Profil Myanmar U-23 : Kejutan Singa Asia Bersama Pelatih Asal Jerman

Analisis

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Myanmar U-23 : Kejutan Singa Asia Bersama Pelatih Asal Jerman

Myanmar kembali berpartisipasi dalam turnamen AFF U-23 setelah tahun lalu, Asian Lions mundur akibat serangan COVID-19. Keputusan tersebut disampaikan langsung oleh presiden Federasi Sepakbola Asia Tenggara, Mayor Jenderal Khiev Sameth melalui situs resmi ASEAN Football. Kembalinya Myanmar dalam kompetisi tingkat Asia Tenggara ini menggenapkan peserta AFF U-23 tahun 2023 menjadi 10 negara.

Peraih peringkat ketiga AFF U-23 tahun 2005 tersebut tergabung dalam Grup A bersama Thailand, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Peta persaingan Grup A cukup ketat mengingat setiap tim akan melakoni tiga pertandingan. Thailand tentu menjadi kandidat terkuat juara grup, oleh sebab itu pertarungan sengit diperkirakan akan terjadi pada perebutan peringkat kedua Grup A.

Berdasarkan laporan dari ASEAN Football, tim nasional Myanmar U-23 telah melakukan pemusatan latihan untuk menyambut AFF U-23 sejak bulan Agustus. Laga uji coba terdekat telah dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 14 Agustus 2023 melawan tim nasional Kuwait U-23. Jika berkaca pada kompetisi sebelumnya, Myanmar bersama Indonesia lolos dari Grup A. Sayangnya, mereka harus tunduk dari Thailand di babak semifinal dan kalah dari Vietnam pada babak perebutan medali perunggu.

Tim nasional Myanmar U-23 akan dipimpin oleh pelatih asal Jerman, Michael Feichtenbeiner. Pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut menjabat sejak tanggal 1 Maret tahun 2023. Ia tidak hanya melatih tim nasional Myanmar U-23 saja, tapi U-22 hingga tim nasional senior. Kehadiran Feichtenbeiner diperkirakan akan menjadi faktor pembeda karena cukup berpengalaman di sepakbola Asia Tenggara. Ia pernah melatih Bintang Medan tahun 2010 dan bergabung dengan Selangor FC dari tahun 2020 sampai tahun 2022. Di level Eropa, pelatih berusia 63 tahun ini sempat menjabat sebagai pelatih Jerman U-15, U-16, dan U-17 sejak tahun 2015 hingga 2018.

Oleh karena itu, meski bukan tim unggulan, Myanmar U-23 berpotensi besar untuk mengejutkan peserta AFF U-23 tahun 2023.

Skuad Kamboja U-23 di Piala AFF U-23*

Kiper : Pyae Phyo Aung

Bek : Thet Paing Htwe, Hein Zeyar Lin, Thet Hein Soe, Ye Lin Htet, Soe Moe Kyaw, Aung Wunna Soe

Tengah : Myat Kaung Khant, Wai Lin Aung, Lin Htet Soe

Penyerang : Win Naing Tun, Htet Phyo Wai

* Data berdasarkan Transfermarkt per 13 Agustus. Skuad resmi belum dirilis.

Ikuti terus perkembangan dan nikmati konten eksklusif dari turnamen sepakbola terbesar di Asia Tenggara di akun resmi sosial media Piala AFF, @affmitsubishielectriccup dan @affu23championshipofficial.

Komentar