Alasan Mengapa Mourinho Lebih Memilih Courtois Dibanding Cech

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Alasan Mengapa Mourinho Lebih Memilih Courtois Dibanding Cech

Thibaut Courtois memulai perjalanan karirnya bersama Chelsea dengan impresif. Dari dua penampilan, kiper muda asal Spanyol ini hanya kebobolan satu gol. Meski dua lawan Chelsea itu hanyalah tim promosi, Burnley dan Leicester City, namun performanya bisa dibilang cukup menjanjikan. Saat melawan Leicester misalnya, Courtois berhasil menggagalkan dua peluang emas yang didapatkan kubu lawan.

Namun hal yang membuat Courtois mencuri perhatian adalah bagaimana ia mampu menguasai areanya dengan komand-komando yang diberikan pada pemain bertahan Chelsea. Dengan instruksi-instruksi tersebut pertahanan Chelsea menjadi lebih solid dan sulit ditembus pemain lawan.

Jadi, apakah karena hal ini Courtois lebih dipilih oleh sang manajer, Jose Mourinho, ketimbang Petr Cech? Tidak juga.

Seperti yang kita ketahui, Cech adalah kiper hebat dengan kepiawaiannya menahan tembakan dan refleks yang memukau. Karena kehebatan Cech itu, musim lalu Chelsea memiliki jumlah kebobolan terendah di liga Inggris dengan 27 gol.

Jadi, mengapa justru Courtois-lah yang dipilih Mourinho untuk mengisi kiper utama Chelsea? ‘The Special One’ punya jawabannya.

“Poin utama di sini bukanlah tentang kualitas pemain, karena Petr (Cech) adalah kiper yang luar biasa,” ucap Mou pada BBC. “Yang membuat saya memilih anak itu (Courtouis) adalah umurnya yang berusia 22 tahun dan memiliki sisa kontrak dua tahun. Jika saya tak memainkannya, ia akan pergi dengan bebas transfer. Oleh karena itu saya memutuskan untuk lebih memilihnya, dan dia menjawab kepercayaan tersebut dengan cara performa yang gemilang.”

Kutipan itu benar-benar memberi tahu kita alasan dibancku cadangkannya Petr Cech. Courtois mendapatkan tempat utama karena ia memiliki ‘ancaman’ di mana kontraknya yang tinggal dua tahun lagi bisa menjadi senjata. Jika Courtois dibangkucadangkan hingga tak bahagia di Chelsea, Chelsea akan melepas talenta berbakatnya dengan cuma-cuma pada tim lain.

Keputusan itu jelas membuat masa depan Cech bersama Chelsea terombang-ambing. Menurut kabar beredar, Cech sedang mencari tempat baru untuk melanjutkan karirnya. Apalagi skuat Chelsea saat ini kelebihan stok pemain asing. Kebersamaan Cech bersama Chelsea benar-benar semakin terancam.

Jika Cech benar-benar hengkang, hal tersebut akan menjadi berkah tersendiri bagi Courtois. Dengan tak adanya pesaing utama, Courtois bisa meminta gaji tinggi saat negoisasi kontrak baru nanti. Saat ini, gaji Courtois sebesar 33 ribu poundsterling per pekan. Tak menutup kemungkinan dengan kontrak barunya nanti ia akan melebihi gaji Cech yang ‘hanya’ 100 ribu poundsterling per pekan.

foto: dailymail.co.uk

Komentar