Foto Keluarga Sebagai Pemompa Semangat Irlandia Utara

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Foto Keluarga Sebagai Pemompa Semangat Irlandia Utara

Berlaga di turnamen besar seperti Piala Eropa 2016 bukanlah hal mudah. Sebab, dalam turnamen tersebut pelatih tidak hanya dituntut untuk memikirkan taktik kesebelasannya, melainkan juga berpikir bagaimana anak asuhnya meminimalisasi beban mental. Beragam cara pun dilakukan oleh kesebelasan nasional untuk membuat pemainnya tidak tertekan secara mental. Salah satu yang dilakukan adalah dengan memberikan waktu khusus bagi pemain untuk bertatap muka maupun berkomunikasi dengan keluarganya.

Irlandia Utara menjadi salah satu kesebelasan yang menjadikan keluarga sebagai alat motivasi para pemainnya. Namun bukan jatah tatap muka maupun telepon yang akan didapat para pemain Norn Iron, melainkan sebuah foto keluarga pemain yang bersangkutan di setiap kamar.

“IFA (Federasi Sepakbola Irlandia Utara) menghubungi keluarga kami sebelum kami berangkat ke sini. Mereka lalu meminta foto istri serta anak kami, dan menaruhnya di setiap kamar,” ujar Oliver Norwood, pemain Irlandia Utara asal kesebelasan Reading, seperti dikutip dari The Guardian.

“Kami sangat senang memiliki gambar tersebut sebagai pengingat. Mereka begitu spesial dalam karier dan hidup kami,” tambahnya.

“Apa yang dilakukan mereka (IFA) berdampak begitu besar bagi kami sebagai orang yang berdampak di lapangan. Mungkin Anda berpikir ini tidak berdampak apa-apa. Namun bagi kami hal ini berpengaruh begitu besar,” lanjut Norwood.

Menurut Norwood, meski para pemain masih bisa menjalin komunikasi dengan keluarganya melalui telepon, namun upaya ini berdampak lebih dari itu. Sementara itu, bagi pemain senior Irlandia Utara, Chris Baird, ia begitu kaget melihat apa yang dilakukan oleh IFA ketika melihat foto keluarga mereka terpampang di kamar hotel tempat mereka menginap, Château de Pizay in Beaujolais.

“Melihat foto istri dan kedua anak saya di bingkai sedemikian rupa yang tidak akan saya lihat cukup lama terasa begitu menyenangkan. Hal ini tentu menjadikan suasana menjadi lebih nyaman dan memudahkan kami untuk beradaptasi.”

Kesenangan ini pun tentu merupakan sebuah keuntungan bagi Irlandia Utara yang sama sekali bukan merupakan kesebelasan unggulan di turnamen ini. Baird menambahkan, “Ketika Anda pergi ke tempat seperti ini dan melihat tempat seperti ini. Anda pasti akan langsung bersemangat dan berupaya menampilkan hal yang lebih baik ketimbang sebelumnya.”

Meski, peletakan bingkai dan foto keluarga pemain Irlandia Utara di kamar hotel ini unik, namun Norwood menjelaskan bahwa ide ini datang dari pelatih Irlandia Utara, Michael O’Neill. Ya, O’Neill terlebih dahulu memperkenalkan “metode” ini ke pemainnya.

Namun sebelumnya, bukan foto keluarga pemain yang dipampang, melainkan foto duo legenda Irlandia Utara, George Best dan Gerry Armstrong. Kedua foto ini dipajang oleh O’Neill di sarana latihan tim di Parc de Montchervet untuk membuat pemain bersemangat dalam berlatih.

ed: fva

Komentar