Kesebelasan Rekrutan Anyar Persegres

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Kesebelasan Rekrutan Anyar Persegres

Prestasi yang dicatatkan oleh Persegres dalam ajang ISC A 2016 kemarin terbilang kurang memuaskan. Mereka hanya menduduki peringkat ke-17 dari 18 kontestan yang berlaga, alias satu strip di atas juru kunci liga, PS TNI. Prestasi kurang baik yang dicatatkan oleh Persegres ini membuat manajemen akhirnya bergerak cukup lincah dalam bursa transfer jelang Liga 1 2017.

Mengusung target pribadi tiga poin dalam 17 pertandingan, manajemen Persegres pun merekrut cukup banyak pemain untuk ajang Liga 1 kali ini. Wakil manajer Persegres, Bagus Citra Pratama, menyebut bahwa kebanyakan pemain-pemain yang ada di skuat dan yang mereka rekrut sekarang adalah pemain-pemain U23. Hal ini tak lepas dari regulasi U23 yang diterapkan oleh PSSI dan operator liga dalam ajang Liga 1 yang bernama Gojek Traveloka Liga 1.

"Banyak, mas. Selain Bhayangkara FC, tim yang paling banyak pemain U23 itu Gresik (Persegres). Bahkan ada dua pemain yang masih U19. Tiga kiper kita aja semuanya U23 mas. Kita sekitar setengah kuota pemainnya U23," ujar Bagus.

Selain merekrut cukup banyak pemain U23, Bagus juga menjabarkan bahwa ia tetap mempertahankan beberapa pemain senior di dalam tim agar mereka tetap bisa mengayomi para pemain muda yang ada di skuat. Ia menyebut nama Jusmadi, Chairul Rifan, dan Agus Indra Kurniawan yang masih ada di dalam skuat.

"Kalau senior ada Agus Indra Kurniawan mas (buat bimbing pemain muda). Ada Jusmadi sama Chairul Rifan juga," ujar Bagus.

Namun ada hal menarik dari transfer yang dilakukan oleh Persegres jelang Liga 1 ini. Mereka merekrut hampir 12 pemain yang bisa dibentuk sebagai sebuah tim sendiri, plus satu pemain menjadi cadangan. Pemain-pemain tersebut kebanyakan tersebar di posisi gelandang dan bek, dan semua tersebar dari tim asal yang berbeda-beda (kecuali Herwin Tri Saputra dan Fitra Ridwan yang sama-sama berasal dari Bhayangkara FC).

Ada nama Dave Mustaine, Aji Saka, Jeki Arisandi, Chairul Rifan, dan I Gusti Rustiawan. Ada juga nama Gufroni Al-Ma`ruf, pemain asal Madura United U-21 yang merapat ke Persegres untuk Liga 1 ini. Jangan lupakan kehadiran Goran Gancev, pemain asal Makedonia yang pada ISC A 2016 tampil cukup gemilang bersama Arema Cronus (sekarang bernama Arema FC).

Kehadiran mereka semua bisa dirangkum dalam satu skuat. Walau tanpa marquee player, setidaknya skuat ini memenuhi regulasi U23 karena sudah mengantongi tiga pemain U23 yang bisa jadi starter. Berikut adalah kesebelasan hasil dari rekrutan anyar yang dilakukan oleh Persegres.

Komentar