Memprediksi Skuat jerman di Piala Dunia 2018

Analisis

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Memprediksi Skuat jerman di Piala Dunia 2018

Tim Nasional Jerman menjadi salah satu kesebelasan unggulan di Piala Dunia 2018. Berstatus sebagai juara bertahan, Die Mannschaft dijagokan menjadi negara ketiga setelah Italia dan Brasil yang mampu menjuarai dua gelaran Piala Dunia secara beruntun.

Modal Jerman sebagai tim unggulan di Piala Dunia 2018 adalah performa impresif mereka di beberapa ajang sebelum Piala Dunia 2018. Setelah mengakhiri gelaran Piala Eropa sebagai semifinalis, Jerman kemudian bangkit dengan meraih gelar juara di Piala Konfederasi 2017. Belum lagi, Die Mannschaft melenggang ke Piala Dunia 2018 setelah meraih hasil sempurna di babak kualifikasi.

Selain performa, modal lain yang bisa membuat Jerman berjaya di Piala Dunia 2018 adalah kedalaman skuat yang mumpuni. Saat juara Piala Konfederasi 2017, Joachim Loew membuat sebuah kebijakan kontroversial.

Loew tak menyertakan pemain utama seperti Mesut Oezil, Marco Reus, Toni Kroos, Thomas Mueller, hingga Mats Hummels. Jerman pun turun dengan skuat lapis dua yang rata-rata merupakan pemain muda seperti Julian Draxler, Leon Goretzka, Marc-Andre ter Stegen, hingga Timo Werner. Meski begitu, Jerman tetap menunjukkan taringnya sebagai kesebelasan tangguh, dengan meraih gelar juara Piala Konfederasi 2017.

Dengan memiliki kedalaman skuat mumpuni dengan kualitas merata di setiap lini, di satu sisi Loew mungkin merasa diuntungkan karena punya keleluasaan dalam menentukan skuat yang akan ia bawa ke Rusia pada musim panas nanti. Tapi, di sisi lain hal ini memungkinkan Loew dibuat pusing karena banyaknya pilihan yang ia miliki.

Sejauh ini, Loew belum menentukan 23 pemain yang akan ia boyong ke Rusia. Besar kemungkinan, Loew akan meriliris skuat Jerman di Piala Dunia 2018 pada pertengahan Mei mendatang. Pasalnya, Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) telah menentukan tenggat akhir daftar pemain semua tim peserta putaran final Piala Dunia 2018 pada 14 Mei.

***

Dari sekian banyaknya pilihan yang dimiliki Loew, situs Bundesliga memasukkan 44 nama yang dianggap layak menghuni skuat Jerman di Piala Dunia 2018. Ke-44 pemain tersebut dibagi dalam empat opsi skema dalam formasi dasar 4-2-3-1.

Mengingat bahwa Jerman hanya diperkenankan mendaftarkan 23 pemain di Piala Dunia 2018, kami pun mencoba kembali mengkurasi nama-nama pemain yang diprediksi bakal masuk dalam skuat Jerman di Rusia pada Juni mendatang.

Di posisi penjaga gawang, nama Manuel Neuer besar kemungkinan masuk dalam skuat Jerman di Piala Dunia 2018—namun dengan catatan ia benar-benar telah pulih dari cedera metatarsal yang dialaminya sejak Oktober 2017 lalu.

Kabarnya, saat ini kondisi Neuer sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Namun keputusan bisa atau tidaknya Neuer tampil di Piala Dunia 2018 tergantung dari tim medis yang menanganinya, juga kondisi kesiapannya—mengingat Neuer sudah tak bermain selama hampir satu musim penuh dalam kampanye 2017/18.

Bila pada akhirnya Neuer dinyatakan tidak bisa ambil bagian di Piala Dunia 2018, Loew setidaknya masih memiliki Marc-Andre ter Stegen yang bisa saja diandalkan sebagai pengganti Neuer di posisi kiper utama. Di musim 2017/18, Ter Stegen tampil cukup memukau di bawah mistar gawang Barcelona. Sosoknya hampir tak tergantikan—sepanjang musim ini Ter Stegen tidak pernah absen membela Blaugrana di ajang La Liga.

Catatan statistik penampilan Ter Stegen pun memukau. Dari 33 laga, 18 kali ia mampu menjaga gawangnya tanpa kebobolan. Selain itu, Ter Stegen pun mencatatkan 2,36 penyelamatan per laga. Statistik tersebut terhitung lebih tinggi bila dibandingkan dengan kiper Jerman lainnya yang juga berpotensi masuk dalam skuat die Mannschaft di Piala Dunia 2018, semisal Bernd Leno (1,47) dan Sven Ulreich (1,32).

Di lini belakang, duet Mats Hummels dan Jerome Boateng di posisi bek tengah tampaknya bakal menjadi pilihan utama Loew. Dua pemain bertahan itu tampil apik menggalang pertahanan, hingga membuat Bayern di Bundesliga musim ini menjadi kesebelasan dengan jumlah kebobolan paling sedikit (22 gol).

Di belakang, Boateng dan Hummels kemungkinan bakal didampingi Joshua Kimmich dan Jonas Hector sebagai bek sayap. Meski masih berusia 23 tahun, Kimmich begitu dipercaya. Sosoknya dianggap potensial sebagai suksesor Philipp Lahm di pos bek kanan Jerman.

Sementara itu Jonas Hector, sejak November 2014, selalu menjadi pilihan utama di sektor kiri pertahanan Jerman. Melalui pencapaian tersebut, pemain FC Koeln itu diprediksi masih akan menjadi andalan Loew di sektor kiri pertahanan Jerman. Selain itu, nama-nama seperti Antonio Ruediger, Matthias Ginter, Marvin Plattenhardt, juga Benedikt Hoewedes berpotensi masuk dalam skuat Jerman di Rusia.

Beralih ke lini tengah, tampaknya trio Toni Kroos, Sami Khedira, dan Mesut Oezil akan menjadi pilihan utama. Performa Oezil di Arsenal pada musim ini cenderung kurang stabil, bahkan kritikan sempat dialamatkan kepadanya di awal musim. Tapi, biar bagaimana pun Oezil masih menjadi bagian penting di sektor tengah Jerman. Begitu pula dengan Kroos dan Khedira yang pada musim ini pun selalu menjadi andalan di lini tengah Real Madrid dan Juventus.

Nama lainnya yang berpotensi masuk mengisi jajaran lini tengah Jerman di Piala Dunia 2018 adalah Sebastian Rudy, Ilkay Guendogan, dan Leon Goretzka. Rudy menjadi salah satu pilihan alternatif paling potensial bagi Loew, sebagai pelapis Kroos atau Khedira. Gelandang Bayern itu tampil mengesankan selama babak kualifikasi, bahkan mampu mencetak gol saat Jerman mengalahkan Irlandia Utara 3-1.

Rudy, kemungkinan besarnya akan didampingi Guendogan yang pada pertengahan musim 2017/18 mulai tampil secara kompetitif bersama Manchester City, setelah mengalami cedera. Sementara Goretzka, bisa menjadi sosok potensial yang bisa menjadi pelapis Oezil atau mungkin merebut posisi utama sebagai gelandang serang. Gelandang Schalke 04 itu baru memulai debutnya di level timnas pada Piala Konfederasi 2017, namun ia telah menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Di sektor sayap, Marco Reus dan Leroy Sane besar kemungkinan akan mengisi sektor sayap kiri dan kanan Jerman. Reus, andai kondisinya fit, kemungkinan besar akan diandalkan di sektor sayap kiri Jerman.

Reus merupakan salah satu pemain paling berbakat Jerman, namun cedera kerap kali menghambat kariernya di timnas. Bahkan di Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016 ia absen karena mengalami cedera.

Selain Reus, Sane juga berpotensi mengisi satu slot dalam skuat Jerman di Piala Dunia 2018. Pada musim 2017/18, Sane kerap menjadi andalan di sektor sayap Manchester City. Bahkan dalam beberapa kesempatan terlihat Sane kerap kali menjadi poros serangan The Citizens.

Selain itu, Loew punya pilihan lain seperti Julian Draxler. Meski performanya di Paris saint Germain (PSG) tak terlalu terlihat, namun di level timnas Draxler kerap menunjukkan performa luar biasa. Bahkan di Piala Konfederasi 2017, ia tampil dengan status sebagai kapten kesebelasan. Hal tersebut menyiratkan kepercayaan besar Loew terhadap dirinya.

Sementara di lini depan, nama Thomas Mueller tampaknya tidak bisa diabaikan. Pemain Bayern itu punya kemampuan mengisi beberapa posisi berbeda sebagai penyerang utama atau second striker. Bahkan, Mueller juga bisa diandalkan sebagai penyerang sayap. Tampaknya, di Piala Dunia 2018 ia akan lebih diandalkan Loew sebagai penyerang utama Jerman.

Selain Mueller, Timor Werner, Sandro Wagner, dan Lars Stindl juga bisa masuk dalam skema Loew di Piala Dunia 2018 nanti.

***

Yang disampaikan di atas masih sebatas prediksi. Mengingat Jerman memiliki banyak pesepakbola berkualitas seperti Julian Weigl dan Niklas Suele yang bisa saja masuk dalam list pemain Jerman di Rusia. Belum lagi, jarak waktu penyelenggaraan Piala Dunia yang masih dua bulan lagi membuat Loew masih bisa bereksplorasi menentukan susunan pemain yang menurutnya terbaik agar Jerman berprestasi di Rusia.

Komentar