Butuh Uang, Pele Lelang Barang Koleksi Piala Dunia 1970

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Butuh Uang, Pele Lelang Barang Koleksi Piala Dunia 1970

Saat orang-orang di Brasil sedang sibuk menyambut ajang Copa America Centenario dan juga mungkin ajang Olimpiade Rio de Janeiro, legenda sepakbola Brasil, Pele, malah berada di Inggris. Di Inggris, ia memiliki acara sendiri yang akan ia hadiri, sekaligus merupakan acara yang mungkin akan berlangsung sedih baginya.

Di Inggris, ia akan terlibat dalam acara lelang koleksi Piala Dunia 1970 yang akan diselenggarakan di The Mall, sebuah tempat yang berada di dekat Buckingham Palace. Acara lelang ini sendiri akan diselenggarakan pada minggu depan dan berlangsung selama tiga hari di tempat tersebut.

Barang-barang yang akan ia lelang rencananya adalah replika dari trofi Piala Dunia 1970, jersey yang dikenakan timnas Brasil saat itu berikut dengan sepatu, dan juga barang-barang lain yang ada kaitannya dengan Brasil dalam ajang Piala Dunia 1970. Nama dari acara lelang ini sendiri adalah World Cup Memorabilia Auction.

Ketika ditanya motivasinya mengadakan acara lelang ini, Pele menyebutkan bahwa ia membutuhkan uang, dan ia merasa kalau barang-barang ini hanya disimpan di rumahnya, barang-barang ini takkan berarti apa-apa.

"Semua orang butuh uang, termasuk saya. Semua orang butuh uang untuk hidup. Daripada barang-barang ini (sisa peninggalan Piala Dunia 1970) menjadi tidak berarti dan membusuk di rumah saya, lebih baik dilelang saja," ujarnya kepada Associated Press seperti dilansir ESPN FC.

"Memang, beberapa barang seperti jersey, sepatu, dan juga trofi Piala Dunia sudah seperti anak saya sendiri. Namun, demi melanjutkan hidup, terpaksa saya harus melelang mereka. Semoga di tempat yang baru, barang ini akan lebih terawat," tambahnya.

Namun, ternyata semua uang hasil lelang tidak masuk ke saku Pele. Beberapa uang itu ada juga yang disumbangkan ke beberapa rumah sakit di Brasil agar orang-orang yang tidak mampu dapat berobat di rumah sakit.

Untuk barang lelang yang akan menjadi pusat perhatian sendiri, diprediksi bahwa barang yang akan mendapatkan perhatian paling banyak adalah trofi Jules Rimer (trofi Piala Dunia). Disinyalir bahwa harga dari trofi itu bisa mencapai 1,5 juta pounds untuk minggu depan.

foto: espnfc.com

Komentar