Profil Malaysia U-23: Ujian Ketangguhan Elavarasan

Analisis

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Malaysia U-23: Ujian Ketangguhan Elavarasan

Tahun ini, prestasi Tim Nasional (Timnas) Malaysia U-23 tidak terlalu bagus. Di SEA Games 2023 lalu, Malaysia gagal melaju ke semifinal setelah hanya berada di peringkat tiga grup B di bawah Thailand dan Vietnam. Capaian kurang maksimal tersebut akan coba dibayar di Piala AFF U-23 2023 kali ini.

Malaysia masih dilatih oleh Elangowan Elavarasan. Sosok yang pernah menjadi asisten Kim Pan-gon di timnas senior itu pun sudah memanggil 25 pemain yang akan menjalani pemusatan latihan mulai Minggu (13/8/2023) waktu setempat.

Pemain yang dipanggil oleh Elavarasan kebanyakan adalah mereka yang sebelumnya memperkuat Malaysia di SEA Games, seperti Najmudin Akmal, Aiman Afif, Ruventhiran, Fergus Tierney, dan Zikri Khalili. Namun, bintang muda mereka yaitu Arif Aiman tidak akan masuk ke skuad U-23 karena diproyeksikan memperkuat tim senior.

Karena Elavarasan sudah menjadi pelatih U-23 sejak September 2022, pemain-pemain Harimau Malaya muda pastinya sudah mempunyai pemahaman permainan seperti apa yang diinginkan oleh sang juru taktik. Di sisi lain, sebagai pelatih, Elavarasan pun sudah punya catatan siapa saja yang bakal masuk ke dalam skemanya.

Selain memanggil 25 nama, Elavarasan pun sudah mengantongi 15 nama pemain lain seandainya ada pemain dari 25 yang dipanggil tidak masuk skema atau berhalangan. Dengan bekal seperti ini, Indonesia dan Timor Leste sebagai rival Malaysia di grup B harus sangat waspada.

Skuad Malaysia U-23 di Piala AFF U-23

Kiper: Azim Al Amin, Syahmi Adib, Rahadiazli

Bek: Ruventhiran, Zikri Khalili, Ubaidullah Shamsul, M Rakesh, Harith Akif, Hariz Mansor.

Gelandang: Fergus Tierney, Syahir Bashah, Aliff Izwan, Alif Ikmalrizal, Haziq Kutty, Firdaus Hasnoddin, Saiful Jamaluddin, Shahril Suparman, Nadzwin Salleh.

Penyerang: Aiman Afif, Najmudin Akmal, Daryl Sham, Umar Hakeem, Shafi Azswad, Muslihuddin Atiq, Hazim Zaid.

Ikuti terus perkembangan dan nikmati konten eksklusif dari turnamen sepakbola terbesar di Asia Tenggara di akun resmi sosial media Piala AFF, @affmitsubishielectriccup dan @affu23championshipofficial.

Komentar