Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 16

Fantasy Premier League

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pandit FPL : Kiper dan Bek Unggulan Gameweek 16

Pandit FPL kembali hadir untuk memberikan rekomendasi pemain-pemain yang berpotensi menyumbang banyak poin dari gameweek ke-16. Berdasarkan analisis jadwal dari para scout pandit, mayoritas poin akan datang dari aksi menyerang (gol dan asis). Maka dari itu, kami menggunakan formasi 4-5-1 khusus untuk gameweek ke-16. Jangan lupa, jendela transfer akan ditutup pada hari Sabtu, 12 November 2022 pukul 18.00

PEMAIN UNGGULAN GAMEWEEK 16

Alisson Becker (LIV)

Posisi kiper cenderung dinamis setiap gameweek. Potensi mereka cukup dipengaruhi oleh lawan yang akan dihadapi. Bahkan, seorang kiper yang tergolong kiper premium juga tidak memiliki kepastian akan mendapatkan poin besar setiap pekan.

Khusus gameweek ke-16 kami merekomendasikan Alisson Becker sebagai kiper unggulan. Potensi clean sheet hadir dari sang lawan yang sedang terpuruk. Southampton menderita 2 kekalahan beruntun hingga masuk ke zona degradasi. Selain itu, dengan kembalinya Ibrahima Konate ke barisan empat bek utama Liverpool pasca cedera, diharapkan menjadi pengawal Alisson sehingga ia bisa terhindar dari kebobolan.

Tidak hanya itu, Alisson muncul sebagai salah satu kiper dengan penyelamatan terbanyak. Dalam 4 pertandingan terakhir, ia telah melakukan 17 penyelamatan. Ia hanya kalah dari David Raya (20 penyelamatan) dan Dean Henderson (18 penyelamatan). Dua kiper ini bisa jadi alternatif tapi tidak kami pilih sebagai kiper unggulan karena lawan yang akan dihadapi Brentford (vs Manchester City) dan Nottingham Forest (vs Crystal Palace) relatif lebih berat.

Joao Cancelo (MCI)

Cancelo dihukum kartu merah langsung kala Manchester City menjamu Fulham pekan lalu. Walaupun demikian, ia tetap bisa bermain melawan Brentford, Sabtu (12/11) karena hukuman kartu merah tersebut telah lunas pada laga Carabao Cup tengah pekan kemarin. Oleh karena itu, Cancelo kami pertahankan sebagai bek unggulan.

Cancelo berkontribusi baik dalam aspek bertahan maupun menyerang. Ia telah mencetak 2 gol dan 1 asis sekaligus mencatatkan 77% tekel sukses. Cancelo lebih diunggulkan dari bek City yang lain karena potensinya dalam meraih poin melalui aksi menyerang. Hingga pekan ke-14, Cancelo tercatat sebagai bek yang paling sering mengirimkan umpan ke sepertiga akhir hingga pekan ke-15 Liga Inggris, yaitu 203 kali. Tapi, perlu diperhatikan bahwa City juga melakoni laga di kancah Eropa pada 3 November, sehingga ada risiko Cancelo jadi korban Pep Roulette berikutnya.

Oleksandr Zinchenko (ARS)

Terakhir kali Zinchenko merumput bersama Arsenal adalah ketika mereka berhasil menaklukan Tottenham Hotspur di Emirates Stadium. Setelah itu, Zinchenko absen dalam 4 pertandingan akibat cedera. Tapi, ia kembali membantu Mikel Arteta memenangkan pertandingan bertajuk Derbi London pekan lalu.

Dalam pertandingan melawan Chelsea, Zinchenko menjadi salah satu pemain yang paling sering melepaskan umpan ke sepertiga akhir. Total 5 umpan dikirimkannya dengan akurasi sebesar 71%. Tidak hanya itu, ia cukup rajin masuk ke dalam area pertahanan lawan meski hanya bermain 74 menit. Tercatat pemain asal Ukraina tersebut 17 kali menyentuh bola di area lawan. Catatan ini menunjukan bahwa ketahanan fisik Zinchenko cukup tangguh mengingat ia baru pulih dari cedera tapi langsung memberikan kontribusi besar terhadap tim.

Selain itu, Zinchenko dan Ukraina tidak akan berangkat ke Qatar untuk mengikuti Piala Dunia 2022. Dengan demikian, kemungkinan besar ia akan jauh lebih total di lapangan dan fokus pada pertandingan. Sementara, pemain lain yang mengikuti Piala Dunia akan ada sedikit rasa menahan agar ia bisa tampil prima ketika membela negaranya.

Kieran Trippier (NEW)

Potensi clean sheet Newcastle United cukup besar karena mereka memiliki catatan bertahan yang cukup baik. Dalam 6 pertandingan terakhir, mereka hanya menderita 14 tembakan ke gawang. Catatan ini merupakan salah satu prestasi terbaik di antara semua tim dalam 6 gameweek terakhir.

Selain itu, sang calon lawan, Chelsea, tidak menang dalam 4 pertandingan terakhir dan menjadi tim dengan konversi gol paling rendah yaitu 5%. Mereka juga baru menderita 2 kekalahan beruntun. Terlebih, Newcastle bermain kandang sehingga peluang menang dan clean sheet cukup besar. Mereka belum terkalahkan di kandang dengan 4 kemenangan dan 3 hasil imbang.

Keunggulan utama Trippier adalah potensi mencetak asis dan gol yang cukup tinggi. Ia tercatat sebagai bek yang paling sering menciptakan peluang atau chances created hingga pekan ke-15 Liga Inggris, yaitu 32 kali. Ia juga berstatus sebagai eksekutor tendangan bebas dan tendangan pojok. Dengan demikian, peluang yang diciptakan Trippier bisa hadir dari segala situasi. Mulai dari situasi open play maupun set piece.

Timothy Castagne (LEI)

Leicester City sangat menderita pada pekan-pekan awal Liga Inggris 2022/2023. Mereka tidak pernah meraih kemenangan dalam 7 pertandingan awal dan mendekam di dasar klasemen. Tapi, beberapa pemain andalan telah kembali menemukan sentuhanya dan penyesuaian Brendan Rodgers di lini belakang mulai menunjukan hasil. Maka tidak heran jika The Foxes meraih 4 kali clean sheet dalam 5 gameweek terakhir.


Salah satu pemain yang cukup mencuri perhatian adalah Timothy Castagne. Ia bermain sebagai bek sayap kanan. Castagne cukup rajin membantu lini serang. Terbukti dalam 6 gameweek terakhir ia menjadi bek Leicester yang paling rajin menciptakan peluang (6 kali) dan 2 di antaranya berupa peluang besar. Tidak heran jika ia menajdi bek dengan poin tertinggi di kubu Brendan Rodgers.

Komentar