1 dominan [bermasalah] di asisten wasit. Sementara Liga 2 wasit utama. Mulai hari ini (Senin, 15 Mei 2017) mereka sudah dibebastugaskan," tambahnya.

Komentar