Hajar Slovakia 3-0, Jerman Melaju ke Babak Perempatfinal Piala Eropa

Berita

by Billi Pasha

Billi Pasha

Selalu menganggap sepakbola dan musik adalah dua hal paling indah di dunia

Hajar Slovakia 3-0, Jerman Melaju ke Babak Perempatfinal Piala Eropa

Jerman memastikan diri untuk melaju ke babak perempat final usai menggilas Slovakia dengan skor telak 3-0 di Stade Pierre-Mauroy. Gol kemenangan Der Panzer dicetak oleh Jerome Boateng, Mario Gomez dan Julian Draxler.

Jerman sebelumnya memiliki pengalaman buruk kala berhadapan dengan Slovakia, tepatnya pada laga uji tanding bulan lalu. Pasalnya Mario Goetze dan rekan-rekan takluk dengan skor 1-3 oleh tim besutan Jan Kozak tersebut. Namun jauh berbeda dengan laga sebelumnya, kali ini Jerman turun dengan kekuatan penuh.

Pada pertandingan kali ini Joachim Loew masih menggunakan formasi awal andalannya dengan 4-2-3-1. Akan tetapi hadirnya penyerang murni sedikit menjadi pembeda dari beberapa laga sebelumnya. Mengingat dalam dua laga awal di babak penyisihan Jerman selalu tampil tanpa penyerang murni.

Pelatih yang pernah menangani VfB Stuttgart itu kembali menurunkan Gomez sejak awal pertandingan, dan mencadangkan Mario Goetze. Hal yang serupa ketika Jerman sukses meraih poin penuh atas Utara di laga pamungkas Grup C. Meski begitu keputusan Loew untuk mempertahankan Gomez sebagai ujung tombak kembali membuahkan hasil. Penyerang Besiktas itu sukses mencetak gol keduanya di ajang Piala Eropa kali ini.

Sebelumnya Jerman berhasil unggul cepat melalui gol spektakuler Boateng di menit 8. Bek keturunan Ghana tersebut berhasil memanfaatkan bola muntah dan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Lima menit berselang mereka berkesempatan untuk menggandakan jumlah golnya usai pelanggaran yang dilakukan Martin Skrtel. Akan tetapi Mesut Oezil yang ditunjuk sebagai algojo gagal membobol jala Solvakia setelah tembakannya mampu dibaca oleh Matus Kozacik.

Usai turun minum Slovakia masih belum mampu mengejar ketertinggalan dua golnya. Sementara itu Jerman justru semakin memperlebar jarak melalui gol cantik Draxler pada menit 63. Berawal dari sepak pojok yang mengarah ke Hummels, lalu ia menyodorkan sundulan yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Draxler.

Tendangan voli jarak dekatnya berhasil menambah keunggulan Jerman menjadi 3-0. Gol tersebut semakin melengkapi kontribusi Draxler setelah berhasil menyumbangkan asis pada gol kedua Jerman.

Kemenangan besar ini membuat Jerman lebih percaya diri kala menghadapi babak perempat final. Kendati demikian partai selanjutnya dipastikan lebih berat, pasalnya mereka akan berhadapan dari pemenang antara Spanyol dan Italia yang juga merupakan tim dengan tradisi juara.

Sementara itu langkah Slovakia harus terhenti kali ini. Meski begitu, Marek Hamsik dan kawan-kawan telah berhasil mengukir sejarah setelah mampu mencapai babak 16 besar dalam keikutsertaannya di Piala Eropa.

ed:arn

Komentar