Laga PS TNI vs Persiba Menjadi Partai Pertama di Liga 1 yang Ditunda Karena Cuaca

Berita

by redaksi

Laga PS TNI vs Persiba Menjadi Partai Pertama di Liga 1 yang Ditunda Karena Cuaca

Pertandingan Liga 1 Indonesia 2017 antara tuan rumah PS TNI melawan Persiba Balikpapan tertunda. Laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor itu dihentikan untuk sementara pada menit 77 karena hujan deras disertai angin kencang. Selain itu, beberapa bagian lapangan pun tergenang air, yang membuat para pemain akan lebih kesulitan untuk menguasai bola.

Pertandingan tersebut, terhenti saat skor sama kuat 1-1. Persiba Balikpapan unggul lebih dulu saat pertandingan baru berjalan 11 menit melalui kaki Marlon da Silva. Kemudian, tuan rumah baru bisa membalas lewat lesakkan Hong Soon Hak pada menit 68.

Sayangnya, pertarungan sengit antara dua kesebelasan tersebut harus terhenti karena cuaca buruk. Hujan lebat memang sudah mengguyur sejak pertandingan babak pertama dimulai. Bahkan, saat babak kedua dimulai, intensitas hujan semakin deras.

Akibatnya, pertandingan dihentikan karena melihat kondisi, pertandingan harus dihentikan. Namun, setelah 45 menit tertunda pertandingan kembali dilanjutkan, dengan skor akhir yang tidak berubah. Bisa dibilang, laga antara PS TNI melawan Persiba Balikpapan menjadi pertandingan pertama di Liga 1 Indonesia yang tertunda karena cuaca.

Dalam aturannya, ketika terjadi kendala cuaca, wasit memang berhak untuk memberhentikan pertandingan. Keputusan wasit memberhentikan pertandingan biasanya didasari karena tergenangnya sebagian besar permukaan lapangan, atau cuaca yang terlampau ekstream hingga bila laga dilanjutkan bisa mengancam keselamatan pemain.

Pertandingan, bisa kembali dilanjutkan ditunda selama 30 menit pertama, dan ditambah 30 menit kedua, jika situasi belum memungkinkan untuk dilanjutkannya pertandingan. Namun, bila selama dua kali 30 menit kondisi tidak kunjung berubah, maka biasanya pertandingan akan ditunda hingga hari berikutnya, dengan memulai pertandingan dari waktu yang tersisa saat itu.

Kasus tertundanya pertandingan sepakbola akibat kendala cuaca memang lazim terjadi. Tidak hanya di Indonesia, di beberapa kompetisi elite Eropa, banyak pertandingan ditunda karena faktor cuaca. Seperti pertandingan pertama Liga Champions Eropa musim 2016/2017 yang mempertemukan Manchester City melawan Borussia Moenchengladbach.

Laga yang semula akan digelarpada Rabu (14/9/2016) pukul 01.45 WIB, terpaksa tertunda karena hujan deras disertai petir terus mengguyur kawasan Etihad Stadium, sejak satu jam sebelum pertandingan berlangsung. Akibat derasnya hujan, hampir seluruh permukaan lapangan Etihad Stadium digenangi air yang membuat para pemain dipastikan sulit melakukan pertandingan. Pertandingan kemudian ditunda hingga beberapa hari kemudian.

Kondisi yang hampir mirip dengan pertandingan antara PS TNI melawan Persiba terjadi di Italia saat AS Roma menjamu Sampdoria pada 11 September 2016 lalu. Saat itu, pertandingan dihentikan saat pertandingan akan memasuki babak kedua. Hujan deras sudah mengguyur sejak menit 43, akibatnya lapangan tergenang air. Selain itu, lorong stadion Olympico pun tergenang air.

Pada pertandingan pekan ketiga Serie A Italia itu, tertunda saat Sampdoria tengah unggul 2-1. Namun, laga dilanjutkan dan Roma berhasil membalikan keadaan. Tak hanya partai Roma antara Sampdoria, laga antara Genoa melawan Fiorentina di Stadion Stadio Luigi Ferraris juga terhenti karena hujan deras. (SN)

Komentar