Pemilik Leeds United Dihukum FA

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Pemilik Leeds United Dihukum FA

Massimo Cellino, pemilik dari Leeds United, dihukum oleh FA tidak boleh beraktivitas di dunia sepakbola Inggris selama 18 bulan. Ia juga dikenai denda sebesar 250.000 paun, yang ia bayar atas statusnya sebagai pemilik Leeds. Mulai 1 Februari 2017, hukuman larangan beraktivitas di dunia sepakbola ini akan dijalankan.

Cellino, yang juga dikenal sebagai sosok yang cukup kontroversial di Leeds ini dihukum akibat kasus transfer Ross McCormack dari Leeds United ke Fulham pada 2014 silam. Dalam transfer ini, Cellino mengakali proses transfer McCormack dengan menggunakan uangnya sendiri untuk memperlancar proses transfer McCormack yang dibayarkan kepada agen McCormack yang juga ternyata tak berlisensi.

"(Massimo) Cellino mendapatkan hukuman larangan beraktivitas di dunia sepakbola selama 18 bulan dari FA terhitung mulai 1 Februari 2017. Mulai dari 30 April 2017, ia harus menghadiri dan menyelesaikan program pendidikan FA yang berisikan tentang pembelajaran mengenai tugas dan tanggung jawab dari pemilik dan direktur klub-klub sepakbola di Inggris," ujar pernyataan resmi Leeds seperti dikutip The Guardian.

Ini adalah kali ketiga Cellino, yang juga pernah menjadi presiden klub Cagliari, mendapatkan hukuman dari otoritas sepakbola di Inggris sejak mengambil alih Leeds pada April 2014. Dengan dihukumnya Cellino, maka ia harus menepi dari segala aktivitasnya di Leeds dan juga sepakbola Inggris sampai 1 September 2018. Negosiasi yang sedang ia lakukan bersama Andrea Radrizzani, yang kabarnya akan membeli 50% saham Leeds, juga harus dipercepat, atau tidak dibatalkan sampai September 2018.

Cellino pun tak patah arang, ia akan mengajukan banding karena merasa bahwa ia tidak bersalah dalam kasus ini. Ia mengungkapkan bahwa ia akan menunjukkan bahwa dirinya tidak bersalah dan mempersilakan kepada para wartawan untuk melakukan analisis terhadap kasus ini.

"Saya tidak bersalah dan saya akan menempuh jalur banding untuk menunjukkan bahwa saya memang tidak bersalah. Oleh karena itu, meski saya sedang berjuang di pengadilan nanti, saya meminta agar semua pemain, manajer, dan manajemen klub agar tetap bekerja secara profesional dan mempersiapkan diri untuk pertandingan-pertandingan di liga," ujar Cellino seperti dilansir Daily Mail.

"Sementara itu, untuk para wartawan, juga masyarakat yang lain, silakan melakukan analisis tersendiri terhadap kasus ini. Temukan kebenarannya menurut versi Anda masing-masing," tambahnya.

Kasus Cellino ini, setidaknya akan sedikit berpengaruh terhadap permainan Leeds, yang pada Divisi Championship 2016/2017 ini, bermain cukup baik.

foto: @SkySportEFL

Komentar