Courtois: Saya Kiper Terbaik di Liga Primer Inggris

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Courtois: Saya Kiper Terbaik di Liga Primer Inggris

Jika dibandingkan dengan musim 2015-16 lalu, kiper milik Chelsea, Thibaut Courtois, memang mampu menunjukan performanya seperti sedia kala di musim ini. Sempat dikritik oleh para pendukung Chelsea karena terlalu banyak berbicara mengenai isu kepindahannya ke Real Madrid, mantan kiper Atletico Madrid itu mampu menunjukkan komitmennya terhadap The Blues dengan memperlihatkan ketangguhannya di bawah mistar.

Courtois pun mengakui sendiri jika dirinya bermain sangat baik di musim ini. Bahkan lebih dari itu, kiper bertinggi badan 199 cm tersebut berani mengklaim diri sebagai kiper terbaik di Liga Primer Inggris saat ini.

“Saya yang terbaik. Saya selalu berpikir bahwa saya lah yang terbaik. Saya merasa baik tahun ini dan bahkan berpikir saya bermain lebih baik dari sebelum saya berada Chelsea, juga lebih baik dari tahun pertama saya (di Chelsea),” ujar Courtois seperti yang dikutip Daily Star.

Namun selain mengomentari dirinya sendiri, kiper yang didatangkan oleh Chelsea dengan harga 7 juta paun di tahun 2011 itu pun turut mengomentari performa yang ditunjukkan oleh kiper Manchester City, Claudio Bravo. Courtois bahkan merasa sedih dengan keadaan yang menimpa kiper asal Chili tersebut.

“Saya merasa sedih untuk Claudio (Bravo), karena ia mampu tampil sangat baik ketika di Barcelona dan timnas Cile. Tetapi saat ini ia berada di bawah tekanan dan sedang tidak percaya diri. [Itu seperti] Anda sampai ke titik di mana Anda merasa setiap tembakan akan menjadi gol. Musim lalu ketika saya kemasukan banyak gol itu mulai membuat saya merasa cemas.”

“Adalah hal yang bagus ketika memiliki penjaga gawang yang dapat memainkan bola dengan kakinya, tetapi itu akan menjadi lebih penting ketika dibarengi dengan tangan yang bagus dan mampu membuat penyelamatan.”

“Kami pun memulai permainan dari belakang, tetapi ketika saya melihat adanya tekanan saya akan mengirimkan bola panjang kepada [Marcos] Alonso, [Victor] Moses, atau Diego [Costa]. Tetapi City akan selalu mencoba untuk bermain (di belakang), bahkan ketika mereka mendapatkan tekanan, itu sangat berisiko,” tambahnya.

Courtois memang mampu menunjukkan performa terbaiknya di bawah mistar Chelsea musim ini. Dari 24 laganya bersama The Blues di ajang Liga Primer, kiper asal Belgia itu mampu mencatatkan cleen-sheet sebanyak 13 kali.

Sumber lain: Daily Star, Daily Mail

Komentar